Sabtu, 19 Maret 2016

Stress


Stres 
 
 

Stres adalah suatu reaksi secara psikologis maupun  fisik  yang sering terjadi sehubungan dengan semakin meningkatnya aktivitas dan tantangan  kehidupan.  Survei menunjukkan bahwa banyak orang  mengalami tekanan stres akibat meningkatnya tantangan target ,naiknya standarisasi level kehidupan , yang didalamnya mengandung target waktu , target mutu  , dan target hasil disemua lini kehidupan , suatu pergerakan cepat untuk mengalahkan waktu 24 jam , suatu perlombaan pencapaian baik mutu , model maupun hasil yang sempurna dan up to date



Otak Anda begitu  terprogram dengan sistem alarm untuk melindungi Anda. Ketika otak Anda merasakan tantangan  meningkat  maka  sinyal  ditubuh Anda  melepaskan sejumlah hormon untuk bahan bakar guna meningkatkan kapasitas Anda .
Setelah tantangan  itu hilang, tubuh Anda  kembali ke ritme  santai /normal. Sayangnya, karena tantangan kehidupan modern memacu anda untuk terus bekerja nonstop berarti bahwa sistem alarm Anda jarang dimatikan.
Itu sebabnya manajemen stres sangat penting. manajemen stres memberikan berbagai cara untuk mengatur ulang sistem alarm Anda.
Tanpa manajemen stres, terlalu sering tubuh menderita stress . Seiring waktu, tingkat stres yang tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jangan menunggu sampai stres memiliki dampak negatif pada kesehatan anda.
Mulailah  berlatih berbagai teknik manajemen stres , aturlah  hubungan yang dapat menunjang kualitas hidup anda.

 
Melepas stres

 

Laju kehidupan modern membuat manajemen stres  menjadi suatu sarana keterampilan yang diperlukan untuk semua orang. Banyak orang mengatur ulang  beberapa tanggung jawab, kerja, kehidupan rumah, pengasuhan dll.
1.Belajar untuk mengidentifikasi masalah dan menerapkan solusi adalah kunci untuk mengurangi stres sukses.
Langkah pertama dalam menghilangkan stres  adalah memutuskan untuk membuat manajemen stres terhadap target (gol) yang sedang berlangsung, dan untuk memantau tingkat stres Anda.
2.Setelah Anda mulai memantau tingkat stres Anda, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi stres Anda , adakah masalah yang  memicunya ?. Ketika atau di bawah situasi apa yang Anda mengalami stres yang tertinggi?

Beberapa contoh  yang menyebabkan Stres :
a.Tekanan pekerjaan 
b.masalah hubungan social 
c. keuangan 
d. Rutinitas  kesibukan  sehari-hari  seperti : pekerjaan Komputer, mengatur  anak sekolah , belajar , bimbel dll
e. peristiwa positif juga bisa stres. Jika Anda menikah, memulai pekerjaan baru dan membeli sebuah rumah baru di tahun yang sama, Anda bisa memiliki tingkat stres yang tinggi 
f. Sementara peristiwa negatif pada umumnya akan jauh lebih stres,
Setelah Anda mengidentifikasi pemicu stres Anda, Anda dapat mulai berpikir tentang strategi menghadapi  dan mengatasinya  dengan baik  .Melalui  identifikasi  aspek  dan situasi Anda maka kita dapat  mengontrol , dan inilah sebuah  titik awal yang baik.
Banyak orang mengelola stres melalui latihan kesadaran dalam meditasi atau berjalan-jalan di alam hijau.
Dan ingat untuk mempertahankan gaya hidup sehat akan membantu mengelola stres – makanlah  makanan sehat, -berolahraga secara teratur dan cukup tidur.
Memiliki gaya hidup sehat akan membantu Anda mengelola periode stres yang tinggi.Stres tidak akan hilang dari hidup Anda , yang diperlukan adalah mengelolanya.
Dan manajemen stres bukan merupakan obat instan semalam. Tetapi dengan latihan yang terus berlangsung dan memperkuat  ketahanan  dalam gaya hidup Anda, Anda dapat belajar untuk mengelola tingkat stres Anda dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi tantangan hidup.

Teknik relaksasi

Teknik relaksasi merupakan bagian penting dari manajemen stres . Jangan menempatkan relaksasi  pada daftar prioritas Anda pada urutan terakhir  . Jangan remehkan dirimu sendiri . 
Setiap orang perlu untuk bersantai dan mengisi ulang  vitalitas hidupnya.
Relaksasi sangat berharga untuk menjaga kesehatan Anda dan kesejahteraan , dan memperlancar jalan tol pikiran dan  menyingkirkan hambatan energi (Qi) di tubuh Anda .
Hampir semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari belajar teknik relaksasi . teknik relaksasi dapat membantu untuk memperlambat pernapasan Anda dan memfokuskan perhatian.
Teknik relaksasi umumnya  adalah  seperti  :  meditasi , tai chi , chikung dan yoga .
Tapi ada cara yang lebih aktif untuk mencapai relaksasi .
Misalnya , berjalan di luar ruangan atau berpartisipasi dalam kegiatan olahraga dengan santai membantu mengurangi stres .
Tidak peduli  teknik relaksasi yang Anda pilih . Yang penting adalah bahwa Anda  telah memilih teknik yang akan  , menjadi sarana  berlatih  dan aksi  untuk mencapai relaksasi secara teratur .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar