Sabtu, 02 Juli 2016

Asam Urat ( Uric Acid)



Sebelum membahas penyakit asam urat (Gout) , adalah lebih baik kita mulai dengan pengertian Asam Urat ( Uric Acid ) adalah senyawa turunan dari Purina yang mempunyai rumus kimia  C5H4N4O3 , dengan Ratio plasma darah  3,6 mg/dl-8,3mg/dl.
Sifat  penampilannya  adalah berbentuk  Kristal putih

Didalam tubuh manusia  Asam Urat  adalah Produk terakhir  lintasan  Katabolisme-Nukleotida Purina , karena tidak adanya Enzim Urikase untuk mengubah (mengkonversi) asam urat menjadi Alantoin , maka  kadar asam urat yang berlebihan akan menciptakan batu Ginjal dan Pirai (Gout) di persendian.


Hyper-uricemia adalah istilah untuk  kelebihan asam urat didalam plasma darah, sedangkan  Hypo-Urisemia  adalah kekurangan kadar asam urat didalam plasma darah.

Indikasi ini sering menimbulkan adanya ganguan penyakit pada tubuh, senyawa purin ada disetiap makanan baik daging hewan maupun tumbuhan , yang menjadi masalah apabila kerja Ginjal kurang cepat dibandingkan dengan asupan zat turunan senyawa purin yang  banyak dikonsumsi . 

Maka  asam urat yang tidak tertampung akan ikut masuk kedalam aliran plasma darah yang mengalir keseluruh tubuh , dan sebagian akan tersangkut disela-sela persendian dan mengganggu pergerakan sendi , karena sifat dan bentuknya adalah Kristal putih .

Efek yang akan dirasakan adalah seperti tusukan jarum-jarum kecil – atau pecahan  kaca , sakit dan nyeri bahkan mengakibatkan pembengkakan juga radang sendi disertai rasa linu yang amat sangat.

Bagaimana Akupuntur TCM melihat ini  ?

Sesuatu yang berhubungan dengan produksi darah adalah Limpa ,Limpa akan mengolah Qi dari makanan  yang menjadi dasar pembentukan darah , dan Qi limpa akan memastikan darah tetap berada pada pembuluh darah dan tidak keluar ke tempat lain.

Hasil produksi darah akan disimpan di Lever , dan leverlah yang mengalirkan darah ke otot-otot dan urat-urat , manakala seseorang bergerak , disamping itu darah lever menyuburkan mata dan membasahi urat-urat daging  dan mendorong kelenturan tulang-tulang sendi.

Inti dari cairan tubuh berasal dari makanan dan minuman , Asam urat sebagai senyawa turunan Purina juga termasuk  cairan dari makanan dan minuman ,yang kemudian diubah dan dipisah-pisahkan oleh limpa  , didapat sari pati (inti) suatu bagian yang “ Bersih”, naik ke Paru-paru , dan sebagian darinya mengalir ke kulit, dan sebagian lagi turun ke Ginjal.

Bagian yang kotor akan turun ke Usus kecil kemudian disaring lagi menjadi bagian yang berguna dan tak berguna  atau yang murni dan yang tak murni , bagian yang murni akan pergi ke kandung kemih dan bagian yang tidak murni meluncur ke Usus besar dan diproses menjadi feses (tinja).

Tahap berikutnya kandung kemih masih lagi menyeleksi bagian yang lebih murni dan yang kurang/tidak murni . Bagian yang lebih murni naik keatas menjadi keringat , sedangkan yang kurang/tidak murni mengalir kebawah dan diubah menjadi urin.

Sehingga disini jelas peranan dan kerja sama antar organ dalam , begitu kuatnya peranan Qi  dan  darah  didalam  memproses dan mengubah suatu kandungan zat/senyawa yang diperlukan tubuh , apabila terjadi kelemahan disalah satu organ , misalnya Limpa , maka semua  jalur  Meridian , akan tergangu , dan keseimbangan Yin –Yang juga terganggu.
Ganguan Asam Urat pada plasma darah , diakibatkan Qi limpa yang terganggu dan secara estafet mempengaruhi seluruh Meridian Limpa –Lever – dan Ginjal.

Untuk memperbaikinya kita harus mengurangi asupan makanan yang mengandung Purin , dan memperbaiki Gizi  dengan diet khusus  dan hanya memakan buah-buahan dan sayuran dengan kandungan Purin yang rendah.

Mengkonsumsi kandungan Herbal seperti  : Jahe , Madu , Daun Tempuyung ,Sambiloto , Temulawak , Akar Sidaguri dan Brotowali.

Mengobati dengan Akupuntur

1. Meridian Limpa (Spleen)

    Tay Pai  (Sp 3 )             : Ruas ketiga Ibu jari kaki
                                           Untuk mengatur peredaran energy Vital.

                               
    San Yin Ciao (Sp 6)       : 4 jari diatas mata kaki sebelah dalam .
                                     Titik pertemuan 3 meridian : Limpa , Lever ,Ginjal

2. Meridian Ginjal 

    Tai Si (KI 3)                  :  Belakang mata kaki bagian dalam
                                              Menguatkan Ginjal
    Fu Liu (KI 7)                 :  3 jari diatas Tai Si
                                              Mengatur fungsi kandung kemih , menguatkan Ginjal.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar