Sabtu, 13 Mei 2017

Titik Pengangkut


Titik titik pengangkut disebut juga titik titik unsur=titik komando , sebutan dalam china  “ Shu” = pengangkut belakang = mengangkut.

Titik-titik ini terletak diantara jari-jari  tangan dan siku , pada jari-jari kaki dan lutut , ujung-ujung jari disebut titik sumur .

Digambarkan seumpama sungai  yang dimulai dari titik sumur  , dari ujung-ujung jari tangan/kaki , membentuk aliran  dari aliran sempit  berjalan berangsur-angsur semakin lebar , makin dalam dan berakhir  di titik laut yaitu di siku atau di lutut , dengan kata lain  ada gerakan maju dari mulai yang paling sempit dan dangkal (jari-jari tangan /kaki) sampai melebar ,kepada yang paling luas dan dalam adalah pada siku dan lutut .

Ada dua arah aliran  , aliran Yin tangan mengalir ke arah bawah menuju jari-jari tangan/kaki , sedangkan aliran yang mengalir ke arah dada .

Gerakan maju dapat terjadi pada kedua arah ,titik-titik ini sangat penting  sebagai pertahanan terhadap faktor eksterior  , pertahanan terhadap faktor-faktor penyebab penyakit  seperti : angin ,dingin dan kelembaban.

Titik-titik ini sangat dinamis , dapat berubah dari Yin kepada Yang atau sebaliknya , sehingga kestabilan Qi sering terganggu dan mudah diserang oleh penyebab penyakit.

Walaupun pengubahan kutub Yin menjadi Yang  atau sebaliknya melalui suatu proses  yang lambat , tetapi gerakan lambat ini , akan merambat kepada organ  yang lain .

5 jari = 5 unsur , masing mempunyai aliran sendiri  dan akan bertemu pada  aliran sungai besar , masing 5 unsur menempati lokasi yang sama ketika  bertemu  dan bersatu sepangjang saluran   dengan nama-nama :

1.       Jing = sumur   = titik di ujung jari tangan atau kaki.

2.       Ying= Mata-air (Kolam-air)= adalah titik ke 2 disepanjang saluran itu

3.     Shu= Mengangkut = titik ke 3 (kecuali saluran empedu  ,ia merupakan titik ke 4) di sepanjang        saluran itu (sungai kecil)

4.       Jing =Melalui sungai besar  , titik ke 4  yang tidak selalu titik ke 4 disaluran itu.


5.       He = bersatu , titik laut  = titik ke 5 pada siku dan lutut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar