Jumat, 28 April 2017

Terapi Senam Tuina



Tuina Liangong  ( Senam Tuina terapi )

Tugas  penyembuh Tuina adalah untuk  mengusir penyakit dengan menerapkan bermacam-macam manipulasi kepada pasiennya dan membantu tingkah laku pasien yang tak mau (pasif) bergerak.

Untuk tujuan tersebut penyembuh (dokter)  membutuhkan keadaan fisik tubuh pasien yang bagus dan kuat baik pada jari-jari , tangan , kaki , pinggang , persendian  dst yang dapat dicapai melalui senam mandiri  si pasien.

China tuina  telah  membentuk dan menyusun suatu latihan praktis untuk menyehatkan tubuh, diantaranya adalah : Liangong , Wushu Liangong , Qigong Liangong  dan Terapeutik Liangong.

Gerakan yang mengandung  pengertian yang lengkap  .

Liangong tangan kosong (tanpa alat)

Adalah melatih berdiri dengan postur kaki (kuda-kuda)  merupakan dasar utama  untuk membangun kedudukan tubuh  dan kekuatan .

Latihan otot tangan dan ligamen untuk memperkuat tangan bawah , perut dan pinggang.

Latihan memukul dan  naik-turun tangan , akan memperkuat otot-otot belakang.

Melalui latihan rutin dan panjang maka , akan didapat  tangan dan kaki yang kuat dan tebal , “membangun bagian bawah akan memperkuat kedudukan tubuh

Terapi melalui gerakan tangan seperti :  mengangkat tangan mulai dari daerah hypochondrium (sisi dada , diatas perut ) ,mengencangkan otot , menggerakan jari buka tutup gengaman , mengosok dan menekan  telapak tangan dan tangan bagian dalam akan memperkuat jantung.

Latihan untuk Otak , Qi dan membangkitkan kekuatan organ dalam

Sehubungan dengan teori  tentang Qi (energy) dan darah  didalam TCM , Qi adalah dasar alamiah dari kehidupan . Tulang , tangan , kaki dan organ 5 Zang dan 6 Fu , semua bergantung kepada Qi (energy) dan  darah  yang tersalurkan melalui Meridian dan pembuluh darah untuk memberi zat-zat nutrisi kepada tubuh dan memelihara kekuatan aktivitas yang normal.

Setiap manusia yang aliran darah dan Qi nya lancar dan menyebar keseluruh tubuh  akan mempunyai tubuh yang kuat dan sehat.

Setiap tujuan Tuina adalah menuju tubuh yang sehat dengan kondisi keseimbangan Yin dan Yang.
Tuina Liangong menekankan perbaikan dan pembaharuan dengan penyaluran energy (Qi) dan pengisian kembali cairan Nutrisi  dan  darah.

Dan untuk mencapai keadaan itu maka diperlukan latihan yang rutin dan lama Tuina liangong, artinya tidak mungkin dapat dicapai dalam waktu yang singkat dan instan.

Menyangkut  latihan senam , maka diperlukan dedikasi dan pengabdian pikiran yang positif , dukungan ini akan secara efektif mendorong pembentukan dan perubahan cairan nutrisi , Qi dan darah didalam tubuh , yang selanjutnya meningkatkan proforma fungsi dan kualitas organ tubuh termasuk status pikiran (otak) , keunggulan Qi dan Qi yang mengontrol kekuatan . Jadi kekuatan didalam tubuh dapat tercapai oleh latihan tersebut.

Kombinasi pengobatan dengan latihan senam Tuina  menciptakan  terapeutik yang baik.

Ada pepatah tua mengatakan : “ dokter yang bijaksana dapat mencegah penyakit dari terjadinya penyakit , tetapi dokter yang buruk hanya dapat mengobati penyakit tanpa dapat mencegahnya

Dengan  demikian masyarakat haruslah memberi perhatian , tidak hanya pengobatan penyakit , tetapi juga pencegahan terhadap timbulnya penyakit dan perkembangannya.

Pelatihan senam ini telah membungkus tujuan yang seperti itu , Tuina Liangong . Dengan mempraktekan senam kesehatan , masyarakat dapat sehat dan memperkecil peluang penyakit.

Latihan senam ini baik juga untuk metode pemulihan ketahanan tubuh ,yang membatasi faktor patogenik , dan memobilisasi inisiatif pasien.
Sebagai contoh :

Gerakan tangan kosong liangong .


Qiantui bapima =  mendorong delapan kuda kedepan  , dan Daola Jiutouniu = menarik 9 lembu kebelakang ;

dengan gerakan kedua tangan dari kedua sisi hypochondrium (bagian tubuh diatas perut , daerah dada) didorong kedepan bersamaan , akan menghasilkan Sirkulasi Qi  yang keluar dari pembangkit tengah .
Jadi gerakan ini dapat menguatkan , menyegarkan  organ limpa dan  lambung , melancarkan pencernaan , mendorong proses pengubahan makanan menjadi nutrisi , Qi (energy) dan darah.

Gerakan Fenghuang Zhanchi =  Burung Phoenix melebarkan sayapnya .


Gerakan ke dua tangan , membuka kesamping (seperti membuka sayap), akan menyebabkan dada maju melebar , mengembang  dan Qi dari pembangkit atas  meningkat diperluas , peningkatan tekanan membuat Qi meningkat dan menenangkan Liver untuk  menyegarkan Paru-paru.

Menyangkut efek diatas  ,  aktivitas Qi diatur  dan  Yang liver diturunkan , oleh sebab itu , gerakan tersebut dapat digunakan untuk  menyembuhkan dan mencegah Hipertensi , vertigo dan lain-lain penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar