Jumat, 14 April 2017

Obesitas 2



Terganggunya Emosi

Fungsi dari organ Limpa  dan organ Lambung  adalah  memisahkan  cairan  , mengirim  cairan Nutrisi  keatas , dan menurunkan cairan kotor , seperti  lendir keruh kebawah  dan  Mekanisme Sanjiao untuk melindungi   Qi (energy) yang mengalir dengan tenang  , semua  itu tergantung  dari kemampuan Liver untuk memenuhi tugasnya didalam hal penyebaran dan pengaliran Qi (energy) .

Bilamana  terjadi  ganguan emosional pada seseorang  , akan mempengaruhi  kegagalan liver untuk melakukan penyaluran dan penyebaran Qi (energy), akibatnya  menekan  mekanisme energy (qi) , terjadilah kemacetan dan kebuntuan aliran Qi (energy).

Konsekuensinya  adalah Organ Limpa dan Organ Lambung ,tidak bisa mengontrol terjadinya kemacetan tranportasi  yang menciptakan genangan cairan  disebabkan  tidak bekerjanya fungsi  memisahkan  antara cairan Nutrisi dan cairan kotor  ,hal ini mengarah kepada terjadinya kelembaban lendir (Slem).

Dipihak lain tertekannya Qi (energy)  akan menimbulkan Api yang membakar keatas  dan membangunkan Api lambung , berikutnya memicu  ,meningkatkan   rasa lapar  dan selera makan  , bila hal ini terjadi terus menerus didalam waktu yang lama , maka tentunya akan menyebabkan Obesitas.

Secara  klinik , setiap kasus obesitas  biasanya lebih dikarena oleh banyak sebab daripada oleh sebab tunggal.Sebagai contoh  : pada wanita Hamil  atau  setelah melahirkan  , cenderung malas untuk bergerak/berolah raga  ditambah lagi selera makannya meningkat , dan memasukan semua makanan kemulutnya  , kedua-duanya menyebab meningkatnya Lemak tubuh.

Kombinasi dari dua faktor atau lebih akan menganggu  QI (energy) Janin dan  kekacauan energy  pengubahan  Sanjiao , atau  kelemahan energy (qi)  dan  darah  , pula kelemahan  pada fungsi  organ Limpa dan organ lambung  dalam  transportasi dan pengubahan  setelah anak lahir , artinya lemak tidak bisa dipisahkan dari tubuh bayi , dan ikut ter-akumulasi  pada tubuhnya  berkembang menjadi obesitas-bayi.

Pengendapan Lemak tubuh , utamanya terjadi , lapisan-lapisan  lemak pada ; lapisan dibawah kulit , pada lapisan otot  dan pada organ-organ dalam.

Mekanisme Patologi  umum  terlibat  didalam hubungan  adanya kekuatan-kekuatan penyebab:  

Kelembaban –lendir (dahak,slem) , Panas  lambung dan  panas usus . Penyebab penyakit berakar pada kelemahan /ketidak mampuan /kemunduran  system  metabolisme ; dari sebab itu akan bercabang kepada penyebab-penyebab lainnya.

Akar kelemahan (defisiensi)  berkisar pada defisiensi Qi (energy)  dan  kekurangan Yang , terutama  pada organ Limpa  dan organ Ginjal . Penyebab-penyebab lain adalah :  cairan lendir keruh  (slem), Lemak  yang keduanya berhubungan dengan kelembaban , aliran darah tidak lancar , kemacetan Qi (energy)  dll.

Penekanannya ada pada  lokasi  akar defisiensinya dan  sebab-sebab lain yang berbeda  dan  rumit , seperti  hubungan  antara  penyebab klinis dan kebiasaan pribadi.

Kesimpulannya Obesitas terjadi  oleh karena manifestasi dari  tidak berfungsi organ dalam (Cang-Fu) dan saluran-saluran (aliran-aliran) , ketidak seimbangan Yin-Yang ,  ketidak-harmonisasi Qi (energy) darah, terganggunya aliran-aliran , kerusakan didalam oleh cairan keruh lendir.

“Dari luar terlihat kuat  tetapi didalam lemah”   , didalam terjadi kelemahan Qi (energy) dan diluar  ada penyakit yang siap menerkam . Kelemahan didalam biasa dinamakan  kelemahan Zheng Qi  dan kekurangan  Qi – Yang  , penyebab lain adalah kelebihan Yin  disebut juga  Yin-dingin , kelembaban lendir keruh  menghasilkan produk  pathogen - Yin-Dingin  , yang seharusnya  secara normal  diangkut dan dirubah oleh  energy Yang dan dikeluarkan  dari tubuh melalui ; mulut,hidung dan kulit dengan pernafasan dan  keringat  dan melalui  saluran kemih dan anus , keluar sebagai urin dan feses (kotoran).

Bilamana terjadi kelemahan QI yang , maka fungsi dari organ-organ Chang-Fu  akan terganggu , terjadi kekurangan Qi (energy) untuk transportasi  cairan  didalam tubuh , adanya halangan  menyebabkan  kelembaban yang menyebar dan menyerap kedalam daging dan kulit , akan memicu obesitas.

Pasien kegemukan biasanya memiliki  kelembaban –lendir (slem) , seluruh organ dalam seperti

Limpa , Lambung, usus , paru-paru, liver, kandung empedu ,ginjal,kandung kemih , sanjiao , sangat berhubungan dekat dengan  Metabolisme –cairan tubuh . Sehingga dengan demikian Obesitas juga  sangat berkaitan dengan organ  Limpa, Lambung , Paru-paru, Liver dan Ginjal.

Marilah kita melihat  dari faktor tiap-tiap organ

Organ Lambung , menyerap cairan dan makanan (padi-padian) , yang mana lebih cenderung , kearah turun , ketika itu limpa mengatur transpotasi dan perubahan cairan makanan menjadi nutrisi , yang mana hasilnya dikirim naik keatas .

Konsumsi lemak , manis-manis  dan makanan berat (enak-enak yang berlumuran minyak , lemak , santan , keju dll) dalam jangka panjang  dapat menghasil lemak padat dan merusak Limpa.


Bilamana limpa mengalami defisiensi Qi  untuk fungsi mengirim naik-turun , merambat kepada fungsi lambung juga untuk transpotasi  dan perubahan . Didalam  defisiensi ini , pola kelembaban tidak dapat diubah dan menghasilkan lendir keruh , sebagai akibatnya  memanaskan lambung dan usus.Menciptakan rasa lapar dan selera makan yang tinggi , alhasil akan memicu kegemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar