Rabu, 29 Maret 2017

Pijat Qi (energy) 1.



Bahwa di tubuh manusia mengalir Qi (energy)  , Qi mengalir mengikuti  jalur Meridian , hal ini telah diketahui oleh manusia china pada zaman dulu , dan dikembangkan melalui perguruan-perguruan ilmu beladiri  al: Siao Lim Shi  (ilmu beladiri biara Siau Lim) , Tai Kek Kun (Tai chi chuan , ilmu beladiri Thio Sam Hong-aliran Tao)  dll.

Beladiri  dan ilmu pernafasan  (energy)  berkembang  diatas filosofi –filsafat –kepercayaan  , seperti  Siao Lim  ( filsafat  Budha) , dan Taichi  (filsafat Tao).


Sejak  zaman dahulu sampai sekarang  , para Suhu (guru) pengikut ajaran Tao selalu kelihatan awet muda , mereka terlihat lebih muda 20 tahun dari usia sebenarnya  , rahasianya adalah karena mereka mempraktekan seni Pijat chi (Qi)  menurut ajaran Tao untuk mempertahankan keremajaannya ( Taoist Self Message  Rejuvenation).

Dengan cara kerja Pijat Qi adalah  memanfaatkan energy  internal tubuh , yaitu  Qi , untuk  memperkuat dan meremajakan  organ-organ dalam  (Chang-Fu)  dan indera-indera  seperti :  Hidung ,Telinga , Mata , Gigi, Lidah , Kulit dst.

Tehnik ini sudah berumur  lebih dari 5.000 tahun  dan hanya diwariskan kepada murid-murid pilihan secara ketat.

Dan di zaman ini , adalah zaman keterbukaan , zaman membagikan ilmu kepada siapa saja yang mau memanfaatkannya , melalui seorang Praktisi muda  yang telah mempelajari  ilmu beladiri dari banyak guru  seorang bernama Mantak Chia  kelahiran tahun 1944 .

Ia mempelajari  Meditasi  dari para rahib Budhis , ia mempelajari Aikido , Yoga dan Tai chi chuan , terlebih penting ia mendalami filsafat hidup menurut ajaran Tao.

Ia  belajar bagaimana mengalihkan energy  kosmik  dan menyalurkan keseluruh tubuhnya , ia mengalihkan kekuatan hidup dari tangannya , dengan membuka jalan  6 Saluran Istimewa tubuh, Penggabungan ke lima elemen  dst. Singkatnya  ia dapat melakukan  Rejuvenation (peremajaan) tubuhnya  dan membuktikan kepada orang-orang disekelilingnya.

Ia pun menciptakan  Sistem Penyembuhan Tao dan  mendirikan Pusat Penyembuhan Alami di Thailand , kemudian tidak lama setelah itu ia pindah  ke New York dan  membuka  Pusat Penyembuhan Tao (1979).
Dan sejak itu banyak cabang yang dibuka al di : Boston , Philadelphia, Denver, Seatle , San Fransisco, Los Angeles, San Diego, Tucson, Toronto dan masih banyak tempat lainnya , dinegara lain seperti di Belanda, Jerman , Swiss, Inggris dll.

Inilah bab-bab penting yang diajarkannya , yang secara praktis  dan kontinu dapat kita lakukan  sendiri  dimana pun , baik di rumah , di kantor , di hotel dst.

Pengertian Teori Inti


Pijat Qi adalah menghilangkan hambatan /halangan  pada  jalur Meridian  (sama dengan Akupuntur melancarkan Meridian)  untuk menghidupkan organ-organ vital dan  mengaktifkan organ-organ indera .

Indera  berhubungan dengan organ-organ dalam (Chang Fu ) tubuh , organ-organ tubuh menyimpan dan membangkitkan  semangat  (energy) sehingga orang dapat bereaksi melalui emosi-emosi , dengan memperkuat organ tubuh berarti kita dapat mengontrol emosi negative  dari dalam .


Karena Indera adalah  bagian tubuh yang pertama kali bersinggungan dengan dunia luar , mendapat pengaruh dari luar , banyak  adegan  yang terlihat  , banyak aroma yang tercium dan banyak suara yang terdengar  , juga banyak  permukaan (texture) yang tersentuh dst , semua itu dapat saja  menciptakan  suasana /pengaruh  physikologis seperti  : Kemarahan , ketegangan , ketakutan , kejutan  dll yang bersifat negative  lalu mempengaruhi   organ dan system  (syaraf) tubuh  manusia , jadi dengan memiliki indera yang kuat kita dapat mempertahankan  dan melindungi  tubuh dari pengaruh negative  yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar