Jumat, 25 Maret 2016

Cara cepat mengatasi Nyeri Lutut (2)


Pertolongan Pertama untuk Nyeri Lutut
Ketika anda memutar kaki anda , terasa berat dan kaku , otot lutut yang tegang , apa yang harus dilakukan ?  Yang pertama anda harus ingat adalah rumusan kata beras/padi dalam bahasa inggris yaitu : R I C E yang mana merupakan singkatan :
R = Rest ( istirahat) , I = Ice (es) , C = Compression (kompres), E = Elevation ( ketinggian) , apa artinya ? artinya  :
1.Istirahatkan kaki anda
2. ambil es batu atau Gel kompres dingin.
3. Kompreslah lutut sekeliling lutut
4. sambil beritirahat taruh kaki anda lebih tinggi
Osteoarthriti

Osteoarthritis adalah salah satu penyebab yang paling umum terutama pada orang-orang usia lanjut , atau juga karena kurang gerak dan olah raga terutama gerakan naik-turun dan mengayuh , penderitaan terjadi karena bantalan tulang rawan yang sudah haus /memburuk.
Atau awam sering mengatakan Perkapuran ,    dengan kurangnya cairan pelumas dan
terganggunya bantalan tulang , sering terjadi tumbukan antara tulang dengan tulang dan menyebabkan radang /pembengkakan lalu menimbulkan rasa sakit pada lutut . 

Sebelum masalah ganguan ini bertambah buruk , maka lebih baik berupaya lebih dini
dengan melakukan latihan-latihan gerak sederhana seperti jongkok-bangun , jalan kaki atau mengayuh sepeda , dan lebih sering melakukan pemanasan seperti berjemur dengan panas matahari atau dengan penyinaran infra red , juga lakukan pemijatan   sekeliling lutut.

Terlebih lagi bagi orang yang belum mengalami sakit berlatihlah menjaga kelenturan Biomekanis lutut anda , dengan memperkuat otot-otot lutut karena kekuatan itu akan menunjang berat tubuh anda , dengan sering berjalan kaki akan membuat kekuatan itu 4 x lebih kuat dari berat tubuh anda tetapi juga anda harus mengurangi berat tubuh anda , keluhan lebih sering menimpa dengan pada orang-orang dengan berat badan berlebihan (gemuk). 

Lari , lompat juga salah satu cara olah raga yang disarankan untuk memperkuat lutut anda.

Karena apabila keluhan menjadi semakin parah , tidak ada kata lain secara ektrim dokter akan menyarankan operasi perbaikan sendi atau bahkan pergantian sendi dengan sendi tiruan (buatan).



Ramuan alamiah 
 
Banyak penderita nyeri  lutut terbantu , sakit nyerinya berkurang oleh ramuan herbal seperti : 1. Jahe , baik untuk diminum maupun untuk dibalurkan pada tempat yang sakit 2. Jahe yang dicampur dengan kayu manis , dammar wangi  dan minyak wijen   dapat digunakan sebagai salep atau dioleskan pada lutut yang sakit. 

Akupuntur  

Terapy melalui akupresur dan akupuntur , adalah cara aman dan sangat disarankan , melalui titik meridian sepanjang lutut maka energy (qi) akan kembali seimbang dan memperbaiki otot-otot dan saraf-saraf penunjang dan mengembalikan aliran cairan pelumas bekerja kembali. Disarankan juga berlatih melalui seni olah raga beladiri china kuno seperti Taichi  yang dilatih dengan disiplin , akan memperkuat Lutut , karena Taichi dalam gerakan senamnya banyak bertumpu pada Lutut dan melatih kekuatan kaki , seperti pose kuda-kuda  rendah , kuda-kuda satu kaki dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar