Selasa, 01 November 2016

Qi (energy ) penguraian secara komprehensif



Qi  (energy) dalam pengertian TCM  adalah suatu  tenaga  penggerak yang tidak terlihat tetapi dirasakan atau terbukti ada   layaknya  seperti magnet  listrik , medan listrik , hawa –udara , gelombang suara , gelombang magnet , gelombang cahaya  dan didalam manifestasinya Qi berfungsi  sebagai Qi penggerak , Qi pertahanan , Qi pengumpul  dst.

Konsep Qi  begitu luas sehingga para filsuf china juga mengalami pergulatan dalam memberi arti yang tepat , yang mungkin dapat diserdehanakan  sehingga mudah untuk dimengerti , tetapi akhirnya yang dihasilkan hanyalah suatu perlambangan .

Qi didalam bahasa cina dapat berarti :

1. Uap , uap air panas , Gas
2. Beras

Hal ini dapat disimpulkan  Qi dapat berbentuk  uap/gas  (tidak material ) = dimurnikan , dapat juga Qi berbentuk  material  yaitu seperti beras  bersifat padat  , dengan perkataan lain  Qi adalah suatu subtansi yang halus  (uap gas)  dihasilkan dari pemasakan  beras ( sesuatu yang kasar ).

Dalam perkembangannya Qi diterjemahkan  dalam banyak arti  seperti :  Energi , Daya Material , Materi , energi  Materi , daya vital , Daya hidup , kekuatan vital , kekuatan penggerak dll.

Sifat cairnya Qi dapat menjadi apa saja yang dimaksudkan  “ menghidupkan” , menjadi hal-hal yang berbeda –beda  dalam kondisi yang berbeda-beda , tergantung dari sudut pandangnya  , Qi boleh saja  im-material (tidak materi)  atau  dapat juga  Material (materi) , Qi begitu fleksibel  ia dapat bersifat seperti gelombang ,  baik itu gelombang suara , gelombang  listrik  atau gelombang cahaya , gelombang energy murni  alam semesta dll.

Energy murni alam semesta  ( Qi yang berasal dari esensi langit  = Surga = Tuhan) , adalah penggerak  ut  ama berbagai manivestasi , variasi tak terbatas , fenomena  di alam semesta  yang tersusun didalam derajatnya, yang dimaksud adalah :

Air dan Api  mempunyai Qi , tetapi tdak mempunyai kehidupan , Tanaman dan Tumbuh-tumbuhan mempunyai Qi kehidupan , tetapi tidak mempunyai pengetahuan , Burung-burung  dan Hewan lain mempunyai Qi kehidupan , mempunyai Qi pengetahuan , tetapi tidak mempunyai pengertian tentang  hak-hak ,…………dst   

Ada  perumpamaan  antara Manusia dan Air  :

“  Seperti  Air membeku menjadi ES , seperti itulah Manusia Hidup , Qi membeku membentuk  tubuh manusia , seperti   ES mencair menjadi air  seperti  itulah  Manusia ketika mati , kembali kepada alam semesta  menjadi  Qi murni  lagi (shen= jiwa=roh) “

Dalam konsep kedokteran  cina   Qi mempunyai dua aspek 

  1. Qi adalah energy  yang mewujudkan secara   serentak (sekaligus)  baik tingkat fisik maupun spiritual
  2. Qi adalah energy yang mengalir  secara terus-menerus  dan berada  dalam penyatuan yang bervariasi , dan keadaan yang bervariasi , ketika qi memadat , energy berubah bentuk dan berhimpun menjadi bentuk fisik.


Sebelum membahas bentuk-bentuk Qi , maka perlu dimengerti  dahulu dasar pembentukan qi adalah dari Esensi  , apakah Esensi  pembentuk Qi pada tubuh manusia  ?

Esensi

Huruf cina “ Jing “ biasanya diterjemahkan  sebagai Esensi , idenya adalah Suatu Hasil dari proses permurnian  seperti penyulingan  , suatu hasil yang disuling dan dimurnikan  dari suatu dasar yang lebih kasar /besar kepada suatu dasar yang halus, kecil  dan lembut .

Ada 3 konteks yang berbeda  :

1. “Esensi Pra-Langit”
2. ”Esensi Pasca- Langit “

3.   Esensi  (Esensi Ginjal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar