Jumat, 15 Januari 2016

Senam Akupuntur-Mendirikan Benteng Pertahanan II

Menyambung tulisan terdahulu yaitu Mendirikan Benteng Pertahanan , tertanggal 17 November 2015http://akupunturakupresurnanjing.blogspot.com/2015/11/mendirikan-benteng-pertahanan.html , maka kami merasa perlu melanjutkan kembali seperti berikut :


Yao

Adalah satu latihan pernafasan Akupuntur dengan perut ; kegunaannya adalah mengaktifkan ,titik akupuntur  pada Meridian Lambung , Meridian Limpa dan Meridian Ginjal , Meridian Kantung Empedu , juga Meridian Hati dan Meridian Ren semua yang berada  di area perut  dan sekitar pusar.

Latihan ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh  terhadap ganguan darah tinggi,kencing manis (diabetes) ,susah tidur , dan mencegah/menunda penuaan dini.

Caranya  : anda harus berbaring diatas karpet ( tempat yang rata) kemudian hiruplah udara melalui hidung dengan hitungan 10 ,kemudian tahan di perut kembungkan kuat-kuat sampai hitungan 10 ,lalu buang nafas anda pelan-pelan melalui mulut dengan hitungan 10 juga, ulangi  sebanyak 32 kali.


ER

Adalah 2 gerakan senam “ jongkok-berdiri”.





Didalam  olah raga seni beladiri kungfu , yang menjadi dasar utama adalah kuda-kuda (betsi) , berlatih kuda-kuda adalah untuk menguatkan kaki ,baik satu atau kedua kaki sebagai suatu dasar yang kokoh.

Didalam ilmu pengetahuan kesehatan china , gerakan kaki naik – turun adalah untuk memompa  peredaran darah , dan mengaktifkan saluran-saluran  qi pada meridian , ada banyak meridian yang mengalir dari mulai pangkal paha sampai ke ujung kaki  yaitu seperti : Meridian Lambung, Meridian Limpa,Meridian Kandung Kemih,Meridian Ginjal,Meridian Kantung Empedu dan Meridian Hati.

Kegunaannya : Senam Akupuntur mengatasi keluhan stroke, jantung , kanker , meningkatkan kekuatan tubuh , daya tahan tubuh , meningkatkan kesehatan tubuh.

Caranya : dimulai dengan sikap berdiri , tangan diangkat lurus kedepan /muka sejajar dengan bahu , mulailah bergerak jongkok , lalu berdiri  ( bagi orang  tua ,dapat dimulai dengan berpegangan pada pagar atau tembok  sambil jongkok ,lalu bangun), semua dilakukan secara berulang-ulang dan bertahap .

Misalnya : hari 1 dapat kuat melakukan 5 kali , hari kedua kuat 7 kali , hari ketiga menjadi 10 kali yang penting selalu ada kemajuan sampai disarankan minimal 32 kali , idealnya 100 kali setiap hari boleh dicicil pagi , siang , sore.Anda akan terkejut tanpa disadari anda akan kuat berjalan dan tidak cepat lelah, silahkan coba !!!

Demikanlah  semua latihan dan terapi  telah mencakup hampir seluruh meridian didalam tubuh , dimulai dengan menggosok-gosok muka , meremas-remas kepala (rambut) untuk mengaktifkan syaraf-syaraf di kepala , leher dan dada , sampai mengaktifkan titik meridian istimewa , kemudian mengaktifkan titik meridian perut  sampai melatih otot-otot kaki dan mengaktifkan meridian pada kaki , maka anda akan merasa segar – bugar apabila semua dijalankan dengan disiplin dan teratur dan bersinambungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar