Kamis, 20 Oktober 2016

Radang Hidung (Renitis)



Sebagian orang pada pagi hari tiba-tiba bersin , hidung mulai berair , disertai batuk  “ Haching, haching “, mata berair  , dan bila terus-menerus kepala ikut menjadi pening , sebagian orang lagi bila mencium bau-bau-an tertentu  tiba-tiba  bersin-bersin persis seperti diatas , sementara  ada juga yang tidak tahan terhadap serbuk-serbuk  tertentu  mungkin itu serbuk sari , serbuk bedak  atau debu .

Penderita Influenza  (common-cold) juga memperlihatkan gejala yang sama , bersin-bersin , hidung meler , hidung mampet  , kepala pusing  dan seterusnya , nah apa sebenarnya yang membedakan keduanya ??

Inilah perbedaannya bila radang hidung yang disebut juga Hay fever (Rinitis) disebabkan oleh Alergi (pemicunya adalah cuaca dingin /lembab dan macam-macam serbuk , termasuk juga debu).  
   
Alergi pemicu Renitis disebut Alergen
Seperti : debu , tungau ,bulu binatang, bau-bau bahan kimia, asep rokok ,serbuk bedak , serbuk sari , serbuk rumput , serbuk kayu  dll.

Sedangkan Influenza disebabkan oleh virus , yang menyerang pertahanan imun tubuh.

Menurut WHO RINITIS adalah terganggunya mukosa hidung akibat Alergen (pemicu alergi) , menyebabkan terjadinya peradangan hidung sebagai reaksi pertahanan imun tubuh. Bila dalam waktu singkat tubuh bisa stabil kembali berarti system pertahanan imun masih bekerja dengan baik , namun apabila dalam waktu yang panjang belum juga reda berarti , system imun tubuh lemah .

Renitis alergi dapat dibagi menjadi Renitis Akut (cepat) dan Renitis Kronis (lambat)  , Renitis cepat datangnya tiba-tiba disebabkan kuatnya alergen , biasanya diikuti dengan demam , batuk-batuk , hidung meler , mata berair , kepala pening , telinga sakit , tengorokan gatal dll.

Renitis lambat , datangnya perlahan-lahan , sebentar-sebentar hidung berair , dan akan semakin parah apabila penderita minum-minuman keras , perokok , insomnia , gejala lainnya sama seperti batuk-batuk , tenggorokan dan mata gatal  dst.

Ketika gejala ini tidak cepat ditanggulangi maka , hidung akan berair terus-menerus , banyak lendir yang mengumpul dan menggumpal , akibatnya :
Terjadilah Sinusitis , Polip  dan asma bronkial .

Akupuntur dalam hal ini dapat memperbaiki system pertahanan imun , mengurangi terjadinya peradangan dan pembengkakan , karena menurut teori TCM , Paru-paru adalah organ yang paling rentan karena berhubungan langsung dengan dunia luar melalui udara nafas yang dihirup hidung , jadi apapun itu baik virus maupun gangguan lain seperti alergi dapat ditanggulangi dengan memperkuat Qi pada paru-paru dan system kerja Meridian Paru-paru dan usus besar.

Menurut pengalaman dan penyelidikan dengan melakukan akupuntur sebanyak 12 kali dapat menyembuhkan radang hidung atau renitis.

Pengobatan tradisional lain adalah berkumur sampai tenggorokan dengan air garam dan rebusan daun sirih , 3 x sehari, kemudian dilakukan juga penyedotan melalui hidung lalu dibuang /disemprotkan keluar  berkali kali  , sangat dapat mengurangi keluhan terutama bila ada pembengkakan.

Dengan Akupresur tekanlah  titik-titik Meridian ini :

Bila ada demam :

LU 7   (Lieque)     

LI 4     (Hegu)          

GB 20 (Fengchi)                  


Hidung tersumbat :

LI 20 (Yingxiang) 
LI 19  (Ho liao)

BL (UB) 2  (Zanzhu)         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar