Jumat, 25 Desember 2015

Leher kaku

Akupuntur  TTM : Tusuk ,Totok ,Terapi titik meridian dr.Meinar Rusmini , tepat dan sembuh ,hub: 081806545535 jl.Kamper 1 komp.TNI Al ,Cinere


Leher kaku
Pernahkah anda mengalami leher kaku  karena  salah bantal diwaktu tidur , sebenarnya istilah salah bantal adalah kurang tepat sebab yang dipersalahkan bantalnya , mungkin yang dimaksud yaitu bantalnya kurang cocok , karena ada bantal yang empuk dan ada bantal yang keras ,tetapi ukuran yang pas kita harus mencobanya sendiri sesuai yang direkomendasi oleh pabrik , yang aman untuk kedudukan tulang leher.

Kebiasaan seseorang ketika tidur juga berlainan ada yang sama-sekali tidak mempergunakan bantal , atau menggunakan bantal keras seperti orang jepang dengan sikap tidur telentang ,kepala menghadap keatas lurus dan tidak berubah sampai bangun tidur, ada juga yang tidur dengan posisi miring atau malah tengkurap dengan muka menghadap kebawah.

Terjadinya  leher kaku adalah akibat posisi pada sikap tidur kita , kebanyakan adalah karena sikap tidur miring baik ke kiri atau kekanan , karena diam pada satu posisi yang lama maka ,otot leher menjadi kaku ,kram atau mungkin terkilir.

Ditinjau dari kebiasaan membunyikan otot dan tulang leher dengan didorong kekiri atau kanan , seperti yang dilakukan tukang pijat tradisional  dapat menyebabkan berubahnya posisi otot  dan tulang  dan bila terlalu sering maka hal tersebut  rentan bagi otot dan tulang leher menjadi mudah menderita leher kaku atau terkilir.

Penyebab lain adalah udara bila terlalu dingin atau kebiasaan tidur dengan menggunakan pendingin ruangan (AC) yang terlalu dingin pada temperature rendah dapat juga menyebabkan otot menjadi kaku .

Pemakaian kipas angin yang mengarah kepada tubuh khususnya otot leher  dan wajah pada kurun waktu yang lama , sangat mungkin menyebabkan leher kaku dan bellspalsy  (mulut menyong/miring/kelainan syaraf wajah ).

Lebih jauh yang terjadi adalah tidak lancarnya peredaran darah pada syaraf leher dan kepala , dan apabila terjadi penyumbatan  pembuluh darah , maka penyakit-penyakit lain akan muncul , seperti  : kepala pusing , migran dan vertigo ,rasa sakit pada bahu dan punggung.

Bagaimana cara menghindari leher kaku ?

Inilah beberapa saran untuk menghindari leher kaku :
1. Sering olah raga leher , seperti menengok ke kiri dan kanan , mendongak keatas dan menundukan kepala  , memutarkan leher kepala ke kiri dan kekanan dst.
2. Membiasakan diri tidur telentang menghadap keatas dan rileks jangan kaku.
3. Bagi penderita jantung dapat memposisikan diri pada saat tidur miring kekiri atau kekanan secara bergantian , jangan hanya pada satu posisi saja.
4. Pada cuaca dingin , pakailah selimut dan pembungkus leher sewaktu tidur.
5. Jangan memakai AC pada temperature yang rendah pada saat tidur.
6. Jangan memakai kipas angin mengarah langsung pada tubuh , baik diwaktu tidur atau tidak.
7. Lakukan kebiasaan menggosok-gosok wajah dan leher secara teratur (lihat artikel sebelumnya)
8. Bila ingin memakai bantal pilihlah bantal yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar