Sabtu, 18 Maret 2017

Akupresur -Fisura /Retak halus pada tulang !!




Tulang yang patah disebut dengan istilah Fraktur  (dalam dunia kedokteraan) , Fraktur  halus  pada tulang akan menyerupai garis-garis halus  dan bercabang (Fisura) , ini sering dinamakan Fraktur –garis rambut  .Penyebab secara garis besar adalah Stress pada tulang , trauma , kecelakaan , cedera  dan pembengkakan.
Fraktur halus (Fissura) seperti ini juga disebabkan oleh keausan , kelelahan  dan robek pada tendon tulang , terutama dengan bertambahnya usia maka kelelahan jaringan tulang menghambat pertumbuhan sel-sel baru dan menciptakan tulang yang kuat.

Retak mikro ini menciptakan retak garis-garis rambut  yang merambat pada tulang-tulang yang tidak  sehat , tidak seperti fraktur tulang yang normal ,fraktur –garis rambut ini sulit terdekteksi  .

 2 jenis Fraktur garis rambut 

1.   Fraktur karena kelelahan : disebabkan karena Stress yang luar biasa ,sehingga  ke-elastis-an tulang  menyusut.
2.       Fraktur karena kelemahan: disebabkan oleh karena tulang kekurangan Mineral sehingga dengan sedikit tekanan saja dapat terjadi fraktur.

Awalnya pasien akan mengalami  mati-rasa pada area dimana tulang mengalami fraktur  garis rambut , lalu kemudian diikuti dengan pembengkakan ,selanjutnya apabila penderita terus melakukan penekanan  pada area cedera tersebut  , maka Fraktur akan bertambah buruk .

Fraktur garis rambut sebenarnya , hanyalah keretakan yang kecil  , namun  tenaga otot yang berlebihan mengakibatkan tekanan pada tulang  dan menghasilkan fraktur garis rambut karena tekanan atau disebut juga Fraktur Tekanan  (Stress-ketegangan).

Penyebab utama  Fraktur garis rambut
·     Kegiatan olahraga –energy tinggi  seperti : Sepak Bola , Tenis, Atletik , Rugby dll ,yang selalu dijalankan pada resiko tingkat tinggi  dapat menyebabkan  Fraktur Stress (Tekanan)

·   Perubahan kegiatan mendadak  , tanpa persiapan seseorang yang biasanya santai , tiba-tiba melakukan pekerjaan lapangan ; seperti  sales ,surveyer, pengawas lapangan ,yang melakukan  pergerakan kaki /jalan mondar-mandir , naik-turun ,dimana otot melakukan intensitas penuh tanpa istirahat dapat juga mengakibatkan Fraktur Stress.

·        Penurunan kadar  Estrogen : Hal ini sering terjadi pada masa Menopause , terutama pada wanita  akan terjadi penurunan masa tulang , sekitar  lebih –kurang  10 % , pada 5 tahun pertama, penurunan masa tulang menyebabkan penurunan kadar Estrogen yang menjaga kekuatan  tulang , sehingga resiko  Fraktur Stress sangat tinggi.

·    Penari : lebih sering  memakai bola kaki dan pergelangan kakinya untuk memutar , melompat , jongkok dan berdiri  dimana tumpuan berat badannya menjadi tekanan pada tulang , intensitas otot-ototnya juga melakukan tekanan kuat pada tulang , sehingga  aktivitas seperti ini , mempunyai resiko tingkat tinggi bagi terjadinya Fraktur Stress 

Gejala –gejala  Fraktur garis-rambut  
Terjadinya Fraktur garis rambut tidaklah tiba-tiba , tentunya ia meliwati suatu resistensi yang berkepanjangan  seperti  sering terjadinya  gesekan yang berlebihan , keausan tulang , dan tekanan beban yang berlebihan  (berat badan/kegemukan/obesitas).
·         Nyeri bertahap  :  Nyeri yang berkembang secara bertahap , tidak seperti  terkilir  , tetapi lebih dari itu ,nyeri terasa menyeluruh  kepergelangan kaki  , namun tiap-tiap orang mempunyai tingkat kepekaannya sendiri , tingkat pelepasan endorfinnya sendiri.
·         Pembengkakan : Hal berikutnya adalah terjadi pembengkakan , ini adalah reaksi kimia tubuh yang mengirim aliran darah putih untuk melawan infeksi , sehingga terlihat edema disekitar cedera.
·         Rasa Nyeri berkurang disaat istirahat : disaat penderita menghentikan seluruh kegiatannya , rasa nyeri akan mereda , ini menandakan otot-otot tidak terlibat dan bukan Fraktur tulang besar  , rasa nyeri  konstan terus-menerus  menandakan inilah gejala Fraktur garis rambut.

Akupresur  mengurangi Nyeri  Fraktur garis-rambut

Akupresur  menciptakan  lingkup yang luar biasa dalam mengobati Fraktur garis rambut  , akupresur adalah tehnik pengobatan tradisionil china  yang mengaktifkan energy-energi tertentu dalam garis meridian  yang secara bertahap memulihkan  otot-otot dan jaringan ikat dari cidera Fraktur garis rambut.

Akupresur pada dasarnya meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyembuhan diri , atau dengan kata lain mengembalikan kemampuan tubuh bertindak Kuratif menyembuhkan diri sendiri, tehnik telah dilakukan selama 5 ribu tahun dan berhasil menyembuhkan Fraktur garis rambut  menurut pedoman  pengobatan tradionil china.

Akupresur benar-benar ajaib , mereka mengaktifkan  aliran darah kepada otot-otot , sehingga Fraktur garis rambut dapat cepat  disembuhkan , dengan menormalkan kembali sel-sel pembentuk tulang  dan meningkatkan cairan (gel) untuk kembali merekatkan tulang yang menderita Fraktur halus.

Dengan  menekan titik akupresur ini  , tekan tahan 1 menit  , kemudian lepas ulangi  3x , dilanjutkan dengan lebih intensif lagi  tekan tahan 3 detik , lepas , lakukan 32 x setiap hari :

1.     Sanyinjiao  (SP 6) : 4 jari diatas mata kaki sebelah dalam , mengaktifkan  Limpa , melancarkan  sumbatan-sumbatan , mengatur hormone , titik ini merupakan pertemuan 3 Meridian ; Meridian  Hati , Ginjal dan Limpa.
2.       Lougu (SP 7) : 2 jempol diatas SP 6 , mengatasi sukar berjalan
3.  Yinlingquan (SP 9) : Dibawah ujungnya tulang kering atas dalam , meredakan nyeri lutut , mempercepat penyembuhan Fraktur garis rambut
4.     Jianliao (SJ 14) : lekukan persendian bahu , menyembuhkan nyeri bahu , nyeri lengan atas, nyeri persendian bahu.
5.       Tianliao (SJ 15) : Pundak setinggi tulang leher ke 7, leher kaku , pundak kaku
6.       Quchi (LI 11)  : ujung luar lipat siku , tangan tremor, tangan tak bertenaga , stroke
7.       Taiyuan (LU 9) : Lekuk pergelangan tangan dalam dibawah jempol , Titik sentral Meridian Paru


Untuk memulihkan retak tulang anda maka dibutuhkan 6-8 minggu , untuk  Fraktur garis rambut awal , dan sekitar 2 bulan untuk Fraktur yang lebih parah , hindari memakan obat  non-steroid, perbanyak asupan  vitamin  D kasium , hindari berjalan dipermukaaan yang keras, istirahat dari kegiatan yang berat , kenakan sepatu yang tepat , biarkan tulang anda sembuh sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar