Selasa, 16 Mei 2017

Titik Pengangkut II


Ad.1 .Titik Sumur
Adalah titik  tolak Qi  baik kepada saluran Yin dan Yang , titik ini adalah  saluran yang paling dangkal dan sempit  , titik energy pengubahan  pengutuban  dari Yin ke Yang dan dan sebaliknya .  Energy yang sangat dinamis ,energy yang paling tidak stabil , karena mudah dipengaruhi atau diubah.

Penggunaan titik-titik ini adalah dalam situasi Akut , cenderung  untuk melenyapkan faktor-faktor penyebab penyakit  dengan cepat , energy disini mempunyai gerakan sentrifugal ke luar .

Contoh : Shaosan (LU 11) , untuk membangunkan orang pingsan, Zhonthong (P-9) untuk pingsan dan  serangan panas , Shaochong (H 9)  dan shaoze (SI 1) untuk kehilangan kesadaran  dst.

Ad.2.Titik Mata-air
Qi saluran mata- air sangat kuat , seperti sifat mata-air , jatuh dan meluncur  dan cepat berlalu .sehingga sifat titik ini  , sangat dinamis , sangat kuat  dapat mengubah situasi-situasi dengan cepat.

Digunakan  untuk  melenyapkan faktor-faktor penyakit  interior dan eksterior ,khususnya membersihkan panas , digunakan secara hemat , karena  titik mata air di kaki  jauh llebih kuat daripada ditangan , maka jika ada pilihan , pilihlah lebih dahulu titk mata air di tangan , 

contohnya : titik jauh untuk  migren  akibat naiknya Yang lever , ada pilihan menggunakan titik jauh  saluran kandung kemih dan Sanjiao  , titik mata air sanjiao  agak kurang kuat dibandingkan  titik saluran kandung  empedu ,maka  idealnya titik ini lebih disukai , titik di tangan , kecuali suatu kasus membutuhkan efek yang lebih kuat.

Ad.3.Titik Sungai kecil  : pada titik ini  Qi saluran “ tercurah” , berputar , mulai lebih dalam  dan agak lebih dalam. Aliran Qi ini  , cepat dan cukup besar –membawa  hal-hal lain bersamanya ( mengangkut) , faktor-faktor patogenik  eksterior dapat diangkut  ke dalam interior , menerobos lebih dalam  , di sisi lain pada titik ini  , Qi  pertahanan berkumpul.

Ad.4.Titik sungai (besar): pada titik ini Qi saluran jauh lebih besar , lebih lebar juga lebih dalam .Qi datang seperti arus yang besar , melalui jarak yang jauh dari sumbernya .Faktor-faktor penyebab penyakit  akan di buang dan disimpangkan ke-arah , tulang-tulang , sendi dan tendon.


Ad.5.Titik Laut : pada titik ini Qi saluran , luas dan dalam , mereka berhimpun , bersatu  menggabungkan peredaraan umum , seperti sungai besar mengalir ke laut , Qi mempunyai gerakan sentripetal ke arah dalam  >< (berlawanan) dengan gerakan titik sumur yang sentrifugal ke luar.
Titik laut kurang dinamis , kurang cepat dan dramatic , disebabkan oleh karena Qi mengalir jauh lebih lambat  dan ke arah dalam , lebih dalam dan lebih stabil , sehingga tidak dapat dipengaruhi dengan cepat dan mudah.

Pedoman menurut karya klasik , 5 titik pengangkut

Titik Sumur    : digunakan untuk ……” kepenuhan dibawah Jantung “
Titik Mata Air : digunakan untuk …..  ” Perasaan-perasaan panas di tubuh”
Titik Sungai kecil  : digunakan untuk…” Perasaan berat dan sakit  di tulang sendi”
Titik Sungai besar : digunakan untuk    ” Batuk dan perasaan panas dan dingin “
Titik Laut        : digunakan untuk …………….” Qi yang memberontak  dan diare “

Pedoman pokok yang diperluas

Titik sumur  :  untuk …..cepat marah , kegelisahan , kecemasan , mental .Efek khusus mengubah suasana hati dengan cepat.
contoh :  P-9 ( Lekas marah, susah tidur) , H -9  ( kekacauan mental , depresi, maniak), SP 1( Hisrteria , susah tidur), ST 45 ( Kekacauan mental , susah tidur ) dan KI 1 (kecemasan)
_______________________________________________________________________________

Titik Mata air : untuk …..Demam , mengusir panas , membersihkan panas tidak terkait dengan sifat unsur
Contoh :  H -8 (titik api)  dan  St 44 ( titik air) , mereka sama-sama bersifat membersihkan panas.H-8 dan P-8 , sama-sama membersihkan api panas , Liv -2  dan ST 44 sama-sama membersihkan  Api panas , panas perut dan panas-angin.
_______________________________________________________________________________

Titik sungai kecil : untuk …….sindrom hambatan yang menyakitkan, yang berasal dari kelembaban.
Lebih banyak untuk saluran Yang daripada saluran Yin .

Contoh : untuk hambatan Qi yang menyakitkan pada jari-jari tangan  , LI-3, BL 3 , SI 3  , dan  ST 43 untuk jari-jari kaki.

Digunakan sebagai titik jauh  : 1.  ST 43  untuk  Membersihkan lembah angin dan kelembaban –panas  
                                              2.  SI 3, BL 3 ,LI 3  untuk membersihkan  kelembaban dan Dingin.
_______________________________________________________________________________

Titk Sungai besar : untuk……Batuk , asma dan pernafasan atas   , berlaku untuk saluran Yin dan Yang .
Contoh :  LU-8  untuk batuk dan asma , SP -5 untuk batuk kering , ST 41 dan LI 5 untuk sakit tenggorokan , P-5 untuk perasaan panas dan dingin.
_______________________________________________________________________________

Titik Laut :  untuk semua penyakit  perut dan usus , untuk semua saluran Yang dan Yin .

Contoh :  ST 36 , GB 34 . Titik  saluran Yin mengobati  organ-organ Yang  yaitu : SP 9 , KI 10 , Liv 8 , membersihkan semua panas –lembab di dalam kandung kemih dan usus.
Titik saluran Yang  P 3 , membersihkan panas di dalam usus.

Titik saluran Yang tangan = titik laut bawah  , sebagai titik jauh.
ST 37 ---Usus besar , ST 39 ----Usus kecil , BL 39 ---- Sanjiao, tiga serangkai ini terkait langsung dengan organ masing-masing , mengobati organ Yang . ST 37 untuk diare kronis  dan panas-lembab usus besar , ST 39 untuk rasa sakit di usus  dan BL 39 untuk  ketidak  mampuan untuk menahan kencing (QI  pembakar bawah kurang ) dan edema ( Qi pembakar bawah kelebihan).

Titik Laut Atas  di tangan
LI 11 , SI 8 dan Sj 10  untuk masalah saluran pernafasan , leher , bahu dan wajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar