Kamis, 24 November 2016

Mudah Lupa




Seorang anak dimarahi ibunya karena  pelajaran yang dihafal hari kemarin  , hari ini terlupakan sebagian besar hanya  sedikit  yang diingat anak tersebut  , kejadian ini berulang lagi , berulang lagi ,sampai-sampai sang ibu berpendapat  bahwa anaknya bodoh  , tak bisa mengingat  pelajaran dengan baik, setelah bersusah payah  menghafal .

Disinilah kadang-kadang orang tua tidak mengerti bagaimana kerjanya otak ,pikirnya otak bagian menghafal pelajaran mengalami kelemahan –mudah lupa.

Banyak  kejadian mudah lupa yang dapat dialami semua umur , dari kecil hingga dewasa , bermacam-macam kasus dan kejadiannya .

Sementara ada orang yang lupa secara tiba-tiba mengenai suatu bagian keterangan atau penjelasan yang sedang diceritakannya atau yang sedang diutarakan …..” aduh apa……tadi …yang mau saya katakan ? “ atau ……..” apa ya istilahnya ……..kok saya lupa ? “ dan lain-lain .

Dikejadian lain ada juga orang yang lupa menaruh barang tertentu , padahal baru saja beberapa waktu yang lalu dipegangnya , terlebih sering adalah  benda seperti kacamata  ………….lucunya kadang-kadang kacamata itu ada diatas kepalanya ……, lalu …dia mencari-cari dimana Ia letakan kacamata itu sampai pusing tujuh keliling , baru setelah sesorang mengatakannya  “ lha itu kacamatanya ada dikepala !” , barulah ia sadar dan malu  “ lho kok bisa , padahal dari tadi sudah saya cari kemana-mana ? “.

Benda lain yang sering  dilupakan adalah kunci , pen , label nama atau name tag  , Hanphone , dll.

Kenapa hal itu dapat terjadi ?       


Yang perlu kita ketahui , untuk suatu ingatan (Memory)  cara kerja  sel-sel otak  , otak memiliki  system dan struktur syaraf   yang terdiri dari :  Neuron – Sel glia – Indera.

Neuron :
Sel  dalam system saraf manusia , yang dapat berkomunikasi dengan sel saraf lainnya dengan cara yang unik,Neuron adalah sel-sel khusus  yang merupakan satuan kerja utama dari system saraf  yang berperan menghantarkan impuls listrik sebagai suatu stimulus  pada jutaan sel saraf ,yang membentuk team work suatu system saraf  yang merupakan bagian dari sel-sel Struktural  .

Otak manusia memiliki sekitar 100 miliar Neuron  dan setiap neuron rata-rata terhubung dengan 1.000 neuron lainnya , inilah yang menyebabkan luasnya jaringan saraf.

Neuron bertindak mengirim sinyal informasi ke sel saraf otot , sel kelenjar  , neuron memiliki  1.Badan sel  yang terdiri dari   Inti dan Sitoplasma ,2.  Akson dan  3.Dendrit.

Akson meluas dan banyak cabangnya yang lebih kecil sampai ke terminal saraf , Dendrit  memperpanjang  sel tubuh Neuron  dan menerima pesan impuls dari neuron lainnya .

Sel Glia :

Sel-sel structural otak  terdiri dari  Sel Glia dan Astrosit . Neuron adalah sel-sel khusus bagian dari mereka. Sel Glia utama pada system saraf perifer ,menugaskan  sel Schwann untuk membentuk  Mielin yaitu lapisan lemak yang melindungi Akson  dan memberi nutrisi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar