Rabu, 30 November 2016

Mudah Lupa (3)



Reflex terkondisi Parlov: adalah hubungan dua daerah respon dengan dua kejadian.contoh :
Test   Bel dibunyikan sebelum kaki dirangsang oleh gelombang listrik , dilakukan berulang-ulang , disaat bel dibunyikan tanpa rangsangan gelombang listrik , kaki bergerak  ditarik  seolah-olah ada gelombang listrik. Ini menunjukan  timbul hubungan antara pusat pendengaran dan pusat gerakan kaki.

Priming : contoh : seseorang diminta menghafal beberapa kata dalam beberapa detik , kemudian selang beberapa saat  diminta mengatakan ulang tapi dia tidak bisa , bahkan ditanya apakah pernah mendengar kata-kata tersebut , jawabnya “ tidak pernah “ , lalu ketika diminta untuk membuat kalimat , ternyata kata-kata itu keluar  dalam kalimat yang dibuatnya .



Belajar  Deklaratif : ingatan eksplisit ,ingatan semantik mengenai fakta dan informasi umum dalam pengalaman wicara , ingatan episodik  yaitu ingatan mengenai pengalaman terkait waktu dan tempat.

Jadi  yang menyebabkan seseorang melupakan ingatan , karena  dirinya mengangap ingatan itu tidak penting  , tidak urgent , tidak menarik –kurang atensi (perhatian) , tidak direkam dengan baik  dan tidak dimasukkan kedalam ingatan jangka panjang , itulah sebabnya seseorang seringkali lupa menaruh kunci kendaraan karena disaat yang sama  ia kurang perhatian , perhatiannya sibuk memikirkan hal-hal lainnya.

Lupa mengungkit atau mencukil kembali ingatan jangka panjang , ini sering terjadi pada usia lanjut , disebabkan terjadi kemunduran ( degenerasi) fungsi otak karena usia , terhapusnya rekaman memory karena tempat penyimpanannya berubah atau mengalami kerusakan , keracunan obat , keracunan alcohol , degenerasi akibat kekurangan vitamin B (terutama B1) dll.

Kerja otak dalam hal mengungkit atau mencukil ingatan , sebenarnya  termasuk kegiatan kerja otak berpikir , pekerjaan ini menyangkut  pengenalan kembali tentang data atau daftar yang tersimpan di ingatan jangka panjang , misalnya : tentang sebuah nama  entah itu nama seseorang atau nama benda , alat , tentang  tempat penyimpanan  sebuah benda , dapat juga sebentuk surat , atau piagam , batu cincin dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar