Kamis, 28 April 2016

Tips cara mudah memeriksa 3 L



Lemah-Lesu-Letih , sering terjadi seperti pada artikel sebelumnya , tapi bagaimana kita memeriksa diri sendiri dan mencari penyebabnya ?

Inilah Tips singkat yang mudah untuk kita lakukan sendiri :
1. Pertama memang sudah kita  rasakan sendiri , seperti tubuh terasa lemah , malas untuk bangun tidur , lesu tidak bergairah  juga letih ,capai otot-otot linu dsb.
2. Apakah kita mudah marah , tersinggung  atau mudah sedih , melankolis , tidak Fokus baik didalam bicara maupun pekerjaan, ini menandakan ada gejala Depresi dan  Stress.
3. Coba di rasakan apakah tidak ada sakit lain , seperti : pusing , mual ,sakit tenggorokan , flu atau masuk angin , lihat dikaca apakah muka kita pucat  ? kurang darah ?
4.Yang paling sering adalah kerja terlalu lalu letih  (Workholik), kurang tidur ,terlalu banyak tidur (kualitas tidur ) , terlalu banyak nonton tv,video, dvd juga terlalu lama didepan computer , terlalu lama main game yang menyebabkan mata lelah dan syaraf otak bekerja nonstop.
Ke empat point inilah yang paling mudah dichek sendiri oleh kita  dan langkah selanjutnya  yang dapat kita atasi  adalah :
a. Perbaiki kualitas tidur yang benar .
b.Perbaiki cara kita bekerja  , dengan rencana yang teratur dan terprogram dengan waktu yang ideal memenuhi kriteria kesehatan.
c. Kalau memang sakit  ya lakukan upaya penyembuhan , baik dengan obat herbal , alternative  akupuntur atau ke dokter.
d. Makanlah buah-buahan  bervitamin C, D dan B, kacang merah utuh menambah Zat besi bagi yang kekurangan darah.
e. Bagi yang terbiasa dipijat , lakukanlah pijat Akupresur , refleksi ataupun massage kebugaran , sehingga tubuh menjadi rileks dan aliran darah lancar.
f. Bila tidak ada sakit yang serius lakukanlah olah raga ringan , seperti jonkok-bangun  10-15 X , lalu mandilah dengan air hangat  dan air dingin berselang seling , ini juga untuk melancarkan aliran darah.
h. Banyaklah minum air putih , air infuse (infuse water), air kelapa , semua ini untuk menghindari kekurangan oksigen dan dehidrasi.Hindari minuman beralkohol  dan bersoda.
i.  Perbaiki asupan makanan yang bergizi dan sehat , hindari makanan Junkfood  .Makanlah Makanan sehat     seperti : - Makanan Peningkat stamina :  kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak yang kaya vitamin C.
Makanan peningkat gairah :Tinggi Protein : ikan,kerang,daging sapi, daging ayam, telor,  tahu, tempe , yogurt

Makanan pengusir cemas: ikan salmon, tuna, karamel, gandum, beras merah, kentang, buah-buahan, brokoli, labu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar