Senin, 01 Agustus 2016

Kaki Bengkak ??



Seorang teman menyapa ? hai apa kabar , kok sepertinya kamu agak gemukan ya ! tuh lebih-lebih lagi kakimu kelihatan gemuk sekali !!!!!
Pertanyaan seperti ini sering terlontar begitu saja , ketika kaki kita terlihat gemuk !  Tapi kita harus hati-hati , hal biasa seperti ini , kalau diperhatikan dan diamati  dengan teliti dan konsisten  gemuk itu ternyata bukan gemuk tapi bengkak (edema) .
Apakah yang menyebabkan kaki bengkak  ? banyak sebab ! dimulai dari tingkatan yang paling umum seperti :
- luka , infeksi.
- terkilir (kesleo)
- berdiri atau duduk terlalu lama , berkendaraan mobil , menginjak  kopling dan gas dalam waktu lama  (tapi cepat kembali normal)
- Kehamilan. Kaki bengkak pada wanita hamil adalah hal yang normal. Hal ini terjadi  karena pembuluh darah  besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi.

- Efek samping obat  Beberapa obat bisa menyebabkan kaki bengkak di antaranya obat diabetes, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat steroid, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral.
-  Siklus menstruasi – kadang-kadang  pada beberapa wanita dapat terjadi gangguan .
-  pembuluh darah terhambat / terjadi pembekuan (defisiensi Jantung)
- Cairan tidak dapat mengalir lancar / Limfedema ( gangguan pada pembuluh getah          bening ,   defisiensi Ginjal dan kandung kemih)
Yang perlu diperhatikan adalah  bila hal itu  berkaitan  dengan defisiensi Jantung , Ginjal dan hati.

Defisiensi Jantung
Pembengkakan terjadi karena , pembekuan pada pembuluh darah di kaki yang menuju Jantung , darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan menumpuk  lalu memicu pembengkakkan  dikaki .

Defisiensi Ginjal dan Hati
Tubuh mengalami terlalu banyak /kelebihan garam ( natrium klorida) , Tubuh terlalu banyak menahan cairan dan memicu pembengkakkan.
Dalam TCM –Akupuntur  , Ginjal menurut 5 unsur  dilambangkan dengan air ,  berfungsi sebagai pengatur air ,Ginjal adalah Gerbang yang dapat terbuka dan tertutup dalam mengendalikan cairan tubuh.
Keseimbangan Yin dan Yang  Ginjal , menghasilkan pengaturan buka tutup yang sistematis yang tepat , air urine akan menjadi normal didalam jumlah dan warna, dalam keadaan defisiensi ginjal akan terjadi ketidak seimbangan Yin  dan Yang dan kemacetan gerbang air .
Ia akan terlalu terbuka bila kekurangan Yin Ginjal , menyebabkan terlalu banyak mengeluarkan air urine  dan warnanya menjadi pucat.
Sebaliknya Ia akan terlalu tertutup bila kekurangan Yang Ginjal , yang menyebabkan pengeluaran urine terlalu sedikit  dan warnanya agak gelap.
Ginjal termasuk pembakar bawah yang mengatur kandung kemih , bila Qi kandung kemih juga macet maka cairan tidak dapat mengalir dan disaring dengan baik , lalu menumpuk dan terhambat , pada kaki tidak dapat naik tersalur keatas , terjadi pembengkakkan .
energy (Qi) yang mengendalikan urat-urat daging , disaat  darah pada lever penuh melimpah ia akan mengalir   dan membasahi –memberi  makan urat-urat daging untuk menjamin pergerakan sendi dan kegiatan otot lancar .
Bila darah-lever kurang , maka urat-urat daging akan kurang basah  dan kekurangan makanan  , kurangnya daya lentur akan menyebabkan kekejangan otot atau  ganguan perluasan penekukan  , kaku dan mati rasa , kram , tremor (gemeteran), lemas (kurang daya) , termasuk juga tidak lancarnya cairan disekitar perendian yang dapat menyebabkan terjadinya Edema (bengkak).

Edema menurut Akupuntur ;

1. Edema bersifat Yang
     Bersifat Akut , bengkak ringan pada wajah , mata yang akan diikuti dengan bengkak lainnya  dengan kulit menonjol , nafas sesak ,nadi cepat dan singkat,air  seni sedikit dan berwarna kuning , lapisan lidah putih.

Penekanan  pada titik akupuntur :

a. Sui fen (RN 9)
b. Ci hai (RN 6)
c. San ciao Su (BL 22) ,  biru tua ke 2 dibawah warna kuning 
diatas warna merah muda
d. Zu san li (Bl 36)


2. Edema bersifat Yin :
     Berkembang secara perlahan , dari pembengkakkan ringan disekitar kaki , lalu bertambah banyak pada daerah perut dan wajah , muncul hilang bergantian , buang air kecil sulit dapat juga buang air kecil normal dan bersih   , bab los , nadi dalam dan perlahan , lidah merah muda dengan permukaan putih , suka hangat , tidak suka dingin .

Penekanan titik Akupuntur :

a. Sui fen (RN 9)
b. Zu san li (ST 36)
c. Pi su ( BL 20)
BL 20 warna kuning

d. Yinlingquan (Sp 9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar