Minggu, 25 Desember 2016

Efek perbedaan tehnik Akupresur dan pijat biasa (urut) 3



1.   Menyambut-mengantar : adalah penyesuaian  penusukan/penekanan sesuai  waktu “Piket” dari 12 organ tubuh ( 6 Cang , dan 6 Fu ) , setiap organ kebagian 2 jam “Piket” , maka bagi organ yang piket  mengalami Qi (energy) yang paling kuat adalah pada  2 jam “Piket”-nya , dan  12 jam setelah piket  organ tersebut mengalami Qi yang paling lemah. Menyambut : adalah waktu yang tepat untuk melakukan Pelemahan , yaitu Menyambut  (posisi Qi sedang kuat-kuatnya) menjelang  waktu “Piket” dan saat  “Sedang Piket”, pada saat itu dilakukan penusukan/penekanan. Mengantar : adalah waktu yang tepat untuk melakukan Penguatan , yaitu disaat  Qi  sedang turun kekuatannya yaitu  sewaktu “Sedang Piketmenjelang habis , atau disaat Qi mengalami kelemahan , pada 12 jam setelah piket, pada saat ini dilakukan Penusukan /Penekanan.

Inilah  Jadwal waktu “Piket” organ

Jam   01.01-03.00 – Hati (Lever)
         03.01-05.00—Paru-paru
         05.01-07.00—Usus besar
         07.01-09.00—Lambung
         09.01-11.00—Limpa
         11.01-13.00—Jantung

Jam    13.01-15.00—Usus kecil
          15.01-17.00—Kandung kemih
          17.01-19.00—Ginjal
          19.01-21.00—Perikardium
          21.01-23.00—San Ciao
          23.01-01.00—Kandung empedu

 
Tehnik-tehnik diatas adalah sebagian tehnik yang penting , dan masih banyak lagi Tehnik-tehnik Akupuntur/Akupresur yang diuraikan didalam buku Nei Ching , yang harus dipatuhi dan dimengerti oleh para Akupunturis dan Terapis Akupresur.

Beberapa larangan penting  adalah :
·         Penusukan/penekanan  yang harus dipertimbangkan secara akurat adalah , pada titik lokasi organ vital seperti : Paru-paru, Jantung dan otak.
·         Penusukan/penekanan  yang harus dipertimbangkan secara akurat adalah , pada titik lokasi pembuluh-pembuluh darah yang penting , seperti : pada lipatan paha, titik Si pada meridian-meridian.
·       Penusukan /penekanan  pada pasien yang:  baru berhubungan kelamin , mabuk ,baru-sedang marah , keadaan yang amat sangat lelah,keadaan kenyang , keadaan lapar , keadaan haus,keadaan terkejut , keadaan takut , keadaan sedih dll.
·         Penusukan /penekanan pada pasien ,pada keadaan-keadaan : Bentuk otot telah rusak,keringat mengucur hebat (termasuk keringat dingin),diare hebat,setelah melahirkan, pendarahan hebat dll
·         Penusukan/penekanan  dimana Qi sie (Qi kosong ) , karena percuma penusukan /penekanan tidak ada hasil , yaitu pada keadaan : 1.Perut kembung , badan panas tinggi,nadi besar 2.Perut mulas dan kembung , ke 4 alat gerak dingin , denyut nadi besar 3.Epistaxis (pendarahan dari hidung akibat pecah pembuluh kecil) yang darahnya tak mau berhenti, nadi besar 4.Batuk darah  5.Batuk berat , dengan tubuh kurus (TBC) ,badan panas,nadi kecil.

Demikianlah kiranya penguraian kami atas tehnik Akupuntur/Akupresur , yang sangat  mematuhi  jalur  Qi Meridian  , sehingga apabila  terapi dilakukan adalah untuk mengatur kembali  kestabilan dan keseimbangan Qi Meridian sehingga organ tubuh dapat kembali berfungsi seperti semula , nah dengan adanya gangguan  para pemijat yang tidak mengerti jalur Meridian , malah akan mengacaukan terapi yang sudah berjalan ,apa yang dibuat kacau ? 

yaitu: mereka mengubah Qi yang sudah kuat menjadi lemah dan Qi yang lemah semakin menjadi lemah ,melalui tehnik  penekanan dan perputaran , tekanan kuat atau tekanan lemah , yang berlawanan dengan tehnik Akupuntur /Akupresur pada posisi titik Meridian  , walaupun titik itu disentuh tanpa sengaja , apalagi diurut dengan arah berlawanan dengan Miridian yang mungkin saja malah akan menggangu pola kerja jalur meridian tersebut , belum lagi kalau mengenai saraf tertentu yang penting seperti saraf pada kepala, apabila menekan dan mengurut terlalu keras , tidak mustahil akan merusak jaringan saraf yang lembut dan banyak –mengakibatkan cidera  dan ganguan kesehatan lainnya.

Beberapa  contoh kekacauan akibat salah urut :
·         Pada penderita ganguan Jantung , biasanya diberikan obat pengencer darah , nah melalui pijat urut bila ada  gumpalan sumbatan darah , justru gumpalan darah itu tidak dapat di hancurkan/dipecah/dihilangkan , tetapi malah akan terdorong akibat  pijat urut ke posisi yang lain dan sangat berbahaya kalau terbawa mendekati jantung , efeknya aliran darah jantung tersumbat dan terjadilah serangan jantung.
·         Kalau obat pengencer darah itu telah bekerja dengan baik , pijat urut untuk melancarkan peredaran darah menjadi over , sehingga Jantung bekerja dengan sangat cepat , ini juga dapat membahayakan pecahnya pembuluh darah jantung.
·         Penderita akan mengalami ganguan pembuluh darah akibat salah urut , ganguan pembuluh darah vena yang sangat rentan akan berakibat fatal  dan rusak/cedera.
·         Penekanan terlalu kuat pada saraf halus di kepala , akan menyebabkan rusaknya serabut saraf otak ,kepala menjadi pusing dan muter dan muntah-muntah.
·         Gangguan tulang , pada penderita Osteoporosis akan bertambah parah , bila pemijatan melakukan penekukan-penekukan dengan paksa.
·         Pemijatan pada lambung  akan mengganggu metbolisme usus besar dan usus halus , belum lagi cedera pada usus (luka dalam ) yang efeknya baru dirasakan lama setelah pemijatan.

Kesimpulan
Tulisan ini  tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pijat urut , tetapi untuk suatu pertimbangan  kedepan  bagi mereka yang ingin  dipijat urut , carilah pemijat (masseur) yang ahli dan terdidik , yang mengerti system muscular dan system saraf , dan biasanya tehnik yang dipakai adalah sport massage  .

Dan bagi mereka yang sedang diterapi Akupuntur/Akupresur hendaklah tidak mencampur dengan terapi pijat urut karena justru akan mengacaukan  system Meridian yang sedang diatur dan ditata kembali oleh Akupunturis dan  terapis Akupresur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar