Selasa, 25 Oktober 2016

Korelasi Mimpi dan Kesehatan (1)



Mimpi adalah bunga dari tidur kata orang , mimpi bagaikan sebuah gambar yang hidup , seperti film , gambarnya bisa hitam-putih , bisa juga penuh warna , mimpi adalah  kehidupan ditengah tidur panjang , hidup sungguh-sungguh bisa dirasakan seperti realitas aslinya.

Mimpi yang indah membuat kita merasa bahagia , gembira  terus terbawa sampai saat bangun dari tidur , badan kita akan terasa segar dan bergairah  menandakan tubuh kita cukup sehat.

Tetapi bagaimana dengan Mimpi yang jelek (buruk) , mimpi yang menarik kita menjadi cemas , takut dan menyeramkan , tentu efeknya juga buruk  , jantung kita terus berdebar-debar , bahkan berteriak –teriak  penuh ketakutan diwaktu mimpi sampai terbawa juga ketika terjaga.

Mimpi indah tidak masalah tetapi mimpi buruk ! , apalagi intensitasnya terlalu sering , akan menjadi masalah  terhadap  kesehatan dan kegiatan sehari-hari .

Walaupun banyak ahli membahas tentang Mimpi buruk sebagai salah satu masalah Tidur , berhubungan dengan Pikiran – Emosi dan kegiatan sebelum tidur ,tetapi yang dikelola adalah hanya masalah fisikology  pengendalian emosi , tanpa mengetahui sebab lain.

Bagaimana TCM-Akupuntur memandang keadaan ini  ?

Konsep pengobatan china yang telah ditulis ribuan tahun yang lalu ,begitu sederhana  dan sangat sederhana menyimpulkannya ……………. Mimpi buruk  berkaitan dengan keadaan Kesehatan tubuhnya , yah…….hanya itu  intinya , kalau  terjadi ketidakseimbangan  baik Yin-Yang , baik Qi (energy) maupun Shen (jiwa)  , maka  akan memberi sinyal berupa symbol-simbol dengan Mimpi .

Tubuh dan Pikiran  dilihat sebagai suatu kesatuan , sebagai Pusaran Energi dan subtansi-subtansi vital yang saling berinteraksi satu sama lain membentuk suatu organisme.

Qi  ada disemua subtansi vital , cairan tubuh (darah) dan Ensensi (jing) sebagai esensi dari  surga (Tuhan)  ada bersama Shen (jiwa/pikiran).


Dalam konsep China Shen bisa berada didalam darah , sehingga bila aliran darah terganggu terutama di Jantung , maka akan mengganggu  kerja jantung  inilah sumber yang membunyikan alarm didalam Mimpi  , dari sini menjalar dan mengganggu kesehatan organ lainnya , seperti Lever , Limpa, Paru-paru  dan Ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar