Senin, 22 Agustus 2016

Tekanan Darah Rendah ?



Pernahkah Anda tiba –tiba merasa penglihatan berkunang-kunang, gelap (blank) ,konsentrasi berkurang, pucat, pusing, bahkan pingsan?
Beberapa kejadian adalah karena perubahan  gerak  dan posisi yang terlalu cepat , misalnya : dari duduk yang lama tiba-tiba berdiri  atau  mungkin terlalu lama berdiri lalu balik badan dengan cepat lalu langsung berjalan .
Bila mana kejadian ini mengakibatkan pandangan menjadi gelap , lalu sikap tubuh tak terkontrol dan jatuh ……..setelah diam sejenak atau membaringkan diri untuk beberapa saat sampai peredaran darah normal kembali dan kita bisa membuka mata dengan penglihatan juga normal , ini masih bisa ditolerir sebagai kejadian yang umum dan wajar.
Kenapa demikian ?   penjelasannya adalah Ketika kita duduk atau tidur tekanan darah tubuh cenderung turun.
Pada saat tekanan darah turun artinya jantung memompa darah ke seluruh tubuh sedikit lebih lemah dari biasanya. Lalu Ketika dari posisi duduk atau tidur Anda bergerak langsung berdiri maka diperlukan sedikit waktu agar tekanan darah kembali naik dan jantung memompa darah. Pada saat itulah aliran darah sedikit berkurang ke otak dan menyebabkan rasa pusing, pandangan gelap, dan kadang berkunang-kunang.

Hal ini bukan sesuatu yang berbahaya dan akan segera dikompensasi tubuh melalui susunan saraf otonom untuk memacu jantung , hingga aliran darah kembali cepat. Sebaiknya jangan terlalu cepat berubah  posisi,   karena diperlukan waktu jeda agar  tubuh dapat segera  menyesuaikan tekanan darahnya.
Namun apabila setelah kita setelah beristirahat , tetap masih belum pulih seperti sedia kala , maka ada kemungkinan kita menderita gejala Darah Rendah kebalikan dari Darah Tinggi.
Seorang penderita darah rendah ( Hipotensi) , akan menunjukkan tensi (tekanan) darah dibawah 90 mmg untuk batas atas (systole) dan 60 untuk batas bawah (diastole).
Secara umum Hipotensi dapat dikategorikan menjadi :

Hipotensi akut 

Terjadi ketika organ tubuh , tidak mendapat pasokan darah dan oksigen yang cukup secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya  berhubungan  dengan  syok  karena  berbagai  penyebab,      contoh:
infeksi berat, pendarahan jumlah besar dalam waktu singkat, serangan jantung, dehidrasi.

Hipotensi kronis
kondisi yang bersifat jangka panjang seperti penyakit tertentu dan  gagal Jantung .
Selain hal-hal di atas,   hipotensi   juga   bisa   disebabkan  oleh   efek  samping   obat   seperti:
obat antihipertensi, anemia, serta hipotiroidisme. Kondisi dehidrasi, kehamilan dan gangguan ritme jantung juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
Pengobatan dan Pencegahan Hipotensi

Gagal jantung, diperlukan penanganan secara medis dan perubahan gaya hidup agar terhindar dari hipotensi.
Memperbaiki pola makan agar memenuhi empat pilar gizi seimbang , dengan makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran , akan memperbaiki nutrisi gizi , cairan tubuh dan elektrolit.
Minum lebih banyak air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan hipotensi.
Mengubah posisi dengan perlahan atau tidak berdiri terlalu lama.
Tidur dengan tumpukan 2 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak terjadi penurunan drastis pada tekanan darah.
Jangan  minuman beralkohol.

Menurut TCM Akupuntur jalan terbaik adalah menstabikan kondisi keseimbangan agar semua aliran Qi lancar , peredaran darah lancar  dan Yin –yang ,maka semua dipercayakan kepada tubuh yang secara alami akan memperbaiki dan meningkatkan volume darah.
Organ yang menyimpan dan mengatur jumlah (volume) darah adalah  Hati  (Lever)
Dalam keadaan tenang baik duduk atau tidur darah dari organ-organ tubuh disalurkan melalui pembuluh darah untuk disimpan dalam Lever , disaat tubuh bergerak entah bangun atau berjalan ,maka melalui pembuluh darah juga Sie (darah) dialirkan (disuplay) kembali kepada organ-organ yang memerlukan termasuk ke Jantung dan Otak .
Maka perlulah Meridian Lever dilancarkan kembali , yang kemudian akan didukung oleh titik lain berdasarkan pengalaman yang kembali dapat mengaktifkan Qi untuk menambah volume darah , inilah titik Meridian yang harus ditekan selama 20 detik  dan diulang- ulang sebanyak 32 x.

l. Taichong  (LR3)

2. Shuliao (DU 25)
3. Neiguan  (PC 6)

4. Renying  (ST 9)

5. Pishu    (BL 20)

6. Baihui  (DU 20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar