Minggu, 05 Juni 2016

Merawat Qi Meridian untuk 4 musim



Teori  Akupuntur  melihat   kebiasaan makan  mengikuti  kebiasaan musim  adalah bukan sesuatu yang baru  atau tren. Tapi sesuatu yang sangat penting  untuk kesehatan yang baik .Yang sangat mendasar adalah  mencoba untuk makan apa yang diperlukan untuk kesehatan  dan untuk pertumbuhan  tubuh, karena inilah pentingnya pendekatan alamiah untuk tubuh anda.
Secara umum cobalah jangan makan  , makanan yang dingin atau mentah tanpa didahului  sesuatu   yang hangat walau itu hanya  segelas air hangat  , hal ini baik untuk memelihara  limpa  dan lambung anda , bagian dari organ dalam dan pasangannya.
Uraian berikut ini akan memberikan anda beberapa masukan yang lebih spesifik  , tentang  : Bagaimana  yang harus kita lakukan  ?  apa yang akan kita makan  ?  serta apa yang harus  dihindari  selama   menghadapi 4 musim  sesuai teori Akupuntur ?  .Hal ini penting bagi yang sekarang tinggal diluar negeri , baik itu sekolah , bekerja  ataupun berwisata, tapi bagi yang tinggal di indonesia mungkin mendapat manfaatnya hanya untuk dua musim , yaitu musim panas dan musim hujan (musim dingin).

                                                                  
Dimulai pada musim semi yang dilambangkan dengan kayu (pohon), adalah musim  kelahiran kembali dan pertumbuhan ke segala arah  , dan di musim ini adalah saat pertumbuhan energy  Yang , energy Yang berada didalam Yin ,karena pertumbuhan Yang , kini anda  juga  harus mulai melindungi energy Yin .
Dan sesuai dengan teori akupuntur , musim semi adalah  (berhubungan) dikaitkan dengan Hati (Liver ) anda, yang mana dipengaruhi umumnya oleh rasa asam. Jadi dengan demikian lebih bijaksana bila mengurangi sejumlah bahan yang banyak rasa asamnya  pada makanan anda   dan menambah rasa manis dan  rasa pedas, karena hal ini menolong Liver anda melakukan tugasnya untuk mengatur , secara aman dan lancar aliran Qi didalam tubuh anda.
Disamping itu mengendalikan rasa amarah dan teriakan  sangat penting untuk menjaga kesehatan Liver , kalau Liver kita sehat , maka mata kita akan terang dan sehat.
Direkomendasikan  juga buah- buahan dan gula alami  lainnya , meskipun   buah mentah dari alam juga bersifat dingin/lembab  . Secara alamiah  pada musim semi tubuh anda juga  masih tetap dingin karena masih terpengaruh  musim  dingin yang baru saja berlalu , sehingga tubuh anda perlu dihangatkan  yaitu melalui  Makanan pedas/tajam seperti bawang putih dan cabai chili .
Setelah kedinginan di musim dingin , biasanya  sisa panas didalam tubuh akan berkembang apabila kita  tidak memelihara  energy Yin  dengan baik .Tanda-tanda sisa panas yang berkembang adalah seperti :  Kerongkongan yang kering , pernafasan yang buruk  , sulit BAB/ konstipasi .
Dan untuk meredamnya ,makanan seperti : buah pisang , buah pear ,peterseli/seledri, dan  mentimun dapat menolong menetralisirnya
Secara umum , makanan pada musim semi atau di Indonesia musim yang banyak anginnya , yang baik  untuk dikonsumsi  adalah : asparagus , broccoli ,kacang polong ,sayuran berdaun hijau  , bayam,Jamur,sayuran sejenis pakis .
Seperti tumbuhan yang tumbuh cepat pada musim panas , sama seperti manusia bergerak  lebih energik , qi  dan darah menjadi relatif lebih kuat,  dibandingkan pada musim lainnya.Untuk tubuh yang energik membutuhkan   energy Yang ,secara otomatis pada musim panas energy yang akan berkembang penuh , yaitu Yang didalam Yang .
Musim panas, juga dilambangkan dengan Api dan   diartikan /diassosiasikan dengan Jantung , maka  anda harus mengurangi beberapa jumlah makanan yang pahit , sementara itu  makanlah  makanan  yang  lebih banyak pedas , asam dan asin . Hindari kegembiraan/sukacita dan tertawa yang meliwati batas untuk menjaga kesehatan Jantung Anda.
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan seperti  : buah semangka , buah berry , tomat ,mentimun , buah apricot , persik , plum , cherry , labu siam ,kacang-kacangan ,okra semacam kacang-kacangan untuk sup,labu hijau tua seperti mentimun( sejenis oyong) , makanan yang difermentasi seperti : tape , tempe dsb., bawang putih , cabai chilli.
Didalam alam , musim gugur  adalah waktunya  segala sesuatu  mulai melambat , mengurangi  dan mempersiapkan diri untuk musim dingin , Dengan demikian anda juga harus mulai untuk berpartisipasi mengurangi aktivitas dan start untuk mempertahankan dan mempersiapkan energy Yang anda , disaat memupuk energy Yin anda juga. Yin ada didalam Yang , pada musim ini pertumbuhan Yin.
Musim gugur dilambangkan dengan logam ,juga berkorelasi dengan system Paru-paru , didalam teori Akupuntur  , Paru-paru  paling rentan  dipengaruhi oleh kekeringan.Oleh sebab itu saat ini anda harus mulai memupuk energy Yin anda ,dengan mempromosikan/mengembangkan produksi cairan dan darah didalam tubuh anda. Cuaca kering dapat mengakibatkan luka nyeri /sakit pada tenggorokan , merasa haus , bibir pecah2, kulit kering dan tanda lainnya dan gejala/tanda2 dari kekeringan ditubuh anda.Yang perlu dihindari adalah makanan pedas , lebih baik makanan dengan rasa asam, pahit dan manis.
Hindari perasaan sedih /melankolis /jeritan yang berlebihan , jaga kesehatan kulit,jaga kesehatan hidung untuk pernafasan.
Musim gugur diIndonesia hampir sama dengan musim akhir dipenghujung musim kemarau.
Anda dapat membantu meredakan  potensi masalah  melalui  persiapan diri untuk musim dingin dengan memakan seperti  :  sayuran umbi2an , labu siam , buah apel , buah pir , broccoli ,buah delima, buah jeruk limau (keprok) , jeruk bali, buah kiwi , buah anggur .
Dalam rangka  untuk menyehatkan / memupuk  energy Yin anda pada musim gugur , cobalah makanan yang mengarah kepada rasa  asam , sesuatu yang dapat mengencangkan tubuh  . yaitu : makanan seperti  lemons , nanas , dan makanan yang diawetkan dengan cuka /acar . Coba juga untuk menggunakan makanan yang akan membuka lubang pori-pori  kulit , seperti : bawang putih , jahe  dan makanan  yang baunya menyengat /aromatic . 
Mengurangi  aktivitas , memelihara  jumlah  panas yang anda  miliki untuk  tahun ini , akan banyak  membantu anda menjaga  energy Yang anda.
Melalui  musim dingin , anda seharusnya membuang kebiasaan cara makan yang lama  dan mengikuti petunjuk cara makan yang lebih sehat dan lebih banyak berserat  ,untuk memelihara Qi Yang dan Yin didalam tubuh anda seperti yang telah diuraikan diatas .
Menurut Akupuntur di musim dingin yang dilambangkan dengan Air ,Yin didalam Yin , energy mencapai Yin maksimum , maka diet kita harus disesuaikan dengan fokus pada memperkaya Yin dan mengurangi Yang , kita harus menambah makanan diet  yang tinggi kalori , terutama yang tinggi protein .

Hal ini tidak dianjurkan untuk menurunkan berat badan , selama musim dingin , tetapi Anda tidak perlu kuatir akan menambah berat badan   jika  berhati-hati .

Boleh  menambahkan  sedikit lebih banyak daging merah , bebek dan telur , atau makanan seperti kacang-kacangan , biji-bijian , alpukat dan kelapa untuk vegetarian .
Musim dingin (hujan) berkaitan dengan   sistem energi Ginjal-banyak minum air putih (air oksigen, air mineral)  , hindari makanan asin dan lebih baik memilih makanan yang pahit dan asam . Hindari ketakutan yang berlebihan , jaga kesehatan kandung kemih , telinga dan tulang.

Makanan dengan rasa pahit meliputi : aprikot , asparagus , seledri , kopi , teh , jeruk  , selada , daun lobak , cuka dan anggur .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar