Jumat, 06 Mei 2016

Empat titik poins penting untuk Detoxifikasi


Detoks atau detox , adalah proses pembersihan tubuh dari racun-racun (radikal bebas) yang masuk kedalam tubuh akibat dari polusi udara yang kita hirup, bahan-bahan kimia yang kita minum (obat kimia) atau kita pakai seperti kosmetik , obat nyamuk  dan bahan-bahan pengawet makanan /minuman dll.

Berbahayakah racun-racun ini ? jawabannya adalah sangat berbahaya ! karena dapat mengganggu metabolism tubuh , mengganggu kandungan enzyme didalam tubuh , memicu timbulnya penyakit kanker , merusak jaringan hati , paru-paru dan jantung dan masih banyak lagi akibat buruk yang ditimbulkan oleh racun-racun ini.

Bagaimana kita dapat membuang racun ini keluar dari tubuh ? ada banyak cara  :
1. Secara alamiah  . 2.Secara Akupuntur dan akupresur  3.Pola makan sehat 4.Banyak berolah-raga . 5.Menurunkan berat badan (bagi yang gemuk) .

Kami akan menyoroti cara pertama dan kedua khususnya .
1. Secara alamiah

Sejak zaman dahulu , zaman nenek moyang kita , hidupnya lebih banyak prihatin , tidak berfoya-foya seperti kehidupan zaman sekarang , apa saja dibeli , apa saja dimakan , bukan hanya yang diperlukan saja yang dibeli atau dimakan , tetapi sesuatu yang tidak perlu juga dibeli atau sesuatu yang berbahaya untuk tubuh juga dimakan dan diminum , dengan demikian sering orang berkata perutnya menjadi tempat sampah bukan tempat makanan sehat. !

Nenek moyang kita di zaman dahulu jauh lebih arif daripada kita yang hidup dizaman modern . Hutan dizaman dahulu sangat dipelihara , isi hutan hanya diambil yang dibutuhkan saja , selebihnya tetap dipelihara dan dijaga kelestariannya , tidak dieksploitasi seperti zaman sekarang.

Begitu juga mereka memperlakukan tubuhnya sendiri , makan secukupnya , tidak terlalu kenyang dan tidak juga terlalu kurang , bahkan  banyak juga yang membatasi makannya atau berpuasa , salah satu ajaran agama  mengajarkan puasa untuk mengontrol dan mengendalikan tubuh dari hawa nafsu , dan yang paling dekat adalah nafsu makan , ternyata dibalik ajaran itu juga terkandung makna kesehatan bagi tubuh yaitu Detoksifikasi atau pembersihan tubuh dari racun-racun.

Dengan puasa organ-organ tubuh dapat beristirahat dan merevitalisasi dirinya sendiri termasuk  meremajakan dan menyehatkan dirinya sendiri.
Dengan berpuasa lemak-lemak  yang berbahaya , yang mengganggu Hati dapat dibuang dari tubuh. Jadi kata kunci yang pertama adalah berpuasa.

Mencuci organ-organ tubuh dengan air minum yang sehat , zaman dahulu dicari air sumber yang murni  lalu diminum yang banyak  dengan waktu yang teratur (sering) kontinu  (rutin) maka inipun suatu cara untuk membersihkan usus-usus dari sisa makanan yang masih tertinggal , efeknya seseorang yang banyak minum air seperti ini , akan sakit perut (mules) dan  BAB terus menerus sampai habis kotorannya dan badan terasa segar dan enteng .

Air sumber sudah jarang diketemukan lalu orang menggantinya dengan air kendi yang diinapkan , kemudian  diketemukan juga air kelapa yang ternyata sangat berguna untuk kesehatan , maka kemudian air kelapa digunakan sebagai obat yang dapat membuat tubuh segar dan dapat mencuci tubuh dengan baik .Kata kunci yang kedua , banyaklah minum air sehat/air kelapa/infuse water secara teratur dan rutin.

Pergunakanlah  teh hijau sebagai Detox  tea , yang diminum secara teratur dan rutin , maka  teh hijau ini sangat berguna untuk menghilangkan lemak , membuang racun dan menyehatkan.
Makanlah buah-buah  dan sayuran seperti : buah Apel , Jeruk/lemons , sayur brokoli , bayam  yang sangat berguna sebagai serat atau filter terhadap racun yang masuk kedalam tubuh.

4 titik utama akupuntur untuk Detox

a. Hegu (LI 4)  


b. Neiguan (PC 6) 










                 
C. Sanyinjiao (SP 6)               

d. Taichong (LR 3)                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar