Minggu, 15 September 2019

Cara mudah - Hindari Batu Ginjal 1



“ Minum yang banyak ,banyak yang minum ,yang minum banyak ,Sehat !“


Itulah sebuah kelakar bolak-balik kata , tetapi sesungguhnya artinya sangatlah penting,bagi tubuh. Tubuh yang sehat membutuhkan cairan  yang banyak ,untuk menjalankan fungsi metabolisme tubuh.  Sebagian besar tubuh terdiri dari kandungan cairan yaitu sekitar 60 persen .

Seringkali kita mendengar betapa pentingnya  cairan tubuh bagi manusia , terutama bila kita mendengar kata Dehidrasi (kekurangan cairan ) , maka tubuh manusia menjadi lemas tak bertenaga , tak ber-energi didalam Akupuntur diartikan Qi (energy) yang hilang atau tenggelam ,

Cairan tubuh berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari  , terkandung juga didalamnya adalah elektrolit .

Elektrolit adalah suatu zat yang larut atau terurai ke dalam bentuk ion-ion dan selanjutnya larutan menjadi konduktor elektrik, ion-ion merupakan atom-atom bermuatan elektrik. Elektrolit bisa berupa air, asam, basa (garam-NaCl ) atau berupa senyawa kimia lainnya.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari kandungan cairan yang tersebar didalam Sel (intrasel) dan diluar Sel (ekstrasel).

Banyaknya kandungan yang membentuk komposisi tubuh berbeda antara Laki-laki dewasa dan Wanita dewasa. Pada Laki-laki dewasa cairan tersebut membentuk sekitar 60 % dari komposisi tubuhnya , sedangkan pada Wanita dewasa sekitar 50 %.

Dari komposisi  tubuh tersebut   40 % diserap untuk  intrasel (komponen penyusun sel-sel jaringan tubuh ) ,  dan 20 % nya untuk ektrasel, ¼ dari 20 % ini ( 5 % dari berat tubuh) berada didalam pembuluh darah (intravaskuler).

Berapa kebutuhan cairan untuk komposisi tubuh ?
Bila berat anda 80 kg (  1 kg (dimana berat jenis air = 1) setara dengan 1 liter) , maka  cairan yang dibutuhkan untuk komposisi tubuh adalah ; 60% x  80 = 48 liter.
40% nya dari 80 = 32 liter dibutuhkan untuk intrasel , sedangkan 20 % dari 80 = 16 liter diserap oleh ekstrasel , yang terdiri dari 12 liter untuk jaringan limfe dan interstitial ( ruang jaringan antara sel , yang menjadi medium sebagai jalur nutrisi ,oksigen dan limbah ) , sisanya  4 liter terserap sebagai komponen cairan darah (Plasma).

Secara garis besar cairan tubuh mengandung Elektrolit ,antara lain  :  Natrium  , Kalium , Fosfat , Magnesium , Kalsium , Klorida ,Bikarbonat . Juga  bahan makanan seperti Glukosa  dan Asam amino.
Cairan tubuh berisis ion-ion dan elektrolit yang berfungsi dalam berbagai Metabolisme dan Pertahanan tubuh, maka sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan yang dibutuhkan.

Bila terjadi perubahan komposisi  cairan dan elektrolit dari keadaan normal , maka akan terjadi gangguan system organ tubuh , terutama cairan intravaskuler (plasma darah ).


Komposisi Elektrolit tubuh dapat diperiksa di laboratium  dan hasilnya dapat dipakai sebagai alat diagnosa ganguan klinis.



penulis josef dan dr.Meinar - pengelola blog ini
Dapat dibeli Rp.65.000,- (bebas ongkir Jabodetabek),WA: 08180654553
































diagnosa gangguan klinis.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus