Selasa, 09 Mei 2017

Titik jauh dan titik dekat


Titik jauh dan titik dekat

Titik Jauh adalah titik –titik Meridian yang berada pada  tangan dan kaki   sedangkan titik dekat adalah titik-titik yang ada pada  badan dan kepala . Gabungan  antara kedua titik  ini adalah suatu tehnik  harmonisasi  keseimbangan  yang banyak digunakan  akupunturis.

Pada masalah hambatan saluran-saluran meridian  penggunaan titik dekat  saja terkadang sudah cukup memadai , tetapi  penyempurnaan untuk mencapai keseimbangan yang harmonis  lebih baik menggunakan juga titik-titik jauh  , sehingga  tubuh dapat  lebih sehat  untuk waktu yang lama.

Titik jauh sangat berperan untuk  menghalau rintangan-rintangan  dari luar seperti : serangan dingin, lembab , serangan angin eksterior , kemacetan  Qi   , kemacetan darah pada terkilir .

Titik jauh di kaki selalu lebih kuat dari pada ditangan  , dan titik di tangan cocok untuk  orang tua yang sudah agak lemah.

Untuk kasus-kasus saluran Yang mempunyai lebih banyak pilihan pengambilan titik jauh , karena meridian Yang semua berawal atau berakhir pada wajah , semua saling berkaitan dan berhubungan , secara langsung , secara dangkal di wajah.

Sebagai contoh :
Hegu (  usus besar -LI 4)  dan Neiting ( stomach 44)  , kedua titik mempunyai sifat menghilangkan panas lambung , sehingga dapat digunakan untuk masalah  gigi , nyeri kepala , sariawan dll.
Tetapi untuk kasus-kasus saluran Yin  tidak mempunyai banyak pilihan/tidak bebas  untuk pengambilan titik jauh , karena meridian Yin semua berawal atau berakhir di dada dan perut , ya betul , mereka juga saling berhubungan namun secara internal didalam .

Sebagai contoh :
Neiguan (Pericardium 6)  dan Taichong ( Liver 3 )  mempunyai sifat yang hampir sama  dalam hal menggerakan  Qi (energy) Liver tetapi  masing-masing titik berbeda didalam hal aksinya .
Neiguan  bersifat membuang panas jantung  , sehingga fungsinya adalah membebaskan 3 rongga ; rongga atas , tengah dan bawah..

Taichong bersifat membuang panas liver , mengalirkan Qi (energy) Yin , pengatur energy Yin meridian liver .

Metode pembersihan dan pengurangan

Pada kasus-kasus akut  , maka titik jauh dapat digunakan lebih dahulu sebagai metode pembuka , untuk pengurangan / membersihkan rintangan-rintangan faktor penyebab penyakit , sebagai metode pembuka saluran adalah mempersiapkan jalan bagi titik-titik dekat (lokal).

Kasus Terkilir

Punggung bagian bawah ,tengah , diatas pinggang
Metode pembuka titik jauh  , Renzhong ( Du May /GV 26) , yang berfungsi meredam shock , kejang dan bengkak , sering digunakan untuk membangunkan orang pingsan , maka titik ini disebut juga titik Oksigen . Sementara pasien dapat menekuk dengan lembut kearah depan dan belakang  , setelah itu pasien dapat berbaring dan digunakan titik  dekat (lokal) , titik lembut.

Tulang sendi bahu
Posisi bahu berada pada meridian usus besar , maka kita dapat menggunakan metode pembukanya adalah Tiaokou (stomach 38) , sementara pasien dengan lembut menggerakan dan memutar lengan , melonggorkan bahu  . Bila posisi bahu yang sakit berada pada jalur usus kecil maka , metode pembuka titik jauh dapat diambil adalah  Feiyang (kandung kemih  BL 58).

Setelah itu baru  pasien di terapi dengan  titik dekat /lokal , menurut kelembutan dan tempat sakitnya.

Pergelangan Tangan
Posisi sakit pergelangan tangan berada pada jalur meridian Sanjiao ( Tri pemanas TW )  maka metode pembukanya dapat digunakan  Qiuxu  (Gall Bladder 40)  , sementara pasien menggerakan pergelangan tangan dengan lembut  , dapat digunakan titik terdekat , atau titik dekat  Yangchi ( Sj 4)  dan titik-titik dekat lainnya.

Hal-hal tersebut didasarkan pada prinsip perseuaian  dianatara  Bahu – Pinggang , Siku – Lutut  dan Pergelangan tangan –pergelangan kaki .

Inilah titik persesuaian  pada sendi tulang  bagian atas dan bagian bawah tubuh

    Tulang Sendi

Meridian
Tangan
       Kaki
 Bahu




Usus besar
LI 15
ST  31

Sanjiao
SJ 14
GB 30

Usus kecil
SI 10
BL 36
 Siku




Usus besar
LI 11
ST  36

Sanjiao
SJ 10
GB 34

Usus kecil
SI 8
BL 40
 Pergelangan tangan




Usus besar
LI 5
ST  41

Sanjiao
SJ 4
GB 40

Usus kecil
SI 5
BL 60 (Kunlun)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar