Sabtu, 03 September 2016

3 Langkah Hentikan Sakit Perut



Sedang didalam perjalanan yang menyenangkan , eh   kok …..aduh …tiba-tiba , perut melilit tanpa kompromi lagi , alkisah raut mukanya menjadi aneh menahan sakit , kata orang  Kalimantan  , lihat kalau anak kecil mukanya ke bego-begoan ……………pasti ….dia lagi sakit perut , lha……….kalau orang  dewasa ? bagaimana……..?  ……….sebenarnya hampir sama ……….tetapi diperlembutlah seidikit ……mukanya seperti keheran-heran-an  ditambah rada-rada telmi alias kurang tanggap kalau sedang diajak bicara !!


Benar ngak ? …………. Pasti  anda pernah mengalami sendiri ……, pikiran kalut , mulut mengeluh aduh....!


Sakit perut bisa  disebabkan  oleh masuk angin , angin yang menetap menciptakan lembab dingin , sehingga menggangu keseimbangan Yin-Yang  dan  energy di jalur meridian usus kecil dan usus besar , akhirnya bergolak  menghambat proses metabolism perut.

Sakit perut juga dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu asam dan pedas , atau makanan yang telah dihinggapi oleh bakteri dan jamur.

Sakit perut juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur , alias telat makan  , lalu sakit …ini yang sering disebut sakit Maag .

Bila hal itu terjadi dan kita alami pada waktu diperjalanan , maka ini jurus mudah untuk menghentikannya sementara sampai keadaan terkendali  , sebab biasanya pada acara- acara tertentu tidak mungkin kita selalu siap dengan obat-pbat  , seperti obat maag , obat diare  atau jamu tolak angin .

Ketika titik ini adalah titik yang dominan , mudah terjangkau ….selalu …..mujarab  dan semuanya berada ditangan dan kedua  lengan kita.

1. Hegu (Li 4)

    Istimewa : Titik sentral Meridian Usus besar, mengusir angin dan panas.

2. Erjian (Li 2)
    Khasiat   : Penenang , menenangkan gejolak diare.
    Letak      : sisi dalam ruas ke 3 , jari telunjuk -batas warna kulit.
3. Xialian (Li 8)

    Khasiat   : Gangguan usus kecil
    Letak      :  6 cun ( 4 jari + 4 jari) diatas pergelangan tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar