Jumat, 09 September 2016

Melihat gejala tubuh dari Lima Unsur



Inilah salah satu pemetaan ilmu Akupuntur melihat bentuk tubuh  yang diambil dari pola , kebiasaan dan golongan bentuk tubuh manusia yang telah dipelajari beribu-ribu tahun yang lalu .

Benar-benar suatu ilmu  kesehatan bukan ramalan dan nujum ,suatu pemetaan , dari bentuk ,warna , pola dan kebiasaan manusia yang dihubungkan dengan kondisi kesehatan pada umumnya.

Sesuai dengan Lima UnsurKayu , Api , Air , Logam , Tanah   yang dipadankan dengan bentuk tubuh manusia  seperti : Kayu  identik dengan Trapesium  , Api identik dengan Segi-tiga, Logam identik dengan Segi-tiga terbalik , Tanah identik dengan Segi-empat , Air identik dengan Oval .


Demikianlah Lima Tipe bentuk kondisi fisik yang dapat dikenali masing-masing mengacu pada Lima unsur , yang dapat bermanfaat menentukan secara garis besar tentang kesehatan pada umumnya.


Hourglass Shape = Trapesium
Hgls.Shape=Trapesium


Tipe Kayu
Tipe kayu (Trapesium) mempunyai wajah agak gelap , badan yang tinggi , langsing dan bahu sedikit lebar .Kedudukan punggung lurus , mempunyai tulang dan otot yang kuat . Tipe kayu adalah seorang pekerja keras tetapi sayang mempunyai kecenderungan untuk cepat cemas.

Tipe  Api
Tipe Api ( segi-tiga) mempunyai wajah kemerah-merahan , kepala tirus kecil atau dagu yang tirus , rambut biasanya keriting atau tidak banyak  cenderung tipis atau botak , tangan yang kecil dan berjalan  dengan cepat .Tipe ini adalah seorang yang bekerja dengan cepat , energik dan aktif.Biasanya orang tipe ini cenderung tidak perduli dengan kekayaan material tetapi gandrung dengan keindahan , dan menurut statistik  hidup mereka cenderung singkat, titik kekuatan kesehatan mereka adalah pada pembuluh-pembuluh darah dan darahnya.

Tipe  Logam
Tipe  Logam (segitiga terbalik)  mempunyai bahu yang lebar dan berjalan lambat dan bebas , mereka sungguh sangat teliti , rasional , berjiwa merdeka dan berkeinginan kuat .Titik kekuatan kesehatan mereka adalah Paru-paru dan biasanya mereka mempunyai suara yang keras dan kuat.

Tipe Tanah
Tipe Tanah (segi-empat) , biasanya mempunyai warna dan corak kulit agak gelap , tubuh yang agak gemuk , tetapi kepalanya besar , kemudian perutnya lebar , paha yang kuat dan rahang yang lebar .
Mereka bersikap tenang , baik hati dan tidak ambisius , kadang mereka berjalan seperti tidak mengangkat kakinya dan titik kekuatannya adalah pada otot-otot mereka.

Tipe Air
Tipe Air (Oval) , karena seperti butiran air , tipe ini mempunyai wajah dan tubuh yang bundar dan kulit yang putih lembut . Mereka senang bergerak (aktif) dan ruas tulang belakang mereka lebih panjang daripada umumnya .
Sifat mereka simpatik , ramah tapi agak malas dan seringkali mereka menutupi sesuatu dengan tidak mengatakan yang sebenarnya , mereka adalah Negosiator yang bagus , setia pada kolega kerjanya .
Kepekaan mereka tinggi dan mawas diri , kadang-kadang mempunyai kekuatan batin , titik kekuatan kesehatannya adalah pada  Sistem pencernaan.

Inilah gambaran tipe pada umumnya secara garis besar , namun semua tergantung dari cara hidup dan kebiasaan  yang berkembang maka ada faktor-faktor lain yang menentukan , ada variasi yang besar , bisa saja seseorang adalah gabungan dari 2 atau lebih variasi tipe  , contohnya : tipe kayu secara khas mempunyai badan yang tinggi dan langsing , bisa saja dalam perkembangannya  karena ada kebiasaan dan kecenderungan makan yang berlebihan , menjadi gemuk  sehingga menyimpang dari tipe kayu dan menuju tipe lainnya.

Gejala-gejala kelainan

Kita dapat mengidentifikasi  suatu gejala kelainan apabila sesorang keluar dari kebiasaan tipenya ,seperti misalnya :

Seorang tipe kayu  tidak mempunyai tubuh yang tinggi dan langsing , kemudian mempunyai rambut yang terlalu banyak , dapat diindikasikan ada gangguan kesehatan pada tubuhnya , ada terlalu banyak api didalam kayu .

-Seorang bertipe Api harusnya berjalan cepat , tetapi pada kenyataannya berjalan lambat , itu menandakan adanya gangguan pada pembuluh darah mereka dan aliran darahnya karena seharusnya kekuatan mereka ada pada pembuluh dan darah , jika tidak maka kesehatannya rentan terhadap tekanan darah tinggi , disamping itu karena kondisi Api yang buruk ,menandakan denyut Jantung yang sangat lemah .

-Tipe logam yang seharusnya berjalan dengan lambat dan bebas , tapi kini mereka berjalan cepat ,maka hal ini menandakan  adanya masalah kesehatan , terlebih lagi tipe logam suaranya harusnya keras dan kuat , namun apabila malah lemah maka dipastikan paru-parunya mengalami gangguan

-Tipe Tanah harusnya mempunyai otot-otot yang kuat , jika tidak , hal itu menandakan ada masalah dengan limpa dan lever , juga  mereka rentan terhadap radang sendi dan rematik.

-Tipe  Air karena kekuatan mereka ada pada ruas tulang dan pencernaan ,maka biasanya kegiatan seksnya cukup baik , tapi kalau mereka terlalu menuruti kemauan dan kegiatan seksualnya secara berlebihan , maka cepat atau lambat kerja Ginjalnya akan terganggu , yang akan tercermin melalui mata akan terlihat kurang bercahaya.

Kesimpulannya tiap orang harus diamati dengan cermat , menurut tipenya dan persesuaiannya dengan Lima Unsur , tetapi karena ada kemungkinan terjadinya variasi dari beberapa Tipe , maka kita harus juga mempertimbangkan kekuatan terkait dengan kekuatan “ 3 Harta” yaitu : Esensi , Qi (energy) dan Pikiran .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar