Senin, 07 Maret 2016

Langkah cepat akupuntur/akupresur menyembuhkan sakit pinggang

Seseorang dapat menderita sakit pinggang secara mendadak , menurut Akupuntur hal ini disebabkan suatu akumulasi kondisi dan gerakan luar yang salah  atau  suatu gejala penyakit didalam tubuh
.
Dalam dunia medis dapat dijelaskan penyebab sakit pinggang dapat dikarenakan oleh disorientasi syaraf tertentu pada pinggang , dislokasi otot (terkilir) , pengapuran pada tulang punggung .

Akupuntur menjelaskan adanya suatu gejala penyakit defisiensi ginjal, karena pinggang adalah tempat kedudukan ginjal , masing-masing penyebab menimbulkan rasa sakit pinggang yang berlainan tetapi mirip.
Baiklah untuk lebih jelasnya kami akan paparkan baik penyebab dan akibatnya seperti berikut ini :

1. Akupuntur akrab  dengan mencari penyebabnya dengan detail , seperti kelembaban yang dapat                     menimbulkan sakit pinggang karena akumulasi kelembaban angin dingin - patogenis menyerang Meridian       dan kolateral , terjadinya stag dan penyumbatan energi (qi) menyebabkan pinggang terasa sakit , kebas         dan kejang , sulit untuk berbaring celentang (menghadap keatas) , rasa sakit menyebar sampai ke pantat       dan paha, lebih dalam cuaca dingin /hujan .
2. Sakit pinggang akibat  salah gerak , hal ini dapat terjadi ketika mengangkat benda yang berat dengan             posisi membungkuk lalu langsung berdiri tegak , yang mana seharunya dimulai dengan posisi jongkok dan       bangun berdiri , kemudian ada juga dikarena kurang olah-raga maka otot dan tulang punggung menjadi         kaku , terlebih lagi mengerjakan suatu pekerjaan sambil bungkuk dengan leher juga ikut dengan kepala         kebawah pada intensitas waktu yang lama  akan menyebabkan sakit pinggang pada tulang belakang               (punggung) , ketika bangun dari duduk atau tidur punggung sulit ditegakkan .Bila dalam waktu yang lama       tidak disembuhkan akan menyebabkan syaraf ikut tergeser dan bersembunyi dibalik otot yang kaku , dan     sering orang mengatakannya syaraf terjepit.
3. Defisiensi Ginjal , Akupuntur menilai terjadinya sakit pinggang jenis ini karena Meridian ginjal terganggu         sehingga Qi tidak dapat berjalan , hal ini disebabkan kerja terlalu keras , terlalu banyak duduk dan kurang     minum cairan , sehingga kerja ginjal menjadi berat , hal ini dapat ditemui pada pekerja di belakang meja         pada kantor-kantor , pada profesi  driver (supir) bus , truk atau pribadi ,hubungan kelamin yang                   berlebihan , olah raga angkat besi . Sakit pinggang jenis ini akan berkembang secara perlahan-lahan ,             kebal (baal)/ kebas , ada rasa gatal pada rasa sakitnya, badan lemah ingin dipijat , keadaan akan                   memburuk apabila kerja berlebihan.

Prinsip mengatasi sakit pinggang menurut Akupuntur :

Untuk menghilangkan lembab , membuang dingin , memperkuat Qi ginjal , melancarkan Meridian dan menghilangkan sakit dengan beberapa langkah :

1. Lakukan pemanasan dengan  sinar ultra violet pada pinggang , dapat juga dengan Moksa dan didalam           keadaan darurat dapat dilakukan kompresan dengan air dingin dahulu selama 20 menit kemudian                   disambung dengan air  hangat , baik didalam botol atau dengan alat  kompres.
2. Bila terkilir jangan sembarangan diurut , bila tidak berpengalaman , malah akan mengakibat syaraf menjadi     ikut tersembunyi dan sakit akan semakin parah.
3. Selama masih sakit tidurlah pada alas yang rata /papan /kasur ebonit yang keras.
4. Lakukan  tusuk jarum, totok atau penekanan (Akupuntur /Akupresur) pada titik sebagai berikut :

    - Shensu  (Bl 23) - Mingmen (DU 4)- Yaoyan (EX) - Weizhong (Bl 54)

Penjelasan titik-titik Meridian Akupuntur yang ditekan :

1. Shensu (Bl 23)
    Letak                : Dua jari dari tulang pinggang , antara tlng pinggang ke 2 dan ke 3
    Khasiat            :  Menguatkan ginjal , menguatkan pinggang, sakit pinggang.
2. Dachangshu (Bl 25)
    Letak                :  Dua jari dari tlng punggung , antara tlng pinggang ke 3 dan ke 4
    Khasiat            :   Sakit pinggang.
3. Guanyuanshu (Bl 26)
    Letak                :  Dua jari dari tlng punggung , antara tlng pinggang ke 5 dan tungging
    Khasiat            :   Nyeri panggul , nyeri paha , Sciatica (syaraf pinggang)
4. Weizhong (Bl 54)
    Letak                :  Ditengah lipat lutut dalam
    Khasiat            :   menghilangkan lembab,melancarkan energi , sakit pinggang
5..Mingmen (DU 4)
    Letak                :  Dibelakang pusar ,tlng pinggang ke 2 dan ke 3
    Khasiat            :   Radang ginjal . sakit pinggang 
6. Yaoyan (EX)
    Letak                :  Dibawah tlng belakang , lumbar ke 4, kesamping 4 jari.
    Khasiat            :  sakit pinggang , nyeri pinggang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar