Senin, 19 Agustus 2019

Bronchitis 1


Sebagai tambahan atas artikel kasus batuk kronis II ,tertanggal 10 maret 2018. 

Paru-paru sebagai organ yang paling berhubungan dengan dunia luar tubuh ,sangat rentan terhadap kebutuhan oksigen (udara bersih) sehingga mempunyai keleluasaan mengatur Qi ,mengendalikan pemencaran Qi keseluruh tubuh dan penurunan Qi , mengendalikan saluran-saluran cairan dan pembuluh-pembuluh darah ,mengendalikan kesehatan rambut dan kulit.

Qi bersih yang dikandung oksigen akan bergabung dengan Qi makanan yang dikirim limpa , gabungan kedua Qi ini , akan membentuk Qi pengumpul (Zong Qi) didalam dada , dari situ Qi akan diturunkan keseluruh tubuh ,kekuatan Qi paru-paru ini berpengaruh terhadap kekuatan suara . Apabila Qi paru-paru lemah suara seseorang juga akan lemah dan kecil ,diikuti dengan sesak napas.

Dalam hal paru-paru mengendalikan saluran-saluran cairan + pembuluh-pembuluh darah ,adalah peranan Qi paru-paru dan kelancaran aliran darah ,yang akan membuat tubuh menjadi hangat ,tetapi apa yang terjadi kalau Qi paru-paru dan aliran darah tidak lancar , tubuh akan menjadi dingin ,tangan-kaki akan menjadi dingin.

Alur Qi paru-paru yang baik ,akan tersebarkan keseluruh tubuh dan berjalan menurun kebawah untuk berkomunikasi dengan ginjal dan kandung kemih. Kalau Qi tidak bisa turun ,Qi akan menumpuk  di dada ,mengakibatkan batuk ,sesak nafas , sesak di dada seperti tertekan. Edema (pembekakan) dapat terjadi juga oleh karena , Qi dan cairan yang tidak bisa turun.

Qi yang menyebar akan membentuk Qi pertahanan dan darah ,mereka  akan mengalir ke ruang-ruang antar kulit dan otot , sehingga kulit akan menjadi sehat , bentuk Qi akan seperti uap (halimun) ,yang akan melembabkan kulit dan membuka pori-pori keringat.

Selanjutnya Qi yang turun dan berkomunikasi dengan kandung kemih ,akan mengatur kelancaran buang air kecil  . Qi juga turun ke usus besar  untuk melancarkan buang air besar , sehingga kemacetan Qi yang tidak bisa turun akan juga menyebabkan ganguan pembuangan air kecil dan besar.


Didalam teori U-sing , organ limpa sebagai ibu dari paru-paru juga menentukan kemampuan fungsi paru-paru ,bila limpa lemah maka paru-paru juga tidak kuat . Paru-paru yang seharusnya mengendalikan Hati (liver) ,akan dikhianati karena dirinya lemah, sehingga Liver akan berbalik menguasai paru-paru .

Inilah inti permasalahannya , maka tugas ahli akupuntur adalah melakukan penyeimbangan kembali dengan menguatkan Qi Limpa dan mengurangi Qi Liver , menstabilkan Qi ginjal dan Qi  jantung. Dengan kata lain .adalah mengurangi yang terlalu kuat dan menambah yang lemah.

Dapat dibeli Rp.65.000,- (bebas ongkir Jabodetabek),WA: 081806545535


1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus