Senin, 07 November 2016

Formulasi Akupuntur Hidung



Ada kebiasaan  seseorang  menggosok-gosok hidung  , sambil  memencet-mencet hidung   , kebiasaan ini seringkali juga  ketika seseorang mengalami nervous  tindakan yang sama  dilakukan dengan memegang atau mengosok-gosok  hidung  , sebenarnya  kebiasaan ini mungkin digerakkan oleh insting bahwa untuk memperbaiki situasi tidak nyaman ada titik –titik  akupuntur disekitar hidung , yang dapat mengembalikan  kesehatan  dari keadaan yang mengganggu menjadi keadaan normal kembali.

Menurut  catatan  kuno , dan dipadukan dengan kemajuan kedokteran modern  , diketemukanlah titik  meridian area hidung  yang ada hubungannya dengan  peta kesehatan tubuh  , seperti layaknya  kuping  dan telapak kaki.

Formulasi  Akupuntur hidung  adalah hasil kombinasi dari dokumen kuno TCM dan  Pengalaman klinik modern , menurut teori TCM , letak hidung ada ditengah-tengah wajah , dengan demikian posisi tersebut menjadi titik pertemuan  darah dan chi (energy) , dari seluruh tubuh.

Dan sebagai titik awal untuk semua yang berkaitan dengan fungsi  system kardio (Jantung) dan Paru-paru . Singkatnya seluruh titik akupuntur hidung dapat digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit yang ditemukan di tubuh.

Titik  Akupuntur Hidung

Akupuntur hidung ditampilkan menjadi sebuah jalur system , seluruhnya ada 3 jalur system pada hidung: 

Jalur Pertama

Organ Yin penuh  (Tsung)

Merupakan garis vertical  ditengah-tengah hidung yang menjadi garis tengah hidung, titik-titik yang tersusun di sepanjang garis ini adalah titik untuk :
Kepala  dan Wajah , Tenggorokan , Paru-paru , Jantung , Hati (Lever) ,Limpa kecil , Ginjal dan organ kemaluan bagian luar.

Jalur kedua

Organ  Fu - Yang  ( pasangan organ Cang)

Merupakan sisi-sisi dari garis tengah hidung , titik-titik adalah  untuk :
Kandung kemih , kandung empedu , Lambung , Usus kecil , Usus besar.

Jalur Ketiga


Merupakan jalur puncak hidung  , berada dikedua sisinya  , titiknya merepresentasikan :
Kuping , Dada , Saluran penafasan , Tengkuk , Pinggul kebawah ,Paha , Tangan ,Lutut , kaki dan Jari kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar