Selasa, 19 Juli 2016

Mengontrol Gula darah dengan Akupresur-Akupuntur



Sesungguhnya yang mengatur gula darah adalah insulin  , dan dengan terapi Akupuntur  dapat mengontrol  kadar  gula khususnya dengan pengaruh insulin di tingkat molekuler, meningkatkan dan mengontrol produksi insulin lewat sistem syaraf pusat.

kapasitas normal Gula darah ,  adalah kapasitas yang  sanggup  diatur  kadar /jumlah  gula darah oleh persediaan insulin didalam tubuh .

Bila Gula darah melebihi kapasitas Normal , tentunya membutuhkan insulin yang lebih banyak , disinilah letak masalahnya  , tubuh kita tidak dapat seketika  menambah jumlah insulin yang dibutuhkan , sehingga  terjadi gangguan metabolisme glukosa akibat kekurangan insulin yang bertugas mengatur kadar/ jumlah gula darah, sehingga darah tidak bisa masuk ke dalam sel, kadar gula ini kita dapati pula dalam urine penderita , sehingga sering disebut kencing manis.

Rasa manis sangat mempengaruhi  kerja organ tubuh Limpa  , sehingga rasa manis yang berlebihan akan memperberat dan merusak  Qi (energy) Limpa , membuat limpa menjadi panas dan menimbulkan lembab panas , atau pada titik panas tertinggi  akan berubah menjadi lembab dingin pada limpa , secara keseluruhan dapat dikatakan Qi Limpa runtuh atau tumbang.

Kebiasaan-kebiasaan yang memicu gula darah naik adalah :

  1. Kebiasaan makan  dan minum yang salah , terlalu banyak jumlah makan dan minum  yang manis, rasa  manis berlebihan akan  melukai limpa/pancreas dan lambung mengakibatkan panas dalam dan berubah menjadi api dalam Limpa .
  2. Adanya gangguan emosi menimbulkan kelainan Yang Shi hati (lever) dan dalam keadaan berat berubah menjadi api dalam, yang akan melukai Yin tubuh
  3. Makan dan minum tidak teratur , seperti  tiba-tiba minum dalam jumlah banyak , atau banyak makan   dan mudah lapar , berat badan turun dengan tiba-tiba  menimbulkan komplikasi syaraf pusat , ganguan  pada kulit  dan  koma (kehilangan kesadaran)
Penurunan insulin berakibat kelainan metobolisme gula (Glukosa), baik diluar maupun di dalam sel, dan mempengaruhi produksi lemak maupun protein tubuh dengan segala akibatnya , seperti :

Dapat mengakibatkan menurunnya sistem imun humoral (imunoglobulin) juga selular (limfosit)    , dan akan mudah terinfeksi penyakit.

Akupuntur  dapat membantu  untuk mencapai keseimbangan  system  tubuh , yaitu 
System Endokrin (sekresi internal-hormonal)  dan  metabolism  gula (Glukosa) , yang akan menimbulkan/ memperkuat  system Imun  tubuh.

Penekanan titik yang diperlukan adalah :

Titik Dominan Area

n  Hegu             


n  Neiguan                                    


n  Zusanli                               


n  Sanyinjiao     




Titik Organ Spesifik :

n  Taibai  


n  Pishu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar