Minggu, 26 Maret 2017

Pijat Tuina 2



Buku  Medical  “ Wushi’er Bingfang”
Inilah buku tentang 52  Persepsi  ,  utamanya memuat  pengobatan-pengobatan penyakit  , yang melibatkan Tuina .

Terapi Tuina didalam buku ini  mempunyai 2  karakter yang menonjol :

Yang pertama  adalah mengenai  obat Tuina dan salep-salep tuina , yang mana merupakan metode yang pertama  didalam  perkembangan  Tuina ,dan  tidak terlepas dari  tehnik sederhana didalam pembuatannya.

Yang kedua adalah  mengenai  macam-macam  alat-alat untuk tuina  dan dibedakan dari masing-masing penggunaannya.

Sebagai contohnya : kayu yang dibentuk dengan ujungnya runcing digunakan untuk merawat Hernia , koin tembaga untuk mengobati kekejangan pada anak-anak dan yang sangat berkarakteristik adalah handuk obat , kain yang diisi dengan rempah-rempah untuk pengobatan, digunakan untuk mengobati beberapa kelainan sexual dan untuk  pelayanan  kesehatan .

Semua itu  merupakan ,penemuan besar didalam sejarah Tuina, Faktanya , alat-alat bantu tuina  yang pertama dan paling primitive  adalah Bianshi , yaitu semacam batu yang dibuat khusus , dan macam peralatan lainnya , yang tiap macam mempunyai kegunaannya yang khusus. 

Dengan demikian Bianshi tidak hanya digunakan untuk Akupuntur tetapi juga untuk Tuina , dengan menggunakan alat bantu tuina , menjadikan terapi Tuina menjadi lebih efektif.

Meninjau sejarah Tuina , maka Dinasti Qin dan Han adalah masa-masa periode penting perkembangan seni pijat Tuina.

Hal ini tercantum didalam Buku pegangan-Literatur dan Seni , Metode , ketrampilan –Hanshu-Yiwenzhi –Fangjilue bahwa Huangdi Qibo Anmo Shijuan ( 10 volume Tuina Huangdi dan Qibo) diterbitkan pada waktu yang bersamaan dengan  Huangdi Neijing (Prinsip utama /peraturan pengobatan Huangdi).

Sebagai Penemu pemula , karangan tersebut hanya membahas sejarah pengobatan china ,khususnya  sejarah Pijat Tuina , baru beberapa saat kemudian , langkah besar yang pertama Pengobatan Tradisionil China (TCM) , secara keseluruhan termasuk Akupuntur, Tuina dan Herbal ,  digunakan didalam kehidupan.

Namun didalam klasifikasinya Huangdi Qibo Anmo Shijuan , utamanya terpusat kepada pembahasan tentang Tuina , sebagai pengobatan Asli tradisi dan sebagai salah satu cabang TCM.

Begitu pula dengan cabang lainnya yaitu Huangdi Neijing yang membahas Teory TCM dan Akupuntur.

Sangat disayangkan dan mengecewakan , bahwa” Buku 10 volume pelajaran tentang Tuina “ tidak dapat dipertahankan seluruhnya , akibat perang , banyak yang hilang , oleh sebab itu sampai saat ini kita tidak mendapat  gambaran yang utuh secara menyeluruh tentang Pengertian dan Perkembangan Tuina pada masa-masa sebelum Dinasti Han disebelah barat.


Dan sangat disayangkan juga , masih ada rahasia-rahasia yang belum terungkap , tentang ke-unikan tehnik dan keajaiban pengobatannya yang hanya dengan tangan, namun demikian patutlah kita bersyukur  masih ada yang tersisa ,yang masih dapat digunakan dengan cermat dan teliti , itulah tugas kita untuk mempelajari , mengerti dengan sebaik-baiknya , agar kita dapat memberikan sumbangan yang berarti lebih dari mereka-mereka yang hidup dizaman dahulu , kepada kehidupan manusia pada zaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar