Senin, 17 April 2017

Obesitas 3


Gejala  kegemukan

Dapat ditarik garis secara umum , sesorang yang menderita obsitas berpenampilan  wajah yang gembul ,leher gemuk  pendek ,tengkuk yang tebal dan punggung yang lebar , perut menggembung membesar,ukuran pinggang tebal ,pantat/bokong besar ,tangan yang montok dst.

Lemak perut  terutama  terkumpul  diatas perut bagi orang Laki-laki , dan dibawah perut bagi Wanita.Penderita obesitas wanita biasanya mengalami  pertambahan lemak tubuh didaerah  paha.

Bermacam-macam perubahan  karena obesitas boleh jadi dimanifestasikan dengan  Karekteristik klinis yang berbeda-beda, penderita dengan kasus ringan  selalu melibatkan gejala-gejala dengan tidak jelas .

Pasien dengan kasus moderat biasanya menunjukan prilaku yang takut panas , banyak berkeringat , cepat lelah , nafas pendek  dan bernafas dengan cepat , sering pusing /kepusingan  berjalan sambil meraba , pada kasus yang serius berdasarkan pengalaman , pasien sangat sulit bergerak dengan buah dada yang besar , bernafas pendek , adanya penekanan  pada rongga dada.

Lebih jauh pada pasien moderat  dan kasus lebih serius , biasanya menurut pengalaman , terjadi komplikasi – Tekanan darah tinggi , Aterosklerosis  (penumpukan lemak pada dinging pembuluh darah arteri , penumpukan itu membentuk plak) dan Jantung koroner , Diabetes, Asam-urat, Batu-empedu,penurunan kondisi  kelenturan–persendian  dll.

Ketidak selarasan  Yin-Yang

Pada umumnya pasien jenis ini tidak mengalami  gejala – ketidaknyamanan , tidak ada  perubahan yang abnormal, baik pada lapisan tenggorokan maupun pada denyut nadi  .
Pola-pola seperti ini selalu terdapat pada orang yang berusia muda  dan hampir kebanyakan selalu pada golongan  Obesitas kaum muda atau remaja .

Panas pada Lambung dan Usus

Pola  panas Lambung dan usus  pada gejala  kegemukan  adalah :
Penyebaran lemak keseluruh tubuh , perasaan yang kuat (sensitive) pada alat perabaan , percepatan  pencernaan  menyebabkan cepat lapar , selera makan yang meningkat,merasa haus selalu ingin minum ,takut  kepanasan (kegerahan) ,banyak berkeringat, kulit wajah bercorak kemerah-merahan,perut menggelembung ,Konstipasi , buang air kecil hanya sedikit (kurang), Lidah berwarna  : merah , kuning dan ada lapisan putih berlemak, denyut nadi sangat kuat.

Kelemahan Limpa dan Lambung

Pola kelemahan Limpa dan Lambung  pada gejala kegemukan adalah :
Gerakan lambat dan kaku , menderita kekakuan pada sendi-persendian, kehilangan /kurang  perasaan sensitive pada alat perabaan , kurang bernafsu makan , kegerahan pada dada , perut kembung , kelelahan mental, kehilangan kekuatan , jantung berdebar-debar, gemetaran , nafas pendek ,kelesuan , bersikap engan untuk berbicara, kulit wajah suram dan bibir tak bercahaya ,pucat, kotoran kurang , buang air kecil  normal dan kurang, badan membesar seperti bengkak , pucat, lidah bengkak dengan tanda titik-titik putih , berlapis selaput putih , tipis  dan tenggorokan berlapis lemak , basah dan denyut nadi lemah.

Kelembaban pada organ dalam  dan berlimpah Lendir

Pola ini  ditandai dengan gejala kegemukan sbb:
Massa lemak  dalam jumlah yang banyak  melapisi tubuh , berat tubuh  caliber sangat berat , sebentar-sebentar keringatan , kelelahan ,pengap dan kepanasan , dada sesak kepenuhan , berlimpah dahak/lendir , cairan yang tertahan , kepusingan ,kelelahan mental , tidak menyukai olah raga  tetapi lebih suka bermalasan-malasan , kehausan tanpa keinginan untuk minum , lebih menyukai makanan yang berlemak, manis dan minuman manis/soft drink , lapisan lidah licin dan tebal berwarna putih , denyut nadi  licin (hampir tidak ada,hilang).


Defisiensi Yang Limpa dan Ginjal


Pola ini mempunyai kareteristik penyebaran lemak tubuh  lebih menonjol pada , bagian bokong (pantat)  dan tangan bawah , muka (seperti bengkak), otot-otot dan kulit yang mengendur . Ciri-ciri lain menderita kelelahan mental , kehilangan kekuatan/lemah , lebih suka diam daripada bergerak,mudah berkeringat walau hanya dengan sedikit kegiatan ,tidak menyukai dingin, tangan dan anggota tubuh yang lain terasa dingin, kepusingan , sering sakit pada daerah pinggang /reumatik, menstruasi tidak teratur, impotensi, ejakulasi dini , berwajah suram tak bercahaya,suka beraktivitas diwaktu malam ,  lidah pucat dan tebal dengan titik-titik putih ditengahnya , lapisan lidah tipis dan putih  , denyut jantung lambat dan kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar