Selasa, 06 September 2016

5 langkah Akupuntur terbaik mengatasi kerontokan Rambut



Perkara rambut rontok , memang membuat pusing kepala , sebenar apa sih penyebabnya apa memang rambut harus rontok ?


Kerontokan rambut yang wajar atau normal adalah 100-150 helai perhari itu memang sudah pengaturan Alam , member kesempatan untuk memperbaiki akar rambut , memberi ruang bagi proses pergantian rambut yang kurang sehat dengan rambut yang sehat (regenerasi rambut).

Namun adakalanya kerontokan dapat disebabkan oleh ganguan kesehatan  baik fisik maupun physikologis (seperti stress, trauma dan depresi). Apa contohnya yang disebabkan gangguan fisik biologis , yaitu : penyakit panas , kanker , masalah hormonal,rambut tidak sehat (tidak bersih /jarang dicuci), ketombe , menopause , lupus , genetika , Alopesia areata , auto imun , kurang gizi dll.

Kerontokan biasanya dimulai dengan tergannggunya kesehatan rambut , seperti : rambut patah-patah, rambut beruban , akar rambut tertutup baik oleh kotoran maupun sisa-sisa bahan kimia , penyakit kulit yang merusak  folikel rambut dll.


Tetapi pengaruh dari luar juga ada , seperti : terlalu sering dan lama berada dibawah sinar matahari (UV) , pemakaian hair dryer yang terlalu panas , sering berganti-ganti shampo , kurang vitamin , penyisiran dan pencucian rambut secara kasar  , penggunaan perwarna rambut  terutama berganti-ganti warna , pemakaian catok panas , rambut ditarik-tarik (orang stress) , dst.

Walaupun demikian kita masih dapat mentolerir apabila kerontokan terjadi pada : orang hamil , orang sehabis sakit yang lama , sedang menjalani pengobatan tertentu dst.

Cara mengatasi rambut rontok  :

I. Perbaiki dulu pola makan kita , yang terutama diperlukan adalah Gizi dan Nutri  bagi kesehatan rambut , seperti : Zat besi , Protein dan Biotin   yaitu melalui makanan sehat yang terkandung didalam biji-bijian, biji labu,kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, gandum utuh, telur, ikan atau makanan laut lainnya, daging putih, susu, keju, yogurt, kacang kedelai, ayam, hati, ginjal, kembang kol, pisang, dan jamur.dll.
II.Cobalah kita kembali kepada yang alami , seperti :

Kayu manis

Kayu manis membantu memperlancar sirkulasi atau aliran darah, hasilnya adalah , oksigen dan nutrisi dapat dengan mudah dibawa menuju folikel rambut. Rempah penumbuh rambut alami ini bisa dikonsumsi bersama makanan kecil dan minuman  seperti oatmeal, roti panggang, dan kopi ,teh .
Minyak alami
Sejak berabad-abad lalu, minyak esensial telah digunakan untuk pengobatan dan kosmetik. Minyak cedarwood (aras), jojoba,Zaitun, dan rosemary (rosmarin) , tentu anda  juga dapat gunakan untuk merangsang kulit kepala dan akar rambut, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan sebagai penumbuh rambut alami.

3. Gunakan conditioner (pelemas rambut) yang baik agar dapat menyisir rambut dengan lembut
4. Pada waktu mencuci rambut (keramas) ,harus benar-benar bersih sampai tidak ada lagi sisa shampo yang tertinggal dikulit kepala , dan lakukan massage yang lembut pada kulit kepala.
5. Dan masih ada lagi pilihan bahan alami yang sudah dikenal sejak dahulu kala yaitu : Aloevera atau  tanaman lidah buaya , yang sangat ampuh untuk menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut , bahwa  kandungan vitamin dan mineral lengkap dalam tanaman ini akan merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak  .

6.Kemudian Teh Hijau dan Daun Seledri , juga resep kuno yang dapat digunakan  karena Teh hijau mengandung  antioksidan  yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sedangkan daun seledri juga , memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang terbukti dapat menguatkan rambut dari akarnya.

7.Kemiri juga adalah ramuan nenek moyang untuk menyuburkan rambut karena ,hampir 66 %  terdiri dari minyak yang mengandung mineral alami lengkap seperti zat besi, kalium, kalsium, dan sebagainya.
Minyak inilah yang sering dipakai oleh orang jaman dulu untuk mempercepat pertumbuhan rambut , janggut , kumis . Selain itu,  minyak kemiri tersebut dapat  mengatasi rambut rontok secara alami.

8.Apakah Anda tahu  manfaat santan kelapa ?  ternyata santan juga bisa digunakan untuk perawatan rambut rontok.
Santan kelapa mengandung beragam mineral alami yang diperlukan oleh rambut, antara lain :  protein, vitamin B, zat besi, kalsium, maka  gunakanlah secara  rutin agar rambut kamu semakin sehat dan lebat.

9.Orang Eropa sering memakai Yogurt untuk merawat kesehatan rambut , karena yogurt banyak mengandung   nutrisi penting untuk memelihara sistem metabolisme tubuh , mulai dari serat, mineral alami, probiotik, asam folat.
Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata kandungan nutrisi dalam yoghurt juga berkhasiat untuk memperkuat rambut, memperbaiki sel rusak, menutrisi dari dalam, dan menyuburkan rambut dari akarnya.

III.Menggunakan  Akupuntur sebagai pelengkap yang sangat membantu , yaitu dapat dilakukan dengan Tangan /Jari (Akupresur) atau mencari ahli Akupuntur untuk memberikan tusukan-tusukan yang merangsang Meridian  yang dapat melancarkan peredaraan darah dan syaraf  Rambut  , dan inilah titik-titik Meridian yang harus ditekan –lepas sebanyak 32 x tiap titik :

a. Fengchi  (GB 20)

b. Xinshu   (BL 15)
c. Geshu     (BL 17)

d. Pishu      (Bl 20 )

e. Zusanli   (ST 36 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar