Selasa, 13 September 2016

Cara mudah pencegahan Rambut rontok



Organ yang bertanggung jawab terhadap Rambut

Pada orang sehat , rambut juga sehat  , banyak dan berkilau  , lalu pada orang yang rambutnya kurang , rontok dan sedikit botak  , apakah orang itu tidak sehat  ?
Selain masalah genetic , Akupuntur mengatakan , terjadi sesuatu ketidak-seimbangan energy , atau didalam bahasa kerennya terjadi de-efisiensi organ  ? adanya kelemahan organ sehingga rambut tidak dapat bertumbuh dengan baik  !
Organ manakah itu ? yang bertanggung jawab ?

Mengendalikan Rambut dan Kulit

Organ yang berkaitan erat dengan tugas mengendalikan Rambut dan Kulit adalah Paru-Paru , jalan ceritanya  adalah ketika Paru-paru menerima cairan nutrisi dari Limpa kemudian menyebarkannya ke seluruh permukaan kulit  dan tubuh , dengan maksud memberi makanan dan kelembaban  .



Nah disaat  fungsi ini berjalan normal , maka kulit akan bercahaya dan rambut berkilauan , sehat dan tebal , sebaliknya bila fungsi itu terhambat maka kulit akan menjadi kasar dan kering  , rambut kualitasnya menurun menjadi kurus dan kering , patah-patah.

Paru-paru sangat mempengaruhi Qi (energy) pertahanan yang mengalir dibawah kulit , termasuk kulit kepala , jika Paru-paru sehat /kuat , tentu Qi pertahanan akan kuat , mempunyai perlawanan terhadap penyebab penyakit dari luar .

Kalau Qi Paru-paru lemah , Qi Pertahanan juga lemah , dengan sendirinya dia terbuka terhadap serangan faktor-faktor penyebab penyakit dari luar , tandanya adalah terjadi keringat spontan , dan sejumlah Qi pertahanan akan ikut keluar/hilang  bersama keringat , Pori-pori sebagai pintu Qi , faktor Patogenik  dari luar akan menghambat , dan menghalangi peredaran Qi pertahanan dan selanjutnya  akan merusak fungsi pemencaran Paru-paru , akibatnya menyebabkan bersin dan batuk .

Esensi Ginjal hadir pada rambut

Fungsi Ginjal antara lain adalah : menyimpan Esensi , mengatur kelahiran , pertumbuhan , reproduksi dan perkembangan.

Esensi  adalah semacam kekuatan /subtansi/Qi/energy yang diwariskan oleh orang tua , yang sangat berharga , untuk diisi kembali oleh Qi yang disarikan dari Nutrisi makanan , sehingga dapat dikatakan , fungsi Ginjal adalah menyimpan Esensi :

1. Esensi Pra –langit  , esensi dari Tuhan yang diwariskan melalui orang tua yang sebelum kelahiran –menghidupkan janin dan sesudah kelahiran mengendalikan pertumbuhan  dan perkembangan.
Esensi ini menentukan kondisi fisik yang paling mendasar , kekuatan dan  Vitalitas.
2. Esensi Pasca-Langit , yaitu esensi hasil pemurnian dari intisari makanan berupa Nutrisi/Gizi yang diubah oleh organ-organ dalam menjadi Qi (energy).

Mengendalikan Penerimaan Qi
 
Memperdayakan  Qi Murni (bersih) dari udara , Paru-paru bekerjasama dengan Ginjal , Paru-paru akan menurunkan Qi kepada Ginjal , ginjal akan menahan dan mengolah Qi  , ginjal harus menahan Qi ini agar jangan lolos atau turun kebawah , jika ginjal tidak dapat menahan dan mengolah Qi , Ia akan memberontak  dan naik lagi menciptakan kemacetan di Dada dan menyebabkan sesak nafas , asma dsb.

Menyuburkan Rambut

Esensi ginjal termasuk Qi murni diatas sangat diperlukan menjamin pertumbuhan dan perkembangan , termasuk pemeliharaan Rambut , Rambut  mengandalkan penyuburan dari kuat/banyaknya esensi ginjal , jika esensi Ginjal berlimpah rambut akan bertumbuh dengan baik , sehat dan mengkilap , kalau esensi Ginjal lemah/kurang /merosot , maka rambut akan menjadi kurus , kusam , rapuh dan rontok .



Pemeliharaan Qi Paru-paru dan Ginjal

Untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan , maka kita perlu  Melancarkan Qi Paru-paru dan membersihkan Paru-paru  , menghilangkan hambatan dan mengusir angin.

Caranya : tekan  (30 detik) lepas , tekan –lepas  sebanyak 32 x , setiap hari pada titik sebagai berikut :

1. Lie Cie (LU 7)
   
     Letak   : 1,5 cun (2 jari) diatas pergelangan tangan sisi luar pengumpil diantara 2 urat.


2. Taiyuan (LU 9)
    Letak    : Lekuk pergelangan tangan segaris dengan jempol  (titik sentral meridian Paru-paru)

3. Taixi (KI 3)
   
     Letak  :  Belakang mata kaki bagian dalam.
     Sifat    :  Menguatkan Qi Ginjal.                   


4. Shenshu (BL 23)
     Letak  :  2 jari dari tulang belakang , diantara tlng.Pinggang ke 2 dan ke 3
     Sifat    : Menguatkan fungsi ginjal .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar