Minggu, 09 Oktober 2016

Asma dan Paru-paru 3


Kekurangan Yin dan kekeringan Paru-paru

Pola ini dapat berkembang karena kekurangan Qi paru-paru , melalui waktu yang panjang , jadi setiap kekurangan Qi paru-paru dapat menyebabkan kekurangan Yin paru-paru , dan kekurangan Yin paru-paru seringkali berkaitan dengan  kekurangan Yin Lambung dan Yin Ginjal.

Pola makan tidak teratur (diet) , termasuk cara makan yang terburu-buru , terlambat makan malam menyebabkan perut kekurangan Yin sementara itu bekerja terlalu lelah akan memeras tenaga ginjal ( kekurangan yin  ginjal) .

Berlaku side effect / timbal-balik , seperti kekeringan Paru-paru menyebabkan paru-paru kekurangan Yin atau kekurangan Yin paru-paru menyebabkan kekeringan pada paru.

Kekeringan Paru-paru dicirikan oleh kekurangan cairan tubuh , gejala yang timbul adalah : Batuk kering , tenggorokan kering , tenggororkan lengket dan suara serak.

Ketika kekurangan Yin berat (parah) akan terlihat Panas –kosong , demam rendah , perasaan panas , tulang pipi merah , ke dua telapak tangan dengan kelima jarinya panas , perasaan panas di dada , perasaan panas di telapak kaki , keringat pada malam hari dan nadi kencang (deras), ditambah lidah merah dan terkelupas (panas dalam) .

Pengobatan melalui titik Akupuntur

Tekan titik-titik meridian ini , tidak boleh di moksa :

Taiyuan (LU 9)

Sanzhong  (Ren-17)

Gaohuangshu (BL 43)


Feishu (BL 13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar