Sabtu, 14 Januari 2017

Tehnik Akupuntur Korea 2



Walaupun Negara Korea berbatasan dengan Negara Cina , tetapi para pelajar pengobatan kedua Negara jarang berkomunikasi , inilah yang menyebabkan  Akupuntur dan pengobatan tradisonil Korea menjadi sedikit berbeda dengan Cina. Juga beberapa tanaman herbal yang digunakan oleh pengobatan cina , tidak dapat tumbuh pada iklim di Korea .

Banyak dari formula obat Korea  perlu penyesuaian dengan menambahkan  atau menggantikannya dengan jenis herbal dari korea yang mempunyai kasiat yang sama dan bersahabat dengan iklim di korea pada umumnya.

Perkembangan Herbal Korea

Aliran Herbal  di korea  menjadi sebuah Studi dan praktek yang berkembang , mereka  menggunakan semua bahan tanaman untuk diolah menjadi Makanan , Suplemen dan Obat-obatan .Tanaman itu bisa berupa : Bunga , tanaman ,semak, pohon , lumut-lumut, pakis , ganggang, rumput laut atau jamur .Tanaman-tanaman tersebut akan digunakan baik secara keseluruh atau hanya bagian tertentu saja , demikianlah para praktisi,ahli dan professional sangat bersemangat ,terus mengumpulkan dan menganalisa tumbuhan herbalnya sampai saat ini.

Hasilnya obat-obatan Herbal Korea dapat disajikan dalam berbagai bentuk antara lain : Herbal Segar , Herbal Kering , Herbal utuh atau Herbal Serbuk dll. Herbal dapat dibuat seperti Infus , setelah tanaman diolah atau tanaman ramuan direndam-direbus dalam air dengan api kecil , selama jangka waktu tertentu.

Beberapa contoh Infus Herbal : Chamomile , Peppermint ,ramuan bunga,daun dan rempah-rempah kayu (bubuk Kulit kayu manis,akar Licorice, biji, buah kering dsb).

Dalam bentuk ramuan cair  seperti : Tinctured dicampur dengan alcohol dan terkandung dalam ektrak Cuka ,Gliserin sayur yang dimasukkan dalam madu , minuman cair air suling.

Dalam bentuk ramuan kering :  Bubuk kering ,herbal beku , dapat diketemukan dalam jumlah besar berbentuk : Tablet , Kapsul , Permen , Pasta.

Dalam bentuk Cream  : Obat-obat non oral seperti : Cream Mandi , Minyak , Salep ,Gel ,Kompres , cream obat gatal dsb.

Dalam bentuk Hirup : Obat yang dihirup untuk pilek ,nafas tersumbat,asap yang dihirup untuk melancarkan saluran pernafasan, aromatic atsiri  dll.

Penerapan pemakaian obat herbal di korea mempertimbangkan keterlibatan langsung Pasien untuk bersikap kritis , karena setiap herbal setiap daerah mempunyai tradisi dan ada kecocokan masing-masing , tentang kadar , kualitas dan efek yang berbeda-beda , oleh karena itu Dokter Herbalis sangat berhati-hati didalam memutuskan dosis yang tepat , mempertimbangkan efek samping obat, dan setiap interaksi obat Herbal , contoh : tentang penggunaan Jamur sebagai obat , sebagai makanan atau sebagai teh yang dikenal di korea sebagai Song-gen , ini penting untuk mengetahui reaksi , efek samping terhadap pasien (mungkin alergi) ,lebih-lebih kalau dicampur dengan ramuan lain apakah akan menimbulkan reaksi kontra tertentu dll.

Moksibusi


Akupuntur korea banyak memadukan tehnik moksibusi dengan tusuk jarum , mereka mengunakan tanaman Mugwort yang dibuat kecil-kecil untuk memanas titik Meridian tertentu , dengan alas tanpa sampai membakar kulit.

Ada juga yang diterapkan dengan batang moksa yang kecil dan ramping , moksa kerucut , ditempatkan di atas titik-titik Meridian untuk merangsang dan memperkuat darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar