Selasa, 14 Juni 2016

Sakit pinggang efek dari konstipasi 1


Keluhan sakit pinggang  tidak  hanya disebabkan disposisi otot , atau juga syaraf kejepit namun dapat terjadi karena ada ganguan di usus besar .

Akupuntur menyebutnya kemacetan meridian usus besar , salah satu akibatnya konstipasi (mengerasnya sisa/ampas  pembuangan).

Konstipasi terjadi karena adanya faktor panas dalam usus besar , sehingga terjadi pengerasan /pembatuan dari ampas pembuangan, bila terjadi terus menerus akhirnya  akan menjadi wasir.

Fungsi Usus besar adalah sebagai jalan transportasi ampas makanan dan pembuangan , menuju BAB  dan masih berkaitan dengan buang air kecil juga , dalam hal ini pekerjaan kandung kemih.

Karena sudah beberapa lama sulit BAB akibat  macetnya  Qi meridian usus besar , hal ini juga menekan kandung kemih sehingga sulit untuk berkemih dan inkontinensia urin (tidak teraturnya pengeluaran urin /tidak terkontrol).

Akupuntur mengenal hubungan Usus besar dengan paru-paru sebagai ( hubungan luar – dalam) , maka terlihat indikasi pada gejalanya adalah :
Batuk, sesak napas,muka merah , perut  kembung ,panas,sakit gigi , mulut kering,hidung tersumbat, bahu , pundak , lengan nyeri , sakit tenggorokan, dll.

Akupuntur mengenal hubungan kandung kemih dengan Ginjal sebagai (hubungan luar-dalam ) , maka terlihat indikasi gejala adalah sbb :
Sakit kepala ,mata mau keluar,leher seperti tercabut,punggung sakit tak dapat membungkuk,menengadah dan berputar, pinggang menjadi sakit,lipat paha seperti terikat,otot betis bagaikan pecah.
Semua ini Akupuntur menyebutnya gejala Se (kuat ,panas) , pada meridian.


Bagaimana cara mengatasinya ………………………….(bersambung ke artikel 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar