Rabu, 22 Maret 2017

Tehnik Pijat Tuina 1




Pada zaman kuno  Tuina disebut juga  pijat Mosuo , Tuina adalah seni memijat tradional Tiongkok , Masa seni  Pijat Tuina  , muncul pada saat pemerintahan kerajaan Ming,( Ming Dinasti.)

Tehnik  pijat  Chinese Tuina , merupakan pendekatan Terapeutik  mengikuti  dan sejalan dengan Teori  Pengobatan Tradisionil China (TCM) . Inilah tehnik pijat yang digunakan untuk  menyembuhkan penyakit melalui  manipulasi pijat , baik dengan tangan atau dengan suatu alat bantu untuk memijat /menekan titik-titik tertentu pada permukaan tubuh .

Tehnik ini mengadaptasi  kategori  Pengobatan dari sisi luar tubuh menurut Tradisional Chinese Medicine , Tuina telah menjadi bagian komponen  dari tehnik pengobatan china , yang sangat efektif didalam merawat dan mencegah penyakit , Tuina juga telah memberikan kontribusinya untuk perkembangan dan kemakmuran   kesatuan  bangsa China .

Keterangan singkat perkembangan  Pijat Tuina



Tuina  secara alami muncul dari kaum buruh ,  pekerjaan buruh  merupakan  kegiatan pokok yang utama untuk  kelangsungan hidup  manusia  pada umumnya .

Didalam masa pra sejarah  , manusia umumnya berburu dan membuka lahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya , yaitu mengisi perutnya (makan) , mematahkan batang-batang pohon dan menghancurkan batu-batu ,untuk membangun  tempat perlindungan mereka  (rumah tinggal).

Juga menyamak kulit dan membuat baju untuk membuat mereka tetap hangat  dan melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk mencari kebutuhan hidupnya.

Pada  saat melakukan kegiatan ini , banyak  kejadian dan halangan yang terjadi , seperti kecelakaan , tubuh terluka , tulang patah , luka memar , kejang , terkilir  , hal ini selalu terjadi secara terus menerus.

Didalam kejadian seperti ini , manusia secara insting  menekan  dan menghentikan pendarahan dengan tangannya , kemudian menggosok-gosok untuk mengurangi  pembengkakan dan rasa sakit .

Setelah beberapa lama  tehnik dari pengalaman-pengalaman ini dikumpulkan  dan dipelajari oleh manusia zaman kuno , dan secara bertahap timbulah pengertian dan ringkasan  walaupun secara primitive  , tentang  metode pijat Tuina , yang kemudian berkembang menjadi  suatu Tehnik kebutuhan umum untuk menyembuhkan penyakit.


Pada  periode  Dinasti Xia , shang dan Zhou  , pada waktu itu munculah Qin Shihuang  , yang berhasil mempersatukan   ketiga dinasti menjadi  china yang bersatu , Qin menjadi  Penguasa pertama dinasti , dan mendapat julukan  Kepala biara Qin  atau Qin pemersatu. 

Tercatat didalam sejarah pada masa ini munculah banyak sekali buku-buku pengobatan (kedokteran) dan beredar di masyarakat. Dan sangat tidak beruntung  buku-buku itu hilang pada saaat peperangan berlangsung. Dan melalui  banyak penelusuran dan pencarian jejak , oleh ratusan orang terpelajar , maka dikumpulkanlah  menjadi semacam kompilasi , dan  itupun hanya sedikit yang bisa disimpan dan diwariskan.

Oleh sebab itu pengetahuan  akan kemajuan tehnik Tuina  pada masa ini , sebagian besar didapat dari hasil penemuan Arkheologi  ;  melalui Penggalian  prasasti dari tempat-tempat  pemujaan /ibadat , tulang atau cangkang kura-kura  dari dinasti Yin-shang.

Ada lagi dari laporan-laporan yang diketemukan pada makam –makam dari zaman dinasti Han di Mawangdui , Changsha .
Masyarakat dari Yin-shang dinasti  sangat percaya tahayul  dan terutama mereka memakai dukun-dukun  dengan persembahan tertentu untuk  membuang    penyakit dan ketidak beruntungan  .

Tetapi walaupun demikian mereka juga membuat catatan sejumlah kemajuan mengenai penyakit , yang dicatat pada prasasti-prasasti  wahyu keagamaan ,, juga pada tulang-tulang , dan cangkang kura-kura , dan hanya sedikit  penyembuhan dengan pengobatan  yang dapat terbaca.

Juga didalam prasasti-prasasti  itu banyak  tulisan-tulisan  tentang  terapi- Tuina , Yin-shang dinasti , pada utamanya menggunakan Tuina untuk penyembuhan penyakit. Tuina merupakan  kreasi mereka dan rupanya mereka sangat ahli menerapkannya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar