Selasa, 17 Mei 2016

10 titik Akupresur untuk mengontrol Tekanan darah tinggi


Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan istilah  HIPERTENSI , adalah suatu gejala kronis yang dapat menyebabkan penyakit Stroke  dan  Jantung .
Begitu tingginya tekanan menyebabkan darah dibawa dari jantung keseluruh tubuh , karena laju darah  sangat cepat dan kuat  , menyebabkan  kerusakan  beberapa saraf , termasuk saraf perintah diotak  , kemudian terjadi ketidak seimbangan energy dan kebuntuan , lalu terjadilah stroke dan ganguan jantung.
Yang menjadi masalah seringkali gejala ini  tidak terlihat sepertinya datang begitu tiba-tiba , memang ada banyak obat untuk mengatasi gejala ini  , dan pemeriksaan secara berkala dan teratur , seperti mengukur tekanan darah  , namun seringkali ada beberapa kondisi yang dapat memicu  hipertensi yaitu kebiasaan hidup tidak sehat , seperti : minuman keras (alcohol) , merokok , obisitas  , stress.
Akupresur menawarkan  cara-cara yang sangat alami , dengan  terapi titik-titik akupuntur  yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi secara teratur yang dikombinasikan dengan gaya hidup sehat .

Beberapa penyebab Hipertensi

Walaupun penyebabnya secara tepat belum dapat disimpulkan sampai saat ini , tapi dapat kita antisipasi dari beberapa  penyebabnya yaitu :

1. Kebiasaan merokok
2. Kebiasaan minuman beralkohol
3. Kelebihan berat badan
4. Strees-Depresi
5. Terlalu banyak mengkonsumsi garam
6. Bertambahnya umur dan resiko
7. Genetika
8.  Riwayat Hipertensi dalam keluarga
9.  Ganguan tidur (sering bergadang)
10.Gangguan penyakit Ginjal
11.Gangguan Tiroid

10 cara akupresur untuk mengotrol tekanan darah tinggi

Dalam Akupuntur tekanan darah tinngi secara langsung mengganggu keseimbangan , terjadinya penyumbatan  dan hiperaktivitas pada Meridian Hati .
Maka lebih dahulu titik-titik ini yang ditekan sekitar 1 menit :

1. Renying (ST 9) 

2. Xinjian (LR 2)

3. Xiaxi ( GB 43 )

Seringkali gejala darah tinggi berhubungan dengan perasaan , cepat emosi dan pusing , maka titik Akupresur ditambah dengan :

4. Yintang (EX HN 3)
5. Bahui (DU 20)

6. Fengchi (GB 20)
7. Hegu (LI 4)
8. Taiyang ( EX HN 5)

Jika gejala darah tinggi disertasi insomnia maka ditambah dengan :

9. Shengmen (HT 7)

Jika Jantung berdebar-debar tambahkanlah titik ini :


10. Neiguan (PC 6).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar