Kamis, 22 Desember 2016

Efek perbedaan tehnik Akupresur dan pijat biasa (urut) 2


Kasus lain lagi ini terjadi pada pasien kami sendiri penderita Stroke  , setelah rutinitas  diterapi dengan Akupuntur /Akupresur  , dia juga mengkombinasi  terapinya dengan memanggil tukang pijat urut , entah darimana kami tidak mengetahuinya  , namun sangat sering sekali  , terakhir setelah 2 hari diterapi akupuntur  , kemudian dia memanggil  tukang pijat urut dan dipijatlah , selesai dipijat tiba-tiba kepalanya terasa pusing , muter-muter , kemudian mual dan muntah-muntah  dan tensi tekanan darahnya naik sangat tinggi sekitar 160  , terpaksalah anaknya membawa dia kerumah sakit dan diopname selama 3 hari.

Apa penyebabnya ? , nah inilah yang kami akan jelaskan dari sudut ilmu Akupuntur bagaimana suatu pemijatan, termasuk pijat urut akan bertolak belakang dengan terapi Akupuntur .


Pada dasarnya Terapi Akupuntur/Akupresur  adalah untuk mengembalikan kestabilan Qi (energy) didalam tubuh , yang mana  akan  mengurangi /melemahkan bila Qi meridian terlalu berlebihan , dan menambah /menguatkan bilamana Qi Meridian sangat kurang atau lemah, maka untuk itu dilakukanlah beberapa tehnik  , seperti:

1.      Kecepatan :  kecepatan penusukan (akupuntur)/penekanan (akupresur), menentukan Penguatan/pelemahan Qi pada Meridian.Penguatan terjadi bila penusukan/penekanan dilakukan dengan lambat dan perlahan-lahan (3 tahap, Langit, Manusia,Bumi) ,dan pencabutan jarum harus cepat. Pelemahan  dilakukan dengan penusukan/penekanan dengan cepat , dan pencabutan/penarikan yang lambat (3 tahap).

2.      Pembenaman : Pembenaman /penekanan yang dalam akan juga menentukan Penguatan dan Pelemahan Qi Meridian. Suatu Pembenaman /Penekanan  berdasarkan kekuatan tangan dan kecepatan jari . Penguatan Qi terjadi dengan pembenaman/penekanan  dengan tenaga yang berlebihan/berat –cepat/kuat , dan pencabutan/penarikan dengan tenaga yang ringan dan lambat, sedangkan Pelemahan  dilakukan dengan Pembenaman/penekanan dengan tenaga yang lebih lemah/ringan dan lambat , tetapi pencabutan/penarikan dengan tenaga yang kuat dan cepat.

3.     Perputaran : Perputaran  jarum/tekanan  akan juga mempengaruhi  efek penguatan atau pelemahan Qi , arah putaran ke kiri atau ke kanan , bertenaga atau tidak , penentuan arah putaran mengikuti aliran Qi Meridian  atau  arah sebaliknya membelakangi arah aliran Qi Meridian. Dan untuk 3 aliran Yang tangan dan 3 yin kaki  meridian Ren  berlawanan dengan 3 Yang dan 3 Yin kaki meridian Tu .

4.  Mengikuti-Melawan arah Meridian : a. tehnik penusukan/penekanan miring /mendatar mengikuti arah meridian adalah penguatan , melawan arah tersebut adalah pelemahan.b. tehnik penusukan/penekanan secara urut titik searah aliran Meridian adalah penguatan , tetapi sebaliknya  adalah Pelemahan.


5.      Membuka –menutup :  membuka adalah membiarkan lubang bekas tusukan/tekanan terbuka, membiarkan Qi bocor , menutup adalah menekan lubang bekas tusukan/tekanan  beberapa saat supaya Qi tidak bocor. Pelemahan : cara penusukan/penekanan  bergoyang, membuat lubang menjadi lebar dan membiarkan Qi bocor/keluar.Penguatan : pencabutan cepat  /penekanan lepas  dan menutup lubang dengan tekanan jari beberapa saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar