Sabtu, 10 Maret 2018

Kasus Batuk kronis II


Demam adalah suatu efek dari pertarungan Qi pertahanan dengan serangan Dingin-angin , Dingin merintangi system paru-paru , menghambat system menurunkan , yang dimanifestasikan dengan Batuk ,kebas , hidung beringus dan bersin.Dingin-angin mencegah Qi pertahanan untuk menghangatkan otot-otot , dimanifestasikan dengan sakit kepala di bagian belakang , disepanjang saluran Usus kecil dan Kandung kemih.

Dapat terjadi angin bergabung dengan Panas , menjadi serbuan Panas-angin , dan akan lebih sering ada demam , dengan efek kehausan , tenggorokan sakit  dst .
Dikarena faktor buatan , panas ikut tersalurkan ke pori-pori kulit , seperti : suasana di pabrik peleburan baja , pekerjaan di dapur masak dll.

Disarankan : untuk meneliti batuknya , memperbaiki kualitas  air liur , melegakan paru-paru dan mengatasi gejala-gejala dari luar , Lieque (LU 7) , Fengmen (BL 12) , Fengfu (DU 16) ,Fengchi (GB 20) , bila ada faktor Panas maka dapat ditambahkan  Hegu (LI 4) , Quchi (LU 11) , Dazhui (DU 14).





Pola kelebihan dan kekurangan  ,seperti Dahak dan cairan yag merintangi Paru-paru

Dahak Lembab
Kelebihan bersifat kronis , yaitu pola kelebihan Dingin –Internal , dicirikan dengan adanya dahak yang menetap di paru-paru dikarena lumpuhnya fungsi Limpa didalam mengubah dan mengangkut cairan-cairan tubuh , sehingga terjadi penmpukan dahak di paru-paru , cirinya adalah air liur sangat banyak dan lengket .

Dahak Panas
Pada pola kelebihan panas interior yang ikut bergabung , akan membuat batuk menyalak , air ludah banyak berwarna kuning /hijau/gelap dan berbau busuk , nafas pendek , asma , dan sakit didada. Lidahmerah dengan lapisan kuning lengket , dapat diduga factor pola makan juga ikut memicu , seperti makanan berlemak , goreng-gorengan , pedas dan minuman beralkhohol .

Dahak cair
Jenis dahak encer akan muncul pada batuk kronis , dahak encer, cair dan berbusa , tubuh menjadi lemah disebabkan juga kekurangan Yin limpa dan paru-paru , yang diduga oleh pengerahan tenaga yang over dan factor makanan berlemak.

Penyembuhan dengan Akupresur , Akupuntur dan Acumox
1.       Feishu (BL 13)
2.       Hegu (LI 4)
3.       Qihai (RN 6)
4.       Zusanli (ST 36)
5.       Fenglong (ST 40) tambahkan bila banyak air liur berlendir
6.       Tiantu (RN 22) tambahkan bila tenggorokan gatal
7.       Neiguan (PC 6) tambahkan bila dada terasa sakit
8.       Danzhong (RN 17) Bila Batuk kronis ,lama dan melelahkan
9.       Massage pada  daerah  Shaoshang (LU 11) , Liege (LU7), Taiyuan (LU 9)

Pada kasus–kasus batuk kronis , biasa dibarengi oleh kasus-kasus edema , pada muka dan tangan atau pada anggota tubuh yang lain , untuk menghubungkan penyebab maka silahkan membaca juga artikel kasus edema, sekian dan terima-kasih.


Dilarang mengutip tanpa seijin penulis , seperti copy –paste , atau dalam bentuk apapun , tulisan ini dilindungi UU.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar