Senin, 01 Mei 2017

Gerakan dasar senam Tuina



Gerakan dasar (basic) adalah cara berdiri dengan berbagai postur dan posisi  , melatih gerakan ini bertujuan memperkuat kaki (kuda-kuda)  , memperkuat pinggang , memperkuat tulang belakang , dan memperkuat organ-organ tubuh seperti Limpa , Lambung dan Ginjal. Kekuatan kaki akan menunjang seluruh berat tubuh  , kaki menjaga keseimbangan tubuh untuk bergerak , seseorang yang kakinya kuat  akan menunjang aktivitas hidupnya sehari-hari.

Gerakan Dasar berdiri (kuda-kuda)

1.     Berdiri tegak : taruh kaki kiri selangkah kekiri ,sejajar searah lebar bahu, Jari-jari kaki mengarah ke dalam , menyentuh tanah dengan kekuatan dari atas yang bertumpu pada kaki.
2.  Posisi  dada  rata , pantat didorong kedalam , kedua  tangan diluruskan mengencang sedikit kebelakang  dengan siku dan pergelangan tangan diluruskan juga , kemudian pundak dan ketiak  dikencangkan , ke empat jari-jari dirapatkan ,jari jempol direnggangkan membentuh celah V  , pandangan mata  lurus ke depan , kepala tegak  lurus ke depan  dan pikiran berkosentrasi  santai dengan nafas yang alamiah.

Sikap berdiri –menunggang kuda

1.   Berdiri tegak : taruh kaki kiri selangkah kekiri lebih lebar dari bahu , dengan jari-jari kaki masuk kedalam dan tumit keluar .Lutut ditekuk  badan direndahkan  /diturunkan sedikit berjongkok .
2.    Kedua tangan dibawa agak kebelakang dengan siku diluruskan  dan peregangan pergelangan tangan , kedua punggung tangan antara jempol dan telunjuk menempel dipinggul secara horizontal . Posisi jari-jari tangan dirapatkan dan jempol direnggangkan , pandangan mata menatap lurus kedepan , dada dibusungkan dan perut ditarik kedalam. Berat tubuh berada ditengah  dari kedua kaki dan disangga oleh kuda-kuda kaki.Rasakan kepala seolah-olah sedang mendukung suatu benda , nafas harus dijalankan dengan alamiah..

Kuda-kuda posisi busur

1.      Berdiri tegak , kemudian tubuh berputar ke kanan , kaki kanan mengambil langkah besar ke kanan  dan ke depan  ,jarak disesuaikan dengan tinggi badan  .Kaki kanan  yang sudah ada didepan , menekuk lutut dan setengah jongkok  , kaki kiri  lurus membentuk anak panah  ke atas , kekuatan kaki kanan menahan  berat tubuh  yang serong ke depan , lutut dan jari-jari kaki di garis vertical .

2.  Tubuh bagian atas agak condong kedepan . Pusat berat badan  tenggelam (merendah) .Lengan melebar  kebelakang , siku melengkung dan pergelangan tangan  menekuk dan menempel  di pinngul .Kepala tegak , mata lurus , pernafasan natural.

Selain kedua kuda-kuda tersebut , masih ada  kuda-kuda  bentuk lain   yaitu  kuda-kuda  posisi kaki berlawanan kuda-kuda  berdiri dengan kaki lebar  ,yang akan ditunjukkan melalui gambar .


Semua gerakan kuda-kuda ini  adalah merupakan Dasar  postur berdiri  , yang diambil dari  senam Shaolin Neigong.

Gerakan  dasar ini berfungsi untuk memperkuat  Ginjal  dan  pinggang  , mengkonsolidasikan Qi (energy) untuk memperkuat  pertahanan tubuh  terhadap penyakit-penyakit .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar