Jumat, 04 November 2016

Qi (energy) penguraian secara komprehensif 2



Esensi  Pra-Langit

Pembuahan  manusia baru yang dikandung ibu , adalah “ Esensi Pra-Langit” , tugasnya adalah menyuburkan embrio dan janin  semasa kehamilan  , yang juga bergantung kepada Ginjal ibu , esensi Pra-langit hadir didalam janin , menentukan pembentukan dasar  inti , kekuatan dan vitalitas setiap manusia baru , dan menjadikannya unik setiap individu.

Esensi Pasca-Langit
Esensi  ini terbentuk  setelah kelahiran , saatnya  Limpa dan Lambung mulai bekerja  melalui metabolisme pencernaan  mengubah  makanan , minuman dan udara yang dimurnikan menjadi  Qi ,yang selanjutnya siap didistribusikan ke seluruh tubuh.

Esensi

Esensi ini disebut juga Esensi Ginjal yang sangat penting dan vital didalam fisiologi manusia, yang berasal dari Esensi Pra-Langit dan Esensi Pasca Langit , ia energy turunan dari orang tua , yang menentukan kondisi fisik sesorang.

Esensi Ginjal berinteraksi dengan esensi Pasca -Langit , yang terus menerus di isi kembali olehnya.

Esensi Ginjal mengambil bagiannya dari Esensi Pra-Langit dan Esensi Pasca-Langit dan menyimpannya pada organ Ginjal , dari sini Ia mengalir keseluruh tubuh dan pembuluh darah , untuk membangun pertumbuhan , reproduksi , perkembangan , kematangan seksual , pembuahan dan kehamilan.

Esensi Ginjal bersifat cair , esensi ginjal adalah basis pembentukan Qi Ginjal , kalau diumpamakan  dengan suatu corong/ceret Air yang sedang dipanas  oleh Api , nah Air-nya adalah Esensi juga termasuk Yin Ginjal  dan  uap yang keluar dari  corong ceret adalah Qi Ginjal , sedangkan  yang bertindak sebagai Api  adalah Yang Ginjal dan Ming Men (gerbang vitalitas).

Aneka bentuk Qi

Qi Asli  
Adalah  Qi yang berasal  dari ginjal  , Qi ginjal  , mencakup Yin asli dan Yang asli , yang menjadi fondasi dari semua energy  tubuh Yin dan Yang .

Fungsi Qi asli

1.     Daya motif  dinamis yang mengerakkan semua fungsional organ, terkait dengan siklus-siklus perubahan jangka pendek dan jangka panjang.
2.     Basis Qi Ginjal , terkait dengan semua kegiatan fungsional Ginjal , dan berbagi peran dengan Ming-Men (gerbang vitalitas) , dalam menyediakan panas yang diperlukan untuk semua aktivitas fungsional tubuh.
3.     Menyediakan Fasilitas perubahan bentuk Qi,Bertindak sebagai pelaku perubahan  bentuk QI , dari Qi pengumpul menjadi  Qi sejati .
4.     Memfasilitasikan  perubahan Qi makanan menjadi Darah , cara Ginjal berpartisipasi didalam menghasilkan Darah.

Qi Makanan

Setelah makanan  memasuki Lambung  , ia akan dibusukan dan dimatangkan kemudian diubah oleh Limpa menjadi Qi makanan , tetapi belum dapat digunakan oleh tubuh  , karenanya Qi makanan akan naik ke Paru-paru  disatukan dengan udara  membentuk Qi Pengumpul , sebagian  lagi dari Qi makanan dari paru-paru   pergi ke Jantung , dan diubah menjadi darah , perubahan ini dibantu Qi Ginjal  dan Qi Asli.

Inilah sebabnya  Limpa mengendalikan Qi makanan keatas  ke paru-paru  , tetapi  bila Qi makanan   mengalir  turun  proses pencernaan gagal tidak dapat mengubah makanan dan menyebabkan Diare.

Qi Pengumpul

Seperti yang dijelaskan  diatas  Qi pengumpul  adalah suatu bentuk Qi yang lebih halus  dan lebih murni daripada Qi Makanan , ia sudah dapat digunakan oleh tubuh untuk :
·        Menyuburkan Jantung  dan Paru-paru
·        Mendorong fungsi Paru-paru  mengendalikan Qi dan pernafasan
·        Mendorong fungsi Jantung  mangatur darah dan pembuluh-pembuluh darah
·        Mengendalikan ucapan dan kekuatan suara
·        Mendorong sirkulasi darah  pada kaki dan tangan

Qi Sejati

Atas dasar fasilitas- fasilitas perubahan bentuk  oleh  Qi asli , maka Qi pengumpul diubah lagi kepada  tingkat yang lebih halus lagi , dan merupakan langkah terakhir proses perubahan Qi  , yaitu menjadi Qi Sejati   (Zhen Qi ) yang  menerima dua bentuk Qi yang berbeda fungsinya  yaitu :

QI Penggizi (Ying Qi)  dan  Qi Pertahanan  (wei Qi )

Qi Penggizi

Adalah Qi  ber Gizi dan  Penyubur  , arti  Qi Gizi yang menyuburkan  organ-organ  dalam dan seluruh tubuh, berhubungan erat dengan darah  , mengalir didalamnya bersama ke seluruh pembuluh-pembuluh darah .

Qi Pertahanan

Sesuai namanya ia berfungsi  sebagai kekuatan pertahanan , untuk melindungi  tubuh dari serangan faktor-faktor penyebab penyakit  , termasuk angin , dingin , panas dan lembah .

Qi ini bentuknya lebih kasar dari qi Gizi  , dan mengalir pada lapisan-lapisan luar tubuh , ia menghangatkan , membasahkan  dan  menyuburkan kulit dan otot-otot , ia mengatur keringat , didalam pembukaan  dan penutupan  pori-pori kulit .

Qi pertahanan berkaitan erat dengan organ Paru-paru  , oleh sebab itu  Paru-paru mengendalikan Qi pertahanan , dalam hal mengatur sirkulasi Qi pertahanan  , kelemahan Paru-paru akan juga menjadi kelemahan Qi Pertahanan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar