Kamis, 25 Agustus 2016

5 Jurus Sehat -Cara mudah mengatasi Jari-jari Kaku



Seringkali  karena asyiknya mengerjakan sesuatu  , tanpa terasa jari-jemari yang sudah berjasa ini tiba-tiba menjadi kaku dan sulit ditekuk ! ada yang disertai dengan rasa kesemutan atau mati rasa , ada lagi yang diikuti dengan rasa nyeri pada salah satu jari .

Bekerja terlalu lama menggunakan jari-jemari seperti : mengetik , menulis , pekerjaan dengan alat Tang , memijat , bermain alat music (gitar ,terompet dll) dan  berkebun ; memang seringkali mengakibatkan jari-jari tangan menjadi kaku , namun setelah diistirahatkan untuk beberapa saat ,biasanya jari-jari tersebut akan kembali normal dan dapat ditekuk  (gerakan menggenggam) , tetapi yang menjadi persoalan adalah apabila jari-jari tersebut , tetap saja kaku dan sulit ditekuk walaupun sudah diitirahatkan untuk beberapa hari ??. .........................
Menghadapi hal ini Anda tak perlu buru-buru merasa kuatir , kita dapat mengantisipasinya dan kami akan memberikan beberapa Tip jurus yang jitu untuk mengatasi jari-jari yang kaku itu , tetapi sebelumnya Anda perlu tahu juga , kenapa hal itu dapat terjadi dan seberapa parahkah  ? apabila tidak cepat-cepat  disembuhkan .

Ketahuilah  Jari-jari tangan kita digerakkan oleh otot, dan otot tersebut melekat ke tulang melalui tendon. Tendon sendiri bisa berada di posisinya karena dijaga oleh selubung tendon yang membentuk terowongan. Ketika otot berkontraksi, tendon tergerak di antara terowongan ini dan menggerakkan tulang, sehingga jari-jari kita tampak bergerak.
Namun jika tendon membengkak di salah satu terowongan selubungnya, apa yang terjadi? Tentu saja tendon tidak bisa masuk dan keluar secara leluasa. Hal yang sama juga terjadi jika terowongan tendon menyempit, dan bila menjadi semakin parah sering disebut “Trigger finger”.
Dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Nyeri pada buku-buku Jari ,  kemudian  susah ditekuk ke arah dalam (genggaman), seolah-olah pergerakannya terkunci pada sudut tertentu. Dan jika dipaksakan ditekuk , akan menghasilkan nyeri , bahkan sangat nyeri .
Banyak orang tidak akan merasa nyaman dengan kondisi ini, namun jarang juga yang  memeriksakan diri , alias mengabaikannya (cuek) hingga …………….suatu saat , kondisinya  sudah berkembang semakin parah , seperti :
·         Adanya benjolan pada buku-buku dan sendi jari , terasa nyeri.
·         Terjadi pembengkakan pada jari yang kaku.
·         Sensasi “plup” atau “klak-klik” pada sendi jari.
·         Nyeri ketika menekukkan jari ke dalam dan/atau ketika meluruskan jari.

5 Jurus menyembuhkan kaku pada Jari-jari tangan

Sebelum hal itu terjadi , begitu jari-jari anda merasa kaku , sehabis bekerja , maka lakukanlah 5 jurus ini :

1. Ambil es batu (kalau ada berbentuk trowongan) tempelkan selama 5-10 menit.
2.Setelah itu kompres dengan air hangat 5-10 menit .
3.Lakukan senam tangan dan jari , seperti meluruskan , menekuk , menggenggam dst.
4.Gosok-gosoklah jari-jemari anda bergantian dengan tangan anda 5-10 menit.
5. Bila masih kaku , tekanlah titik  Akupuntur ini , dengan tekan-lepas sebanyak 32 X :
    a. Houxi  (SI 3)
    b. Baxie ( EX UE 9)
    c. Tianyou (SJ 16)
    d. Sanjian (LI 3)

    e. Erjian (LI 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar