Sabtu, 31 Agustus 2019

Hughes Syndrome


Masih berkaitan dengan kekentalan darah pada episode sebelumnya ; Hughes syndrome adalah sama syndrome darah kental . Dinamakan demikian adalah sesuai dengan nama penemunya yaitu : dr.Graham Hughes ,sekitar 33 tahun yang lalu. Hughes syndrome juga adalah sebutan lain dari Antiphospholipid Syndrome (APS) ,salah satu penyakit yang menimbulkan gejala syndrome darah kental.

APS terus menjadi bahan penelitian kedokteraan hingga kini , dan perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan dengan peralatannya semakin canggih . Ditemukan APS merupakan 1 dari 5 penyebab keguguran kandungan yang berulang dan stroke pada usia muda. Kejadian trombolis vena pada APS ,juga berhubungan erat dengan penyakit-penyakit : migraine ,Alzheimer dan infertilitas.

Dan yang lebih genting lagi APS termasuk penyakit autoimun yang penyebab pastinya belum diketahui hingga kini. Artinya system kekebalan tubuh , berbalik aktif menyerang kesehatan tubuhnya sendiri. Pada APS ditemukan antibody  antikardiolipin (ACA) dan lupus antikoagulan (LA) yang dapat mempengaruhi system koagulasi darah. Serangan antbodi ini langsung kepada membrane fosfolipid sel dalam tubuh.

Kekentalan darah pada APS bisa menimbulkan berbagai gejala yang bertepatan dengan lokasi pembuluh darah yang terlibat dan menggangu sirkulasi darah. Gejalanya cukup luas ,semua organ dapat terkena ,contohnya :

§  daerah mata ,dapat mengakibatkan penglihatan menjadi kabur, apalagi bila terjadi sumbatan total ,benar-benar sangat menggangu penglihatan dengan serius.
§  daerah telinga , dimulai dengan gejala berdengung/berdenging ,vertigo sampai kepada tuli total.
§  daerah system syaraf , ganguan syaraf akibat tersumbatnya sirkulasi darah, yang paling sering ditemukan adalah kepala pusing , jenis sakit kepala seperti : migraine , sebagai catatan gejala migraine dikarenakan hiperkoagulasi tidaklah spesifik ,sehingga perlu dicari penyebab lainnya terlebih dahulu.
§  daerah pembuluh darah otak , gejalanya adalah stroke ,yang khas adalah biasanya berusia muda.
§  daerah pembuluh darah jantung ; bila tersumbat ,system pompa darah jantung terganggu , maka terjadilah serangan jantung. Sel-sel jantung akan kekurangan oksigen dan nutrisi karena terhambatnya aliran pasokan, sehingga jantung tidak mempunyai cukup energy untuk menjalankan fungsinya.
§  daerah organ reproduksi pada wanita , akan menimbulkan gejala keguguran yang berulang.

§  daerah tangan dan kaki , tentunya sumbatan akan menimbulkan ganguan dari mulai yang ringan ; pegal-pegal  sampai kepada nyeri ,ngilu dan pembekakan.
Pada dasarnya keadaan hiperkoagulasi dan hiperagregasi trombosit pada sindrom darah kental bisa menyasar kepada semua pembuluh darah dalam tubuh.

penulis josef dan dr.Meinar - pengelola blog ini
Dapat dibeli Rp.65.000,- (bebas ongkir Jabodetabek),WA: 081806545535
Bukan saja pembuluh darah otak dan jantung , pembuluh daerah organ yang lain juga dapat terpengaruh seperti organ Ginjal , Paru-paru , Hati dan Limpa termasuk saluran pencernaan.(Dokter Kita,Sept 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar