Jumat, 27 Mei 2016

Lever (hati) dan fungsinya.


Lever atau hati mempunyai fungsi penting penyimpanan darah dan menjamin pergerakan Qi lancar keseluruh bagian tubuh. Oleh karena itu lever menyanggupkan kita untuk memulihkan tenaga dan melawan penyakit dari luar. Lever sering dijuluki Jendral pengatur perencanaan fungsi-fungsi tubuh dengan kelancaran aliran Qi yang tepat arah.Kualitas lever seperti jendral yang mengatur strategi , yang menciptakan keberanian dan keteguhan hati.

Beberapa fungsi-fungsi lever adalah :
 1. Menyimpan darah.
 2. Menjamin kelancaran Qi
 3. Mengendalikan urat daging
 4. Ia hadir didalam kuku
 5. Ia menghidupkan mata.

Lever mengatur volume darah didalam tubuh sesuai dengan kegiatan fisik . Bila tubuh aktif darah akan mengalir ke otot-otot , bila tubuh beristirahat darah mengalir kembali ke lever , siklus seperti ini otomatis berjalan sendiri sebagai proses koordinasi.

Begitu pentingnya fungsi penyimpanan darah didalam lever berkaitan dengan pengaturan volume darah , apabila penyimpanan darah dilever terganggu atau berkurang maka akan mempengaruhi siklus haid pada wanita , siklus waktu haid jadi terganggu , haid menjadi jarang , sebaliknya bila penyimpan darah berlebihan didalam lever maka akan berakibat terjadi haid yang terus menerus atau terjadi pendarahan pada rahim.

Hubungan antara darah dan lever , mempunyai hubungan timbal balik , apabila lever dalam keadaan abnormal maka kualitas darah akan buruk sebaliknya apabila darah kurang dan kualitasnya buruk maka akan mengganggu funsi lever yang dapat menyebabkan banyak penyakit-penyakit kulit tertentu seperti ekseem dapat menyerang tubuh , gangguan penyakit darah tinggi , ganguan stamina , Hepatitis dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar