Kamis, 21 April 2016

Cepat atasi Batuk anda !!


Batuk sesungguhnya adalah suatu reaksi wajar akan pertahanan tubuh , terhadap sesuatu benda atau zat asing yang mengganggu jalannya pernapasan , baik melalui hidung , mulut atau bahkan telinga.



Apakah yang dimaksud dengan benda asing atau zat yang dapat mengganggu , contohnya adalah : Asap putih maupun asap hitam dari knalpot  kendaraan (polusi) , bau yang menyengat  seperti : obat nyamuk semprot , debu dari jalanan  dan juga lendir dari makanan yang kurang sehat dan seterusnya .


Begitu benda-benda itu datang menyerang kita maka , sinyal dari saraf otak akan segera bekerja dengan memerintahkan otot-otot pada jalan pernapasan menciptakan Batuk guna menangkal benda-benda /zat tersebut masuk dan menghambat pernapasan , seketika dalam waktu yang tak berapa lama tubuh akan normal kembali dan batuk hilang atau reda.

Namun bila batuk berkepanjangan melebihi 21 hari ,maka dapat disimpulkan ada penyebab-penyebab lain yang muncul dan menggangu jalan pernapasan  dan mengakibatkan terjadinya infeksi (ISPA).
Infeksi dapat terjadi juga pada paru-paru sehingga banyak lendirnya , dan Batuklah  justru  yang membantu mengeluarkan lendir tersebut melalui mulut atau hidung.

Pada indikasi ringan batuk digolongkan Akut dan pada kondisi berkepanjangan bahkan menahun batuk digolongkan Kronis .Ketika infeksi terjadi maka dapat mengakibatkan peradangan pada saluran pernafasan , tetapi tidak mengeluarkan lendir , tenggorokan terasa gatal dan memicu Batuk kering  dan bila virus sudah menyerang paru-paru dan menyebabkan luka-infeksi , maka timbullah lendir yang banyak yang menutupi dan menghambat jalannya oksigen pernafasan ,Batuk berusaha mengeluarkan lendir tersebut, secara terus menerus (berdahak) maka inilah yang disebut Batuk berdahak.

Apa penyebab/pemicu batuk ?

- Debu/Asap (polusi) / makanan berminyak 
- Kebiasaan merokok.
- Virus 
- Alergi
- Flu 
- Seniu/Senewen (phisikology), Stress.
- Lambung 
- Paru-paru (TBC), Bronchitis, Asma
- Jantung 
- Kanker 
- Side efek dari obat-obat Hipertensi  dan Jantung , dst.

Pengobatan secara Akupuntur 

Batuk yang disebabkan oleh virus :
. Feishu (Bl 13) 
. Lieque (LU 7)

Tenggorokan sakit :
. Hegu ( LI4)   

. Shaoshang (LU 11 )
. Chize (LU 5)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar