Jumat, 05 Mei 2017

Kombinasi Titik jauh dan titik dekat


Seperti  Akupuntur Korea  yang mengenal tehnik 2 jarum , Akupuntur  china  juga mengenal  tehnik penusukan  kombinasi  dari 2 titik atau lebih . 
Bagi seorang Akupunturis  ada dua pertimbangan   dalam hal penusukan :

1.      Penetapan titik menurut tindakan
2.      Penetapan titik kombinasi menurut dinamika  saluran

Ad.1
Penetapan  menurut  tindakan  adalah  penusukan titik-titik meridian menurut  aksi energisnya  sesuai keperluannya . Seseorang yang mengalami  kelemahan dalam fungsi pencernaannya , tidak mungkin dipilih titik  energy untuk  Neuro  dan musketaal.
Ad.2
Penetapan titik kombinasi menurut dinamika saluran  adalah penusukan titik-titik meridian  gabungan  dari titik-titik harmonis yang saling berkaitan dan mempengaruhi system  saluran (jalur).
Akupuntur bekerja melalui jalur-jalur dan saluran Meridian  juga  pada persimpangan meridian  atau titik pertemuan meridian   , titik menurut tempat dan fungsinya didalam system  saluran . Termasuk titik jauh dan titik dekat.

Titik –titik ini dilihat  dari  kontribusi aksinya dan kerjasamanya dengan titik-titik lain , secara keseluruhan didalam  dinamika team work system saluran  sehingga mencapai harmonisasi.

Contohnya :  kekurangan Qi limpa  dan kemcetan Qi lever  dapat ditempuh dengan meningkatkan  persedian energy  pada  Piishu  (BL 20) dan  Weishu (BL 21)  dan mengurangi  kelebihan pada Ganshu (BL 18) dan  Dashu (BL 19)

Terpenting adalah mencari  keseimbangan  , didalam kombinasi titik-titik meridian  untuk mencapai harmonisasi.

Keseimbangan titik –titik kombinasi

Sistem  jalur-jalur  Meridian  akan membentuk  semacam  suatu sirkuit  energy  , dan pada  tempat-tempat tertentu  akan  berkumpul  suatu potensi  energy dengan kekuatan yang berbeda-beda  , kekuatan potensi energy maksimum akan berada pada daerah Kepala  , kekuatan  potensi energy minimum akan berada pada daerah dada  , dan kekuatan  energy rata-rata  akan berada pada tangan dan kaki .

Sehingga untuk  memelihara keseimbangan Qi (energy)  antara  Atas dan bawah tubuh , pentinglah mencari titik-titik  di kedua wilayah ini , yang dapat  berfungsi  member I kesimbangan  harmonisasi.


Ketika jarum ditusukkan kedalam tubuh  , dengan cepat Qi (energy) akan  berlari  tidak perduli kearah  saluran mana  , tetapi yang pasti dia akan menekan  kesudut-sudut meridian , cenderung menekan kea rah  atas tubuh   dan  kebawah tubuh .

Dengan demikian  pentinglah menyeimbangkan  bagian atas dan bawah tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar