Senin, 24 April 2017

Pijat Tuina 3



Inspeksi , mendengarkan, mencium dan perabaan adalah metode diagnosis yang diterapkan pada Tuina. 
Dalam kitab Neijing ada banyak bagian pembahasan tentang penerapan diagnosis manipulasi sampai kepada perabaan , penjelasan yang penuh tentang afirmasi efek dari Tuina dan menggunakan Tuina untuk membangkitkan Qi untuk meningkatkan fungsi darah.

Sangat bermanfaat mengatasi beberapa gangguan seperti : membatasi efek kedinginan , menghentikan rasa sakit , melancarkan meridian  dan  menurunkan panas untuk menenangkan pikiran .

Untuk memulihkan dan mengurangi , digunakan juga Tuina yang dikombinasikan dengan  Moxa akupuntur , pengobatan herbal dan  metode terapeutik lainnya.

Ada banyak laporan-laporan (catatan) medis tentang tehnik manipulasi dalam “Neijing” melalui :
Penekanan , penggarukan , remasan , perabaan , perasaan , penepukan ,sentilan ,gengaman ,penekanan , penimbangan ,penekukan  , penegangan otot ,melenturkan ,mengayun, menguncang-guncangkan  dst.

Dan  diantaranya  secara umum yang  paling sering digunakan adalah  Penekanan dan  Remasan –Penggosokkan.

Itulah mengapa Tuina sering juga disebut  “ Anmo” yang artinya  Penekanan dan Penggosokkan.

Tuina juga menggunakan peralatan :
1.  sekumpulan jarum tumpul /bulat  yang di-ikat jadi rapat jadi satu atau di-ikat renggang /berjarak .
2.    dan dua jarum akupuntur  .
yang gunanya adalah : yang pertama untuk mengurangi  dan yang kedua untuk memulihkan.

Dalam kitab Neijing semua diterangkan dengan lebih jelas tentang tuina , dan Neijing sebagai kitab yang telah membuktikan dasar teori  Tradisionil Pengobatan China juga merupakan dasar penting untuk penerapan prinsip-prinsip Tuina seperti : teori tentang Chang-Fu ,Meridian , Yin-Yang , 5 elemen , Qi (chi) , darah dan aliran darah , metode diagnostic  dan prinsip-prinsip teraupetik  yang baik.

Seorang dokter (sinshe) terkenal bernama Hua To  , memperkenalkan tehnik kesehatan –pencegahan penyakit melalui gerakan tubuh menirukan 5  gerak hewan Daoyin  gerakan yang melatih tubuh fisik dan pernafasan  , gerakan Tuina yang lebih dekat  hubungannya dengan  regenerasi sel-sel otak.

Hua to memperkenalkan satu set gerakan yang efektif untuk memelihara kesehatan tubuh , dan semuanya diabadikan untuk kelangsungan generasi yang baru termasuk generasi yang akan datang.


Ia juga memperkenalkan cream (salep) untuk  masasage  dan yang pertama menggunakan pada kliniknya sendiri , Tuina menjadi suatu terapeutik unik  didalam tangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar