Selasa, 16 Agustus 2016

Buah Pinggang bukan Tas pinggang.


Dia tertawa ter ginjal-ginjal  !! itulah sebuah plesetan seorang komika , lalu kenapa sering dikatakan buah pinggang ? yah karena memang letaknya ada dipinggang.


Ginjal terletak  setinggi T 12 (Torakal) sampai L3 (lumbar) , ia ada dibawah Hati (lever) pada bagian kanan dan dibawah Limpa  sebelah kiri , karena ada Hati yang menekan kedudukan ginjal , maka ginjal kanan sedikit lebih rendah dari yang kiri.


Ditinjau dari ilmu TCM –Akupuntur  -Ginjal mendapat julukan mulia yaitu  “ Akar  Kehidupan “  atau  “ Qi dari langit” , kenapa demikian karena Ginjal adalah fondasi Yin-Yang untuk semua organ-organ lain , dengan kata lain Yin –Yang ginjal adalah   “Yin dan Yang  Utama “.

Yin ginjal adalah fondasi semua energy Yin organ lain seperti : Lever, Jantung dan Paru-paru dan Yang ginjal adalah fondasi bagi : Limpa , paru-paru dan jantung.

Dan lebih khasnya lagi Ginjal berfungsi :
1. Menyimpan  esensi  (Energi Dasar – Asal warisan kehidupan )
2. Mengatur kelahiran, pertumbuhan dan reproduksi dan perkembangan.
3.Ginjal menghasilkan sumsum tulang dan sumsum otak.
5.Ginjal mengatur 2 lubang.
6.Ginjal terbuka ke telinga dan hadir pada rambut.
7. Ginjal mengendalikan penerimaan Q i

Secara singkat dan sederhana kami akan uraikan sbb :
1.Menyimpan esensi dan mengatur kelahiran , reproduksi , pertumbuhan dan perkembangan.
- Menyimpan Qi murni warisan  pra langit ( sesuatu energy dari Tuhan ) , sebelum kelahiran –menyuburkan janin . Sesudah kelahiran menumbuh –kembangkan.
2.Menghasilkan sumsum , didalam TCM adalah  substansi kandungan umum , tulang-tulan , sumsum tulang dan sumsum otak dan Jaringan syaraf tulang belakang . Jika esensi ginjal kuat , ia akan menyuburkan otak dan ingatan ,konsentrasi , pemikiran  dan penglihatan yang tajam.rbuka dan
3.Mengatur Air : mengatur cairan tubuh  (Zalir) , mengubah dan pengangkutan.Sebagai Gerbang Air , yang terbuka dan tertutup , secara otomatis.Ginjal membuat parit penyaluran untuk pembakar bawah , menyidiakan Qi untuk kandung kemih , guna menyimpan dan mengubah air urine.Bekerja sama dengan usus kecil , usus besar , limpa untuk memisahkan , mengurai cairan tubuh.
4.Mengatur 2 lubang : mengatur 2 lubang bawah , yaitu lubang Anus dan lubang air (Kandung kemih-saluran air kencing) .
5. Terbuka kepada Telinga dan Mata: jika ensensi Ginjal baik , maka pedengaran akan terang dan rambut akan tumbuh banyak , sehat dan mengkilat.
6.Mengendalikan penerimaan Qi : ini Qi yang berasal dari udara melalui paru-paru , yang turun ke ginjal , ginjal mengelolanya dan menahan untuk tidak turun , sebab kalau turun akan menyebabkan sesak nafas seperti asma.


    Dalam bahasa medis fungsi ginjal dibantu oleh kelenjar hormon  yang disebut juga        kelenjar Adrenal  atau kelenjar anak ginjal.

   Dalam menjalankan fungsinya ada 2 hal yang sangat berperan :
   1. Mekanisme Aliran darah
   2. Unit fungsionalnya.
    Aliran darah ginjal berasal dari  arteri Renalis , percabangan dari arteri besar utama (aorta abdominalis) sehingga aliran darah ke ginjal sangat lancar.
    Unit fungsionalis adalah bagian anatomi organ ginjal :
 - Kortek (sebelah luar)
     - Medula (bagian dalam) , bagian tengah adalah rongga , unit fungsionalis ini disebut       Nefron. Nefron  merupakan gabungan dari komponen-komponen fungsional dari          kerja ginjal.

Fungsi hormonal

Dalam pengaturan keseimbangan cairan dan elektrolit , sangat erat sekali kaitannya dengan pengaturan fungsi ginjal.

Ada 2 hormon utama yang berperan yaitu : - ADH Vasopressin =(anti-diuretik) , Aldosteron dan  system Renin Angiotensin (RA) , juga ANP (atrial natriuetik peptida ).ADH Vaso bekerja mempertahankan cairan tubuh dengan meningkatkan reabsorsi cairan ginjal.

Aldosteron , adalah hormone steroid  yang disekresikan oleh kelenjar anak ginjal , berfungsi dalam reabsorsi  natrium , peningkatan retensi air dan sekresi kalium dari unit nefron ginjal.

Sistem  R A  : adalah enzim dari ginjal yang berperan dalam system RA  dalam pengaturan  Tekanan darah dan keseimbangan elektrolit.

ANP  adalah hormon Peptida yang disekresikan otot jantung , berperan dalam mengatur keseimbangan cairan  dan elektrolit terutama  Natrium dan Kalium.

Note : Sekresi  adalah proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir (:soft liquid  ) yang dilakukan oleh sel tubuh dan kelenjar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar